Kontroversi Cancut Marut

12/25/2012 10:10:00 pm

Saat ini, gak ada hal yang lebih indah selain beredarnya penampakan buku gue di gramedia. Setelah melalui proses yang panjang dan cukup membosankan karena begitu seringnya gue revisi naskah. Sekarang, gue udah bisa boker dengan tenang tanpa khawatir ada revisi mendadak.

Bagi orang lain, mungkin mereka gak heran ngeliat ada buku dengan judul CANCUT MARUT nama penulisnya Edotz Herjunot beredar di gramedia dan toko buku. Tapi, bagi temen-temen gue. Ini seperti sebuah kenyataan yang sulit diterima dengan akal sehat mereka. Padahal gue tau, mereka jarang ada yang sehat...akalnya.

Ya, temen-temen gue udah tau gimana penyimpangan perilaku gue sehari-hari. Suka dekil kalo kuliah. Ngerjain soal matematika keringetan. Nulis surat resmi sama proposal kegiatan aja masih kelabakan. Ngerjain tugas aja masih sistem kebut semalam. Terus, gimana ceritanya gue tiba-tiba bisa bikin buku???

Temen-temen gue banyak yang shock. Mereka sering jedotin kepala mereka ke bantal gara-gara belum bisa nerima kenyataan temennya yang gak mutu ini bisa bikin buku. Gue jadi takut mereka gegar otak, otak mereka kebanyakan sensitif. Bahkan temen kontrakan gue, gak jarang mereka jadi sering bengong sambil ngeliatin poster cover buku gue di kamar.

kamar gue yang unyu
Kemunculan buku gue di gramedia, benar-benar menimbulkan kontroversi. Ketika gue share buku gue di grup FB SMP dan SMA. Banyak ucapan selamat dan bela sungkawa yang dateng ke hape gue.


Ada yang penuh haru bilang. "Selamat Dotz, gak nyesel gue punya temen kaya lo."
Ada juga yang bilang, "Itu beneran kamu yang bikin Dotz? Gak salah kan? Ya ampun, padahal dulu pas SMA  kamu bisanya cuma bisa teriak-teriak di kelas."
Jleb! tepat di pantat...

Yah, gue sih maklum aja sama mereka. Apapun ekspresi mereka setidaknya pada akhirnya mereka tetep ngasih support gue. Beda sama yang satu ini, gue sempet gak habis pikir, kok temen gue bisa segitu gaulnya ngomong. Padahal gue aja gak kepikiran sampe kesitu.

                                                              ***
Cancut Marutnya Ganteng


Malam itu, begitu gue tau buku CANCUT MARUT udah masuk di gramedia Jawa Tengah khususnya Semarang. Gue pun mulai promo dengan ngasih tau temen-temen gue lewat sms. Gue sms-in satu per satu.

Sms balasan dari temen gue masuk satu per satu, ada yang excited banget, ada yang sekedar heboh, ada yang biasa aja, ada yang garing, ada yang basah, tapi kebanyakan pada gak bales. Gak papa sih, yang penting mereka udah tau, pikir gue. Malam itu gue ngerasa, gue adalah spammers. Orang yang suka nyampah ngirim-ngirim sms buat promo buku gue.

Pas gue lagi santai ngemil upil sambil minum marimas melon yang gak terlalu manis gara-gara airnya kebanyakan. Tiba-tiba ada sms masuk dari temen gue. Panggil saja Otong, begini smsnya :

stlah dlihat, kontroversi muncul, terutama kalangan GURU,
semoga target pasarnya kalangan mahasiswa&guru, bukan siswa, karna dkhawatirkan dari akan memperkeruh CITRA GURU dmata siswa yg cukup butuh tenaga dan sudah lama dbentuk kejernihannya,
-ini sms dengan teks asli-

Gue cuma melongo, ini maksudnya apaan? Mmm... Apa iya kalo ada yang baca buku gue mereka bakalan sesat? Mereka jadi hobi ngupil sama boker di pinggir jalan? Aneh... Sejak kapan target buku gue buat anak-anak? Gue juga baru tau mendidik anak ada tingkat kejernihannya segala. Mungkin juga perlu dua kali penyaringan. Gue pun maklum...

Ya, gak papa sih. Kalo mau ngasih masukan buat buku gue. Tapi menurut gue Otong belum baca buku gue. Baru baca sekilas aja sinopsisnya di blog gue, dan dia langsung memvonis dengan gaul.

Kalo aja dia udah baca buku gue bab "Gue Guru Gaul" terus dia baca bab "Kalo Udah Jadi Guru SD,Gue..." Dan terakhir bab, "Kenapa Gue jadi Guru SD, ya?" Gue bisa memahami dengan lapang pantat (biasanya lapang dada) kritikan dan masukan temen gue.

Gue tau dia juga guru, tapi gue gak tau dia guru gaul apa gak. Dia bukan guru SD, juga bukan guru ngaji. Mungkin sebenernya dia guru STM atau guru SMK. Gue kurang paham. Buat Otong, thanks masukannya. Itu berharga banget. Lo masih peduli sama gue. Ciyus deh...

Kalo buku gue ini menimbulkan kontroversi di kalangan guru. Mungkin bukunya bang Alitt berjudul SKRIPSHIT udah ditarik peredarannya karena bisa menimbulkan kontroversi di kalangan perguruan tinggi gara-gara mencetuskan syndrome awet kuliah dengan gelar MaPaLa (Mahasiswa Paling Lama), padahal sebenernya kalo kita udah baca, buku SKRIPSHIT justru ngasih banyak motivasi buat para mahasiswa lewat cerita apesnya bang Alitt. 

So, jangan terlalu lurus jadi guru. Terkadang guru gaul justru lebih disukai sama siswa, dan pahami dulu objek yang mau beri kita masukan, bahasa ilmiahnya, "ditelaah" dulu. Tapi, gue tetep ngucapin thanks banget buat Otong :) 

Tetaplah berjuang menjernihkan siswa penerus masa depan bangsa. Sori, kalo karya gue terlalu menuai kontroversi. Ya, maap. Namanya juga gak mutu. Gue cuma niat menghibur aja kok.

Semoga buku gue ini Ъќ perlu masuk acara silet investasi. Eh investigasi.

You Might Also Like

95 Upil

  1. Amankan pertamax!
    gw baca dulu ya bang.. hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh bang, sabar ya! walaupun gue belom baca bukunya, tapi gue yakin isinya tidak menyesatkan anak2 (kalo ga sengaja nyesatin jg gpp kok)
      lagipula di gramed jg pasti ada category bukunya kan jd emg bukan bwt anak2 kecuali ucok baba..
      hehe.. :D

      Delete
    2. hehe, iya gue udahb woles kok...
      namanya juga masukan , gue sih tetep terima apapun itu ...

      Delete
  2. buakakakka emang sih buku lo edan... entah setelah baca bab keberapa gitu.. gue ngerasa buku lo bener2 edan! EDAN! *sengaja di caps biar keliatan edannya* makannya jadi timbul kontroversi gitu..

    etdah poster chibinya gede banget.. olala twiboy emang.. duh gue liat posternya lo itu jadi inget poster semesh gue yang udah gue becek2 dan gue buang *curcol dikit aja eheh-_-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah edan.. EDAN !!! kok keliatannya bahagia banget nulis edannya -_____-

      itu biasa aja posternya, yang lebih gede ada di samping tembok gue ..

      kenapa lo becek2 ? kecewa gara2 lo tau ternyata smash itu cewek semua ? #eh

      Delete
  3. ini toh yang bikin lo kesurupan sambil ngemil tanah kuburan itu? bawa santai aja dot, namanya juga komedi, kasihan gue liat orang kayak gitu, ga tau komedi.

    Guru jaman sekarang harus gaula jangan terlalu lurus-lurus amat, entar siswanya jadi tegang. Kayaknya dia harus belajar lagi pengantar kepependidikan.

    gue juga udha kebelt banget dot, pengen beli tapi apalah daya, gue udah 3 kali bolak-balik gremed, untung gue ga dikira pengen ngelamar jadi OB. tapi pasti gue bakalan beli, buka maha gaul lo.

    Bawa santai aja orang kayak gitu, perbanyak elus-elus dada *jupe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bay, gue udah bawa santaii kok ..
      gue juga gak maksain tiap orang ngerti karya gue :P
      hehe ,namanya juga gak mutu bay ..

      guru gaul yg penting bisa bikin pembelajaran asik, abis itu baru ngajarin karakter .. iyah bay, distribusinya kurang lancar... butuh waktu biar merata kali yaa hehe

      iya , gue mending elus pantat *dewi persik*

      Delete
  4. Wakakakak gurunya gaol amat yak...
    Selamat untuk terbit buku barunya, Bang. Nanti saya liat deh di gramedia.
    #Liatdoang#
    Peace... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya liat doank gpp kok ...
      jangan nyesel yah , gak ikutan jadi gaul :D

      Delete
  5. assiiikkk
    terbit juga nih buku:D
    eh gramed bandung udah belum ya?
    sukses terus bang! :D
    anjing menggonggong kafilah berlalu..
    *maksudnya apa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gramed bandung udah terbit duluan malah ...
      amiiin deeh ....

      Delete
  6. sabar aja ya bang, orang kaya gitu mah gak usah dimasukin idung. kasian. :)
    selamat ya bukunya udah terbit, gramedia malang sekiranya ada kagak ya? ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue udah sabar kok, malah gue bikin santai aja ...
      ya maklum namanya juga gak mutu :P

      iya makasih, gramed malang udah ada kok :)

      Delete
  7. udah biasa itu, dikritik ya diambil hikmahnya aja *ngencengin dasi*

    ReplyDelete
  8. Poster kamar lu cherrybelle ya allah bang
    segitunya, biar cherrybellenya selalu masuk dalam mimpi lo apa gmn nih?
    -,

    semoga buku lo laris di pasaran ya bang, aamiin
    kalo udah tenar jgn lupain BE ya bang .awas luh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyalah,sebagai twiboy gue harus bisa liatin chibi tiap mau bobog :))

      iya amiiin ..
      gak bakalan lah gue lupa sama Be ...santai aja

      Delete
  9. pngn nyari bukunya, ah!
    kapan ya bisa ke gramed. ....

    sukses dgn bukunya ya...

    ReplyDelete
  10. Wah semoga sukses bukunya dan cepat nyebar di gramed dimkot kota besar di indonesia .

    ReplyDelete
  11. wajar dot ada pro kontranya. cara berpikir orang kan beda2. Tp smoga gak sampe kontroversi bgt ya trus masuk media2 berita -___- ruwet juga kalo gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya yog, santai kok gue nya ...
      piiisss :D

      Delete
  12. itu tandanya lo udah mulai sukses dot, syukurin aja :)

    gue tunggu kiriman lo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiiin deh yaah :))

      iya siip bentar lagi, JNE lagi overload ... sabar yaah )

      Delete
  13. semangat bang, kesuksesan berawal dari sebuh kritik. kritik yang pedas sekalipun. lo harus tetep maju. selama yang lo lakuin masih dalam jalur yang benar. gue masih menunggu di gramed cinere nih \m/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye pasti laaah ...
      kayaknya udah ada deh ...
      segera berburu yaaah :D

      Delete
  14. waaaah...selamat ya udah bisa bikin buku..
    di togamas ada ga ya?lebih murah soalnya..hehehehee
    *jiwa ibu-ibu mulai keluar*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makasiiih :))
      hehe moga aja udah ada bu ...
      silakan ditawar semurah mungkin gpp .. :P

      Delete
  15. anggep aja kerikil dalam pencapaian lu dotz
    tp jangan pernah juga terlalu meremehkan yang seperti itu :D
    justru dengan adanya mreka bwt lo makin gaul B) smangat~

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ges , gue selalu menerima kritikan yang masuk ..
      hehe

      siip deh, semoga kegaulan gue semakin syahdu deeh :)

      Delete
  16. Wah, udah nerbitin buku!
    oke deh, kalo bisa nanti saya beli dan baca sampai khatam.

    ReplyDelete
  17. tetep semangat buat berkarya... :)
    boleh dikupas secara tajam..setajam silet... :D

    ReplyDelete
  18. Gue belom baca sih, buku cancut marut lu dot. Tapi muduah-mudahan sukses dan lu bisa jadi apa yang lu mau. Buat si otong, dijadiinn cambukan aja biar bisa lebih maju lagi. Ato ngga, jejelin aja buku lu ke mulut die.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya amiin ...
      ye solusi yg lo kasih beneran gaul ..
      gue suka masing2 opsinya

      Delete
  19. Tetep semangat bang.
    Gue belum baca, belum ngacir ke gramed. Celengan belum gue pecahin.
    "Orang hebat menilai isinya, bukan covernya". Mungkin si Otong baru liat cover dan sipnosisnya doang kali ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke , moga lo cepet dapet rejeki biiar bisa beli buku gue hehe ..

      begitulah ham :)

      Delete
  20. sabar bang sabar. gwe yakin buku lu gak ada efek samping nya, apalagi sampe geger otak atau mimisan di pantan, ya kan bang, btw. awal tahun gwe mau review buku lu, masih bisa gak bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yaam , siiip ...
      aman kok buku gue, dibaca sambil nungging juga ga menimbulkan ejakulasi dini ..

      iya, gue tunggu reviewnya wajib pokoknyaa

      Delete
  21. Gue malah suka sama calon guru yang kayak Abang, sejenis sama gue soalnya, gaul gimana gitu..
    Ahahahaha
    Bener Bang, jangan terlalu lurus..
    Gila dikit gapapa kali ya..
    Murid-murid gue di tempat bimbel aja suka diajar gue yang susah serius dan banyak becandanya..
    Ehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu kereeen , gauul :))

      gila emang perlu, biar pembelajarannya jadi cair hehe
      apalagi lo guru matematika, kesannya pasti sering horor duluan :D

      Delete
  22. jadi penasaran bang ma ceritanya , moga" pas gua gajian buku lohh uda kesampean ditangan gua
    terus berkarya , diterima tau ngaknya dijadikan cambukan
    ciao dott :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya amiin , moga kesampaian beli buku gue deh ..

      iya siih , siiip :) thengs yah

      Delete
  23. cieeeeeeeeeee cieeeeee... bukunya udah terbit :)
    harganya berapaan bang?
    minta satu donk
    #eeehhhh

    semoga laris manis ya bang bukunya amin
    terus berkarya oyeeeee
    semoga kontroversinya segera berakhir

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah, 32ribu ..
      klo minta ambil langsung kesini aja :))

      iyaaa amiiiin

      Delete
    2. insyaallah aku cari nie buku bang sampe ketemu

      doaku menyertaimu smg bukunya laris manis deh yaaa.. salut aku ma kamu, dah berhasil buat buku.. selamat-selamat
      yeyeyeeii

      bang folbek twitterku donk, dah aku follow lho :)

      Delete
    3. hhe .. makasiih yaa, cari terus sampe dapet

      amiiin deeeh amiiin :)

      iya siiip,

      Delete
  24. poster anisa cherybelle nya mana dot? kirimin ke rumah gue ya. Yang gede. Biar di pajang di dinding kasur Wkwkwk

    Ada niat beli buku lo sih. Katanya sih udah sampek ke gramed Medan buku lo. Tpi gw belum ada waktu utk ke gramedia. Msih fokus ke kuliah. Preparing for exam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok dinding kasur .. buat alas donk -_-

      jangan cuma niat , segera laksanakan .. oke? haha
      kuliahnya break dulu, di rrefresh bentar

      Delete
  25. Chibi chibi cibi ha ha ha ha ... :D

    Pernah lihat ditwitter gambarnya :3

    Yang gambar sebelah ada kertas hello kitty warna pink terus ada tulisan " ... jangan lupa direview ..." kok gak dipajang sekalian Mas Edo XD

    Oh, begitu perkaranya ... :3 Saya yakin itu guru lurus sekali.

    Sekarang banyak kok guru gaul alias slengean seperti Mas Edo.

    Contohnya guru SMA saya guru PKn. selalu ketika ngajar pegang sepidol terus di k*c*k semua pada ketawa. Terus kadang gambar seperti *maaf* dd w*n*t*. Tapi gurunya gak ngarahin ke situ cuma buat lelucon saja. Tapi nyambung sama pelajaran, biar gak tegang XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciie rayen suka ngintipin twitter gue yaa.. duh jadi malu ..0^0

      itu gambarnya si ilham yg aplod, bukan gue yen -____-

      yah guru itu mungkin perlu jaga wibawa, tapi juga harus ceria .. guru elo itu guru gaul yeen ...:D

      btw, foto profil blogger elo gaul banget, gue jadi terharu deeh .. thanks yaah
      jangan lupa dibeli bukunya abis itu di review yaah :P

      Delete
  26. kemarin gue nyari buku lo dot, tapi gak ada, mungkin belom masuk ke kota gue... ntr bakal gue cari lagi :D

    selamat ya dotz... ! :D

    emang bener, kadang kala orang yang belom pernah ngerasa ngilu urat kocaknya, dia bakal gak ngerti deh komedi, apalagi cerita komedi kayak gini. Tapi jangan khawatir dots, gue yakin banyak orang yang udah ngerasakan ngilu di urat kocaknya hho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, kata mba-mba tuh toko buku, bukunya sih ada tapi katanya belum disusun :(( Padahal Excited banget ._.

      Delete
    2. @angga : hehe, iya ngga makasiih yaah .. moga cepet nongol buku gue di kota elo ...

      iya tuh bener, selera humornya payah banget ..
      ya gue ga nyalahin , namanya juga kritikan , gue terima hehe

      @ulfa : mungkin beberapa hari lagi udah duduk manis, nanti dateng lagi ya :)

      Delete
  27. Konsep Idenya bagus bang...
    Pembelajaran Via Komik,
    Karena memang anak2 kecil menyukai komik...

    Masalah kontroversi itu hal biasa,
    tunjukan "Kelebihan-kelebihan" komik tsb

    Btw, Kuliah di PGSD di Salah satu univ. di Semarang...???
    Univ mana bang...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw, gue enggak bahas komik bang ...
      gue juga enggak bikin komik buat pembelajaran ..
      bang zaen, mabok ato khilaf nih ?

      gue ikip pgri semarang bang ..

      Delete
  28. aaaaaaaaaaak, keren banget udah bisa bikin buku, guru SD yang teramat amat tamat gahooool...
    udah gitu pengagum berat cherrybelle lagi. satu pertanyaannya, kok nggak seven icon gitu?

    semoga laris, maju terus pantang mundur walopun ada yang komentar begitu, yaaa...kalo membangun ya didengerin, tapi kalo asal bicara ya dimaklumin namanya juga manusia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, gak sampe segitu banget gaulnyaa .. gue juga baru calon guru SD ...

      gak, gue udh kesengsem sama chibi, gue setia sama chibi aja deh ...

      iya, amiiin ...
      makasiih yaaah ..
      iya gue selalu maklum kok ..

      Delete
  29. kunjungan malam sob,kunjungin blog baru aq juga ya di qnozzaholick.blogspot.com

    atau tinggal klik nama aq aja

    ReplyDelete
  30. di setiap bab selalu muncul tulisan
    ''boker'' n ''upil''
    ckckck

    ReplyDelete
  31. perasaan kemaren gwe udah komen di sini loh bang, kok gak ada ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha komen elo masuk kotak spam yam ..
      kayaknya muka lo itu gara2 nya :D

      Delete
  32. Haha kocak bang.
    Jangan terlalu di pikirkan bang komen2 yang gak bener. Kita ambil saja baiknya buat perbaikan dan kritik yang membangun.
    Tetep semangat nulis bang dan ngasilin karya lagi. good luck

    ReplyDelete
  33. waw gitu ya do, bawa santai aja do. semua itu udah da yang atur... dan cancut marut elu biar makin jaya di udara

    ReplyDelete
  34. saya beli deh bang bukunya, diskon ya 100% haha

    ReplyDelete
  35. cukkaee.. atas penerbitan bukunya..

    ngomong2 guru yg gaul itu terkadang bisa memberikan semangat lebih bagi siswanya utk belajar..

    ReplyDelete
  36. sekarang mending jadi guru yang gaul bangg daripada guru yang killer, udah gajamaaan!

    tapi guru terlalu gaul bisa bikin anakmuridnya ngelunjak sih, guru terlalu killer juga bikin anakmuridnya stress

    jadi be your self deh *intinya itu chi?!*

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaaah emang begituuu ...

      kalo yang itu gue setuju, kadang kalo kita terlalu santai, malah siswanya jadi ngelunjak jadi gak respek sama gurunya ... ribet memang

      Delete
  37. woo.. Selamat Sob Karya loe sukses menembus pasaran

    Terus berkarya sob buat yang lebih gokil dan lebih lebih lebih asyik...

    ReplyDelete
  38. .. wachhhhhhh,, jangan^ dia itu merasa iri kale pil ma km. makanya dy kayak gitu. he..86x. ato jangan^ dia marah cz km gak masukin daftar nama nya dy di dalam buku, jd kayak gitu dech. wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . udah pil. yg penting GudLuck aja dech untuk bukunya. namun,, aq juga penasaran nich pil ma buku km. waktu aq k gramet lupa untuk beli bukumu. mungkin next time aq akan beli. he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, analisis lo bagus juga pie..
      ya udah deh, santai aja siih gue nanggepinnya :D

      oke tengkyu, siip
      jiah -_-, lain kali jangan sampe lupa ..
      kalo sampe lupa gue timpukin upil looh

      Delete
    2. .. lah,, orang iri itu berjuta^ pil. he..86x. upzZz,, jijay nya km pil. huhh. waktu itu aq pas lagi beli SSP pil, ehhhhhh,, aq malah beli buku yg geje. huhh. nyesel banget aq. tau gitu beli buku mu aja dech ..

      Delete
  39. jangan lupa bro.. ada positif tentu ada negatif.. :)
    kita hanya berusaha untuk memperbesar porsi positif kita dan menekan jumlah hal2 negatif..

    tidak ada yang sempurna.. :)

    ReplyDelete
  40. kelebihan orang tidak melingkupi semua bidang...tidak perlu multi talent untuk menjadi "sesuatu"....bukhan beghitu o__O hueh..?...

    ReplyDelete
  41. cie, tetap semangat berkarya pak guru... guru gaul itu menyenangkan, bisa bijaksana dengan cara-cara yang gaul, biasanya pastinya lebih banyak dicintai anak-anak muridnya. sukses terus, dah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba oki , maksih yah ..
      semoga bisa tetep jadi guru yang baik ..

      Delete
  42. selamat ya udah nongol di gramedia. doain buku gue juga cepet nongol :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ..
      siip , semoga buku lo juga cepetan nongol ..
      gue pasti beli buku elo nanti :)

      Delete
  43. kak boleh dong yah buknya dikasih gratisan ke aku *kedipkedipinmata* #akucintagratisan

    ReplyDelete
  44. ada juga ya kontroversinya.. (iya juga sih namanya jg manusia)

    tapi dari review-nya aja udah keren tuh, sukses ya ^_^.. guru gaul nih :D

    ReplyDelete
  45. terima dengan lapang pantat aja bang, toh banyak yang suka sama bukunya.

    ReplyDelete
  46. just wow :) .. congrats buddy :)

    ReplyDelete

FanPage