Thanks, SD Santo Aloysius

11/02/2012 10:24:00 pm

Masa-masa PPL yang penuh kegaulan dan air mata akhirnya berakhir. Dua bulan yang udah gue lewatin di SD Santo Aloysius sepertinya cepet banget. Padahal awal-awal gue masuk disitu, rasanya lama banget. Kaya nungguin telor mateng yang direbus diatas lilin.

Perpisahan kemarin gue sempet bagiin stiker ke semua anak Aloysius. Poto gue sendiri, walopun gak ganteng tapi seenggaknya mereka punya kenang-kenangan dari gue. Selain itu, mereka jadi gak perlu lagi jepitan tikus. Udah ada stiker poto gue, pasti gak ada tikus yang berani deket-deket.

Setelah gue udah mulai balik ke kampus dan gak lagi PPL di SD Santo Aloysius. Gue sadar, bakalan kangen banyak hal disana...

Gue kangen sama Celline, yang tiap istirahat selalu dateng ke perpus sambil menggendong botol minumnya berwarna pink terus tangannya bawa jajan..

Gue kangen sama Catherine, anak kelas satu yang selalu cubit-cubit pipi gue. Tiap liat gue dia pasti langsung lari buat meluk gue. Waktu itu, seketika gue jadi mendadak ngerasa ganteng.

Gue kangen Stacia, anak kelas satu. Yang selalu gangguin gue maen laptop tiap istirahat. Mencet-mencet tombol enter. Terakhir waktu ketemu gue, dia peluk gue terus gak mau pulang. Padahal udah dijemput sama Ibunya. Gue sampe harus nganterin dia ke depan pintu sekolah biar dia mau pulang. Lagi-lagi gue mendadak  ngerasa ganteng.

Gue kangen sama Ellar gendut, anak kelas dua yang selalu setia nungguin gue pulang dengan modus sebenernya dia minta dianterin pulang. Anak yang agak nakal dan gak ada lucu-lucunya sama sekali. Tapi tetep aja ngangenin.

Gue kangen sama anak-anak kelas dua yang selalu ngerubutin gue minta disetelin video setan. Abis gue setelin biasanya mereka semua heboh dan histeris. Dasar katrok! Kaya gak pernah liat setan aja.. :P

Gue kangen sama semua anak SD Santo Aloysius yang selalu narik-narik almamater gue. Minta stiker. Gak semua anak sih, tapi sebagian. Ada beberapa yang pemalu. Cuma diem aja.
Gue kangen berdiri pagi-pagi di depan pintu sekolah, mencoba belajar tersenyum semanis mungkin menyambut anak-anak yang berangkat sekolah. Setelah dipikir-dipikir, gue rasa senyuman gue gak bakal jadi manis. Justru keliatan mistis. Untung mereka gak nangis.

Gue kangen saat-saat nemenin anak-anak kelas satu buat disuntik. Waktu itu ada anak kelas satu yang nangis kenceng banget. Namanya Zidane. Gue pikir, dia pasti takut banget mau disuntik. Ternyata setelah dideketin dan ditanyain, dia mau pipis...

Setelah pipis, gue pikir dia bakalan lebih tenang. Siap buat disuntik, Zidane masih sesenggukan. Gak taunya, Zidane udah disuntik di rumah. Orangtuanya dokter. Terus ngapain dia nangis heboh banget tadi. Gue garuk-garuk tembok. Masih sulit nerima kenyataan yang ada.

Anak-anak disini emang semuanya unyu maksimal. Bikin gemes. Bikin geregetan ... walopun pada akhirnya gue tau, banyak diantara mereka yang rambutnya penuh kutu. Gue aja sampe bergidik ngeliatnya. Gak nyangka banget, di balik wajah yang tanpa dosa terselip banyak kutu rambut di tiap helai rambutnya.

Dua bulan gue mesti ngejalanin PPL di SD yang cukup favorit. Bayangan gue waktu itu. Kepala sekolahnya pasti sombong. Gurunya juga, angkuh. Nganggep remeh mahasiswa yang PPL. Gue jadi males banget sama yang namanya PPL.

Tapi, setelah beberapa hari gue “hidup” disitu. Gue suka sama guru-gurunya. Mereka semua asik, selalu ngebimbing dengan sepenuh hati. Mereka selalu ngasih masukan yang “wow” banget. Mereka semuanya ramah. Gak pelit buat ngasih senyuman. Gue... kagum sama mereka.

Dulu, waktu pertama kali gue tau gue bakalan PPL disitu. Gue sempet tanya sama dosen gue.

“Pak, tau SD Santo Aloysius gak Pak? Sekolahnya bagus gak?”
Dosen gue jawab, “Iya tau, sekolahnya cukup favorit. Kalo mahasiswanya yang PPL disitu kemampuan ngajarnya biasa-biasa aja. Kasian mahasiswanya.”
Jawaban dari dosen gue, simpel. Tapi, bikin gue semakin minder.

Gue takut kalo pas ngajar ada siswa yang spontan nanya ke gue dan gue gak tau jawabannya. Bisa-bisa gue dilemparin ketombe sama mereka dan tentu saja, gak bakal punya wibawa lagi.
Begitu gue ngajar, dugaan gue bener. Anak-anak disini emang pinter-pinter. Tapi mereka tetep anak kecil, gampang diboongin. Jadi, kalo mereka tanya sesuatu yang sulit buat diterima sama anak seusia mereka. Gue tinggal jawab ngasal aja. Semoga mereka gak jadi sesat karena gue.

Masa-masa dua bulan yang begitu gaul. Rasanya pengen banget gue ulang. Masa-masa bareng temen-temen PPL gue juga seru.

Di perpustakaan yang sementara disulap jadi ruang kerja PPL. Banyak hal seru disitu. Gue bakal kangen suasana yang jadi heboh tiap istirahat karena siswanya pada nyamperin mahasiswa PPL. Entah mau gangguin, entah minta diupilin.

Perpustakaan juga bisa jadi sepi. Karena temen-temen gue malah pada asik internetan manfaatin hotspot gratisan di SD. Mereka kadang bengong kadang cengar-cengir. Temen-temen gue bener-bener unyu. Mukanya polos banget. Gak ada idung, gak ada mata, gak ada mulut. Polos aja.

Kadang temen-temen gue heboh sendiri. Curhat menggebu-gebu setelah ngajar. Mereka cerita bagaimana kesan tadi sewaktu ngajar, dan gue pura-pura kagum, padahal dalam hati gue, “Terus gue mesti bilang embeeek gitu???”

Saat-saat paling ditunggu tentu aja istirahat kedua. Gue dan temen-temen selalu disiapin makanan tiap hari dari SD. Kurang gaul apalagi coba? Di SD lain gak ada yang kayak gini. Apalagi tiap hari menunya selalu ganti, jadi gak monoton. Gue pun semakin betah.

Sebelum perpisahan, beberapa hari sebelumnya. Temen-temen PPL sempet ngadain lomba mewarnai dengan karakter guru-guru PPL. Hasilnya ada yang keren banget dan ada yang gak keren banget. Maklum, bakat anak kan beda-beda. Tapi setidaknya hasil mewarnai mereka. Bisa gue simpen dan beberapa gue tempel di kamar gue biar bisa inget terus sama mereka.

Hmm ...

PPL di SD Santo Aloysius. Awalnya gue ngerasa males dan tekanan mental gara-gara gue PPL di SD yang cukup elit, gak taunya begitu gue ngejalanin disini. Ketakutan gue gak kebukti. Semuanya asik. Justru gue ngerasa beruntung bisa ngerasain PPL disini dan ketika dua bulan udah berlalu. Gue bisa dapet banyak hal disini. Bener-bener SD yang luar biasa. Gue bakalan kangen berat.
Thanks... SD Santo Aloysius.

 #UPLOAD POTO MENYUSUL (koneksi lagi lemot)

You Might Also Like

48 Upil

  1. Wah, masih kangen aja sam Celline yah :P

    Semoga nanti jadi guru yang baik dan gak menyesatkan ya Bang =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah .. masih kepikiran celline mulu niih -_-

      amiiin... kalo guru gaul boleh kan yaah ?

      Delete
  2. semoga ada keajaiban buat celline dan lu ya bang:3 keajaiban semoga gak akan terpisah lagi:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ... keren kali yaah kalo beneran ada keajaiban :)
      amiiin :)

      Delete
  3. .. widichhhh,, jadi sekarang bikin kangen nich. he..86x. perpisahan emank selalu terbungkus rapi dengan sekotak kenangan. he..86x. jangan lupa disimpan rapat^ tuch kenangan. sapa tau besok^ butuh dan dibuka kembali. he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe .. iyaah , maka dari itu gue pengen nyimpen kenangannya disini .. biar kalo kangen bisa liat lagi disini , di blog ini :))

      Delete
    2. .. kalo aq disimpan dimana pil?!? awas aja kalo bilank disimpen di upil. he..86x ..

      Delete
    3. elo gue simpen di bungkusan indomie aja gimana ?

      Delete
  4. Gimana ceritanya lo tau murid lo pada kutuan Bang -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti ada ceritanya sendiri di blog gue ini :P

      Delete
  5. Ini rada-rada mirip dengan kisah teman saya dulu. Dia PPL nya di SMA elit. dan ekspektasi awal saya kalo siswa-siwinya sombong, suka ngeledek anak PPL dan sulit diatur ternyata dia bantah.

    Wajar, semakin elit, siswanya semakin cerdas, sehingga siwa-siswinya juga makin beretika dan tingkat penghargaannya ke orang lain juga semakin baik. Dan bisa langsung insaf dengan sekali tegur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya rul bener juga ...
      mereka gak urakan seperti siswa sekolah pinggiran ...
      di tempat lain temen gue ada yang sampe dibilang anjing ...
      masih SD padahal , parah ...

      gue bruntung juga PPL di aloysius

      Delete
  6. ciye kangen sama Celline... gue ngakak tau bang pas baca kalimat "Temen-temen gue bener-bener unyu. Mukanya polos banget. Gak ada idung, gak ada mata, gak ada mulut. Polos aja." bener bener koplak.

    itu bocah bocah pada melihara kutu bang? wah harus diwaspadai. kalo Celline melihara kutu gak? ._.V

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kangen beudt beudt sama celline .. :P
      hehehe ... abisnya muka mereka lugu banget siih ...

      kalo celline , catherine .. aman dari virus kutu , makanya gue tetep woles

      Delete
  7. hha, yang lagi kangen masa PPL :D

    gue bingung dotz mau ngomen apa, gue ikut larut dalam setiap kata kangen yang ada di tulisan lo ini ;'D

    semoga nilai PPLnya nanti bagus deh, aamin.

    ReplyDelete
  8. gue bisa ngerasain gimana rasanya itu bang :')
    nah itu kutu mereka ada yang nyangkut satu si blognya bang edotz '_'

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe .. itu kutu gue ambil satu dari kepala siswa sd gue :P

      Delete
  9. seru banget kayaknya kalo udah PPL dotz, gwe juga udah mau PRAKERIN nih, mirip-mirip PPL gitu, semoga kisah gwe nanti lebig 'wow' dan gaul dari kisah galau tingkat taman kanak-kanak lu ini dotz, huahahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke yam , gudlak ..
      semoga elo gak nyusahin orang2 di sekitar elo nanti :P

      Delete
  10. jadi pengen jadi guru SD masa kak dotz -____-

    gue baca postingan lo terharu... sampe meler *eh emang gue lagi flu*-_-v

    kayaknya lo disenengin murid2 lo banget ya sampe murid lo gitu aaa :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya elo tetep pantesnya jadi anak SD nya met..

      idung lo bisa meler juga ? gue kira buat napas aja susah ...:P

      iyaa .. soalnya gurunya gaul siih

      Delete
  11. Anak SD emang gemesin, kebetulan gue jadi pengajar les anak-anak SD dan sebagian SMP sama SMA dirumah gue sendiri, kepolosannya ngangenin, coba deh kalo udah SMP atau gedean dikit, sedih kalo mereka tiba2 jadi anak "bandel" (yang suka coba-coba hal baru.

    Oia salam kenal ye jangan lupa mampir mampir di blog gue yg sederhana, kapan2 gue juga bakal posting tentang Anak-ank SD khusunya kejadian-kejadian absurd ketika gue ngajar les.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ... iyaaah ..itu masa2 mereka menjadi alay dan pengen jadi gaul .. beda jadinya yaah ...

      siiip salam kenal juga
      gue tunggu keabsurd'an kisah lo :P

      Delete
  12. cieee chelline lagi,, rhyin chibi lagi..

    balik ke sono aja bang, pura2 maen pas jam istirahat kedua gitu hhha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ... gue udah balik kesono tiap sbtu ..
      gue dapet job ngajar futsal ..
      si celline ikut tata boga .. masak ...
      bikin gak nahan :P

      Delete
    2. patut dipertanyakan,, yg bikin kagak nahan apanya nih,, celinenya apa masakannya hhahhahhaii

      Delete
  13. eh itu yang diceritain cewek semua =__=modus emang
    kali aja nanti bisa keterima ngajar disana :p
    mungkin celline udah agak gedean XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ... iyah masa gue deketnya sma cowok
      gak elit donk :P

      haha moga aja kali yaaak :D

      Delete
  14. ayey lagi kangen-kangen :D (sok tahu saya) .

    ReplyDelete
  15. salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
  16. Selamat Menuju Gerbang Kesuksesan Sob,

    ReplyDelete
  17. hihihi pengalaman seruu... dan beruntung banget dapet tempat PPL kayak gitu hahah

    ReplyDelete
  18. Nasib bocah kecil imut, lucu dkk gimana sob? jadi diangkut buat dikenalin sama camer atau gak, gila tuh anak masih kecil sudah bikin heboh BE coba sudah besar bisa-bisa anggota BE saling adu kekuatan (tidak termasuk anggota power rangers) buat menyelamatkan si cellin dari tangan bang Edotz. piss

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ...
      gue gak akan melepaskan celline ke tangan kalian ..
      pliis ...
      kalian semua pergi dan jangan ganggu gue sama celline..
      oke?

      Delete
  19. aku juga kangen banget ni,,

    hihkkkkkk

    ReplyDelete
  20. Wow, sudah berapa semester Mas Edo ?. Segera tamat nih pasti :D #KokGakNyambung

    Setiap peristiwa dan pengalaman pasti awalnya bikin gerogi setelah selesai semua urusannya pasti ngangenin :D

    Teruskan ... jadi guru yg menyenangkan sampai bekerja nanti (^,^).b

    ReplyDelete
  21. bang dotz-dotz,,, sory gue ganggu ketenangan lu

    ini ada sesuatu buat elo

    http://kaazima.blogspot.com/2012/11/ooohhh-tidakkkkk-1-2-3.html

    ReplyDelete
  22. CAGUR kesayangan dan ngangenin lu Dot,moga aja !

    ReplyDelete
  23. Semua kenangan yang indah biasanya sulit dilupakan, tapi gak apa-apa lah toh bentar juga ketemu lagi sama anak SD saat jadi guru benaran, apalagi kalau jadi guru di tempat lo PPL. Bakalan tambah betah.

    ReplyDelete
  24. upload more foto celline dong.. cantik banget itu anak . sumpah. :D

    ReplyDelete