Ketika PPL Berakhir dan 3A

Akhirnya setelah dua bulan gue ngejalanin PPL di SD Santo Aloysius. Gue pun harus balik lagi ke kampus. Tugas gue udah selesai. Gue harus mulai membiasakan diri lagi tanpa "suasana" SD Santo Aloysius.

Dua bulan bukan waktu yang singkat buat gue. Selama dua bulan itu gue udah dapet banyak hal disini. Memang, kadang gue jenuh mesti bikin media pembelajaran, gue males mesti berangkat pagi dan pulang siang, gue juga sampe-sampe gak berani buat begadang tiap malem takut kesiangan.

Tapi, dari semua rasa jenuh dan males gue. Ternyata gue ngerasa berat juga waktu gue pada akhirnya harus pisah sama mereka. Anak-anak SD Santo Aloysius. Gue emang males, gue emang jenuh. Tapi itu gak tiap hari, dan semua kejenuhan gue itu bakal bikin gue kangen ketika masa-masa PPL gue udah selesai.

Waktu penarikan PPL kemarin. Gue gak nyangka ada beberapa anak yang rela nangis buat gue. Gue gak tau mereka sedih kehilangan gue ato gak. Tapi yang jelas mereka beneran nangis dan ngerubutin gue. Gue heran aja, biasanya gue dikerubutin lalat tapi kok ini dikerubutin anak-anak.

Mereka yang ngerubutin gue kebanyakan dari kelas 3A. Emang sih, hubungan gue sama mereka emang deket banget. Mereka yang kalo istirahat selalu dateng ke perpus buat nengok gue dan guru PPL lain. Mereka yang tiap berangkat en pulang sekolah pasti selalu nyempetin waktu buat nyamperin perpus dan ngucapin salam.

Gue sering ngelucu buat mereka, gue juga sering ngajarin hal-hal sesat sama mereka. Pernah gue bilang sama mereka, "Kalian tau gak? Pak Edo ini sebenernya power rangers biru looh. Tapi jangan bilang-bilang yah... nanti monsternya pada dateng kesini." Gue gak nyangka kalo mereka percaya sama omongan sesat gue.

Mereka girang banget dan bilang kalo mereka juga pengen jadi power rangers kayak gue. Setelah itu, mereka keluar sambil teriak-teriak, "Pak Edo power ranger biruu ... Pak Edo power ranger biruuu..."

Gue cuma geleng-geleng... Semoga gue gak dimarahin sama guru kelasnya udah ngajarin mereka sesat.

Gue juga pernah, lagi asik-asik nyanyi ost. Keluarga cemara. Sengaja gue pelesetin. "Harta yang paling berharga, adalah celana dalam.. istana yang paling bermakna adalah.... celana dalaaam ...." tiba-tiba dibelakang gue anak-anak pada ketawa. Ternyata mereka dengerin gue. Gue kaget. Semoga mereka gak ikut-ikutan kesesatan gue. 

Ternyata sampe berhari-haripun, mereka masih aja inget sama peristiwa celana dalam tersebut. Semoga guru kelasnya enggak tau itu gue yang ngajarin.

Celline = Ryn Chibi waktu SD
Pernah juga pas istirahat, ada anak kelas 3A namanya Celline, ini anak emang cakep banget. Mukanya kayak Ryn Chibi waktu kecil. Gue ngajakin Celline becanda.
Gue : "Celline..ikut pak Edo aja kerumah yuuk" 
Celline : *geleng-geleng* Gak mauuu ... nanti aku dijual sama Pak Edo"
Gue: "Looh... daripada Pak Edo ngejual Celline, mending Celline sama Pak Edo aja."
Celline : "Gaak mauu ... nanti aku dijual .. aku takuut."
Gue :  "Enggak dijual Celline ... Celline minggu depan kira-kira udah gede belum?" modus gue nanya begituan, gara-gara ini anak masih kecil aja udah cakep banget.
Celline : "Ya belumlah .. masa cepet banget gedenya.. Pak Edo ini gimana siih??"

Temen-temen gue pada ketawa. Muka gue keliatannya seperti muka sindikat penculikan anak di bawah umur. Ngajakin anak pulang aja dia sampe kepikiran mau gue jual.
Gak nyangka, gue bakal kangen sama saat-saat seperti itu ...

Pagi itu, ketika upacara perpisahan selesai. Siswa-siswa satu per satu salaman sama guru-guru PPL. Semuanya aman-aman aja, beberapa nangisin temen gue. sampe akhirnya mereka masuk kelas.

Begitu istirahat pertama, Celline dateng ke perpus dan nangis kenceng banget. Dia bilang. "Pak Edo jangan pergi... Pak Edo ngajar aja disini."
Anak-anak 3A lainnya juga mulai heboh bilang gue jangan pergi. Gue terharu juga sebenernya. Gue calon guru SD yang enggak ganteng ternyata ditangisin sama anak-anak. Biasanya orang lain nangisin gue gara-gara ngeliat gue saking gak gantengnya. Gue kewalahan ngatasin mereka satu per satu. Beruntung walopun PPL selesai gue masih ditawarin buat ngelatih tim futsal SD sampe turnamen tanggal 16 November.

Gue pun bilang sama mereka kalo gue masih balik lagi kesini tiap hari sabtu. Gue enggak bener-bener pergi. Mereka mulai percaya tapi masih tetep nangis. Gue bahkan sampe nganterin mereka masuk kelas, sambil bilang jangan nangis lagi.

Sebenernya hari itu gue udah harus pulang. Tapi berhubung masih ada nilai yang belum selesai. Gue dan temen-temen masih harus di sekolah sampe siang ngurusin nilai.

Begitu istirahat kedua, lagi-lagi mereka nyamperin gue dan nangis lagi...

Mereka bilang kalo gue jangan pergi. Bahkan Rivo, anak cowok yang agak nakal dikelasnya aja ikutan nangis, dia nangisnya jauh lebih histeris dari anak-anak cewek. Gue justru bingung kalo kayagini gimana caranya biar mereka diem.

Gue cuma bisa ngelus-ngelus mereka. Gue milih ngelus-ngelus yang cewek aja. Gaby, Celline, Sekar, Chantika. Kalo cowok sih biar aja nangis, cengeng ah .. *gue juga udah mulai mau nangis waktu itu*

Istirahat kedua selesai, mereka masuk kelas. Pulangnya lagi-lagi mereka nangisin gue. Celline, Gaby, paschalis dan Rivo menurut gue yang nangisnya bener-bener maksimal waktu itu. Sampe segitunya cuma demi gue.. Gue terharu.

Akhirnya gue anterin mereka sampe keluar sekolah. Gue temenin mereka sampai jemputan mereka udah dateng satu per satu...

Gue nulis ini spesial buat anak-anak 3A yang udah excited banget sama gue. Cukup dua bulan, mereka udah ngasih banyak banget momen yang gaul dan asik. Seperti kata temen gue, Adhy waktu dia ngasih sambutan saat penarikan PPL. Ini seperti lagunya Charly ST 12..

"Satu jam saja ku telah bisa sayangi kamu dihatiku namun bagiku melupakanmu butuh waktuku seumur hidup .."

Norak banget menurut gue, tapi gue harus mengakui kalo ini bener banget ...

Sebenernya sih banyak juga anak kelas lain yang nangis. Gak cuma ke gue tapi juga ke temen gue lainnya. Mereka nyusul ke perpus peluk-peluk, ada juga yang minta tanda tangan en nomer hape. Entah buat apaan.

Gue mau share beberapa foto waktu anak-anak kelas 3 A lagi pada menggambar..





PPL akhirnya selesai juga ..
Dulu gue sempet berharap PPL bisa cepet-cepet selesai, tapi pada akhirnya gue justru berharap kalo gue bisa terus ngerasain PPL ... di SD Santo Aloysius.

Pagi tadi, gue dapet sms dari guru kelas 3A. Katanya anak-anak masih juga ada yang nangis. Mereka kangen sama gue. 

"..."

Gue juga kangen sama mereka. Gue berharap semoga gue masih bisa ketemu sama mereka. Sambil berbaring ngeliatin atap kamar kontrakan. Muncul pertanyaan dari diri gue : "Kenapa harus ada perpisahan dan rasanya selalu nyesek?".

94 Upil

mungkin anak anak kelas 3a itu udah nyaman diajarin sama elu bang. mereka udah seneng diajarin sama elu. makanya pas elu udah kagak ngajar lagi disana mereka pada nangis

Reply

pasti anak-anak seneng bang karena lu tinggal.
semoga mereka enggak nurun dari elu ya bang,
hahahaha
biar mereka dapat hidup dengan tenang maka abang kagak usah gentanyangan lagi di skolah itu, SD Santo Aloysius.
hahahaha

Reply

Pak Edot... Pak Edot... kok judulnya "Keitka PPL berakhir dan 3A", "Ketika" kali yaa maksudnya? hehehe...

Reply

hahaha ternyata pedopil juga ngerayu anak sd,,,,jadi inget pas PPM neh ane juga ngajar anak sd, smp dan sma(bukan ngajar sih lebih ke ngadain seminar tentang komputer)

Reply

Melow bgt kisah PPL lo Dhotz... sepertinya ada topik baru buat lu jadiin renungan suci ketika sendirian di dalam toilet..

Anw, itu si Chibi kecil gak bisa di karbit aja yah biar cepat masak? :D

Reply

gue curiga dot, mereka yang nagis itu gara-gara lo elus-elus pantatnya pas belajar.

terharu juga gue bacanya, sampai segitunya mereka ga bisa diajar lo lagi.

semoga gue PPL kelak bisa jadi kayak lo dotz.

Reply

Waduh, Celline cantiknya buat gue saja loe yg Ryn Cibi ya hehe ... :P

Pulang dapat ilmu banyak nih .. :D

Reply

keren abis pak guru

sukses terus dah B|

Reply

weih, sering banget anak-anaknya nangis ya Bang...
Celline cakep juga yah..
ahahahaaaa

Reply

hehe yaah mungkin gitu ...
mereka kebanyakan unyu-unyu siiih ..
gue jadi suka

Reply

hahaha kampreeet ...
iya juga yaah , mungkin gue gak perlu balik-balik lagi kesana ... sialan :P

Reply

hehe iyaaah :D
thanks banget kkoreksinya .. udah gue benerin ... :))

Reply

namanya juga usaha ...

yaah elo deket gak sama anak2 nya ...
asiiik lloooh ... :P

Reply

haha, iyah mungkin kalo gue inget ini ..
gue jadi boker sambil nangis rul ..

gue juga pengennya gitu ..
nyesel gue lahir duluan :P

Reply

jangan buka aib bay ... mungkin sebenernya emang begitu :P

iyaaah gue bakalan kangen banget sama mereka -_______-

semoga bukan cewek-cewek sma yang ngerubutin elo besok waktu PPL bay ...

Reply

rian jangn gitu ...
gue gak ngijinin , sayang banget kalo celline buat elo :D

iyaah .. dapet kenangan banyak juga ...

Reply

ternyata aku sms-aku nelpon gak berbalas.
main sama anak2 ya?

terharu aku baca..jadi mas edot sudah berjaya ya ajarin mereka..syukur kalu gitu..


*aku power rangers yang pink*

Reply

iyaaah gitu ..
jgn bilang elo naksir yaaah ...

Reply

dotz,. postingan lu luar biasa. Gue aja yang baca terharu banget. Apalagi elo yang ngerasain langsung jadi guru PPL.
Gue curiga, lo ajarin apa anak-anak sampek segitunya sama elo -__-? xD
Lo mungkin gak cakepan dot, tapi lo bikim candu..
wkwk

Reply

wah terharu juga membayangkan anak2 pada nangis, pasti udah nempel bnget ama pak gurunya walau hanya 2 bulan,,
btw, si celline kecil2 udah ckep bener yak :D, gimana gede nya..hha

Reply

ckckckk godain anak sd.. -___-"

tapi PPL masa kuliah emang paling menyenangkan walaupun PPL atau PKL gw malah di pabrik hihi ^^

Reply

ish.. sebulan lagi lu disana bisa lu pacarin tuh si Celline -_-" (di modusin tiap hari)

Reply

terharu gue bacanya. mereka syg sma elu smpe gak rela lo brenti ppl disana. nah dengan begitu ppl lo sukses dot :) cocok jadi guru deh. btw ceilline itu cantik bgt. gue ngebayangin itu gedenya kyk gimana :)) wkwkw

Reply

wih terharu ya bisa di kaya gitun sama muridnya , sumpah gua jg pengen ntar kalo PPL kaya gitu ..
*tisu mana tisu

Reply

hahaha..bahaya nih..anak SD digodain..:-)

Tpi emang bener..klo PPL y udah habis baru kerasa berat ninggalin anak2 yang kelakuan y macem2...

Reply

Cuma dua bulan?
Kalo di tempat gue PPL-nya sampe 6 bulan Bang -__-

Wah, Bang Edotz disayang..
Cieeee~
Berhasil tuh PPL-nya :)

Reply

Waaa ciyeee.. yang PPL..
Gak kebayang ntar kalo aku PPL taun depan.. ada gambaran nih habis baca postingan ini. thanks ^^

Reply

Ha ha ha ha ha. Terharu juga Bang gue baca.nye,
Hiks, Hiks, Hiks,

Semoga moment moment kaya gitu selalu elu rasa.in sebagai guru SD ya bang !!

Reply

jiaaah ... nelpon -sms operator ya jelas gak dibales :P

iyah belum berjaya hanya mencoba menjadi gaul ajaah ..

mau jadi ranger pink ? silakan ...
gue jadi teletubbies aja ...:P

Reply

ah udah ah, ga udah ditutupi lagi :D

lah jadi apaan dong, ibu-ibu kantin apa abang batagor.

direbutin lalat aja gue udah cukup.

Reply

.. rata^ kalo nulis pada deket banget ya ma buku?!? apa mereka lagi minus pil?!? ..

Reply

wah elu rusak not ..... anak orang elu mainin hahaha di cari kak seto elu ntar dikira pedopili haha

Reply

hehe .. bisa aja lo
gue hanya mencoba untuk gaul sebaagai guru SD ..
dan mereka bener2 bikin gue kangen buat diajakin lebih gaul lagi ...

iyah elo kliatannya seneng banget waktu ngmong gak cakepnya...-____-

Reply

iyaah .. tiap hari mereka ngerubutin mulu kerjaannya.. udah gak nempel lagi jadinya ...

iyaah .. jangan bilang elo mau nunggu dia gede ..
gue udah nungguin duluan :P

Reply

elo dipabrik apaan ?
bukan pabrik anak kan yaah ?:P

Reply

Celline cakep juga yak sob, bener2 mirip rhyn chibi ahahahah

Reply

Wew jangan-jangan mereka selama ini menganggapmu anggota sindikat penculikan anak sob?

Bilangnya "Kalo cowok sih biar aja nangis, cengeng ah.. " tapi kok ada embel-embel *gue juga udah mulai mau nangis waktu itu* perlu dipertanyakan nih jenisnya. Piss sob

Reply

hiiikkkk mas tau?
jadi malu sihh..

Reply

Itu artinya tehnik ngajar yang lo terapin mampu membuat mereka senang Dotz. gue salut. jarang2 loh guru seperti itu, dikangenin sama murid :))

Itu artinya juga masa2 bohongin mereka dgan cerita yg bohong sudah berakhir.
Hahahaha

Reply

Begitu polosnya anak2 itu, sampe melihat segala sesuatunya itu kyk seriusan :D hihi

Biasanya guru yg dikangenin itu emang guru yg unik..
apalagi Bang Edotz kan emang uniknya keterlaluan :P xixii

Reply

bntar bgtz PPL lw ya dotz,gw stu smter..
apa yg lw rasain,gw dah rasain jga. awal2 pngen cpt slsai PPL,pas diakhir malah pngen PPL. bedanya lw SD gw SMA.rasanya mau nangis jg tinggalin mereka. Walaupun gw guru yg krg cntik jg waktu itu,trnyata mreka mrsa khlangan gw jga.pngen bcanda dan curhat2 ama gw. bhkan slsai PPL dan smpai skrg bbrpa org siswa rajin k rmh,dan sms.(waduh..kok jdi curhat gni..)

aah..lw gak ccok ranger biru,ccoknya rangers pink..hihi
pngen jg deh rasain ngajar anak SD..hehe

Reply

iya gitu deh yoog ...
semga gue bisa jadi guru yang gaul :P

haha, gue udah ngebayangin duluan dan hasilnya ..
gue mimisan ...

Reply

jadilah guru yang gaul ...
nanti kalo PPL mengajarlah dengan ccinta ... :P

gak ada tisu .. nih pake kancut gue gpp

Reply

iyaah ..
gue kangen sama mereka terus -______-

Reply

jiach enam bulan .. bisa2 muntah nanah tuh kelamaan

iyaah berhasil dengan baik ...:P

Reply

iyah jangan asal gambar ya ...
jangan lupa abis itu diwarnai ..

Reply

cuma perlu jadi temen yang baik bagi mereka tapi gak berlebihan ... :))

iyah , moga aja .. amiin :)

Reply

kan gue udah bilang ,,,mereka lagi pada menggambar -__-

Reply

biar gue menyerahkan diri ke kak seto nem..
tapi setelah gue pacarin celline dulu yaah :P

Reply

iyaah .. udah gue ajak tunangan si celline ...
cakepnya tuh anak hahahaha

Reply

elo udah tau kaya gimana mukanya ryn chibi :P

Reply

gak gue sindikat pencuri celana dalem wanita sbenernya ..

iyaaah ... gue sebenernya apa yah ?
*nengok kolor

Reply

iyah daripada jadi guru yang dialesin mmurid ,,,
jangan sampe ada anak bilang, "Yaaaah ...pelajarannya pak edotz, males banget" ... jangan sampe gitu deh yaah hehe

gue masih pengen boongin mereka rob -_-

Reply

iyaah , betapa unyu nya mereka :))

setau gue ..
gue gak gantengnya yang keteraluan :P

Reply

wiiih elo asik tuuuh yang ngerubutin anak SMA :D

hahaha
asik yah anak sma udah pada bisa maenan hape , udah bisa fb nan...
lah anak SD ? gue kalo kangen susah sms mereka

tapi tetep gue suka anak SD aja deh ..hehe

Reply

iyaaah semoga tukang kebun yang ngerubutin elo ..
kangen sama tenaga elo buat nyabutin rumput sekolah
haha

Reply

kalo celline udah elu putus kasih tau gua yah, mau gua gebet dia hahaha

Reply

udah, mukanya beda banget sama gue *uhuk.uhuk

Reply

jiah..
salha ternyata hidup gue sekarang buat kuliah, harusnya gue kuliah diperumputan, seperti terawangan ki joko edot.

Reply

klo gtu,lw smsan ama sama nyokapnya aja..#eeh??

Reply

akhirnya gue bisa juga comment wkwkwk-__- gabisa comment lewat mobile sih *eh u,u

gue terenyuh bacanya kak dotz... jadi flashback waktu SD... jadi inget guru PPL gue dulu.. jadi meler T_T

suer kadotz murid lo unyu2 banget :D lucu hehe

murid lo kayaknya sayang banget ya sama lo sampe kaya gitu :') emang sih setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan.. cedmungudh ea!!

Reply

Asal nangisnya jangan di toilet masjid malam2, entah malah dikirain penunggunya.. bisa bikin panik warga se RT.

*puk puk puk* Emang dikampusmu gak ada yah yang chibi2? Sekap aja salah satunya.

Reply

cantik kali si celline,kecil2 udah cantik apa lagi gede,sayangnya elo udah tuek ntar kalo si celline dah gede,haha jadi gak cocok dong

Reply

gue unyu? :D *eh

kebiasaan nih pak guru suka salah bacaaaa! Unik Bang! Unik! bukan ganteeeng ! -___- *eh
hahaha

Bencanda yaak Bang ^^v

Reply

uwwaah keren kmu nulisnya dotz, sya smpai netesin air mata gne *suer, maklum ada naluri seorg gru dlm diri saya*
sebagai calon guru yg bntar lagi juga PPL, sprtinya saya hrus bnyak bljr sma kmu. hhmm perpisahan it emg menyakitkan ya. :')

Reply

asik banget kayanya :'|
postingan ini gak keitung berapa kali ngemodusin anak dibawah umur -____-
ehtapi kalo gagal ngemodusin Celline kenapa gak rivo aja XD wkwkkk . .

cepet banget rasanya perasaan baru kemaren semangatin edotz ppl tp udah selesai aja tiba2 . .
gue dulu waktu prakerin SMK juga gt, berasa pengen cepet2 selesai .ehtapi pas udah selesai malah gak rela pergi dari kantor '___'

Reply

saya baru sempat bisa follow blog anda, salam kenal salam blogger energi .... follbeck ea ea ea

Reply


aduh anak-anaknya lucu-lucu :) pasti mereka bakal kangeeen banget sama lo bang :)

Reply

yaaah begtulah bay ...
coba setiap hari elo sisir rumput di kebun ..
biar mereka ganteng dan memblas budui sama elo ..

Reply

haha bisa2 gue dikira hantu suster keramas masjid:P

ada sih tapi gak ada yang sebegitu miripnya sama Ryn chibi kaya Celline :P

Reply

gak bakal gue putusin nem si celline ...
udah elo gak usah ikutan berharap :P

Reply

ya iyalaaah -_-
muka elo kan kaya mandra kakaknya si doel anak sekolahan :P
pisss

Reply

ahahaha ... unik sama ganteng beda tipis kok .. tinggal bagaimana kita memaknainya ..

#ngeles gak jelas

Reply

udah gue sett ke mobile sesuai request elo .. baik kan gue ..

elo pernah SD met ? kirain SLB .. hehe piiis

itulah .. gue jadi betah banget ... murid gue unyu maksimal ..

iyah , gue masih bisa ketemu kok ...
gak tau kapan -_______-"

Reply

hadeeeh , iva bisa aja .. :P

hehe .. mengajarlah dengan hati ..
tetep jadi guru gaul yang gak kolot ...
asala mereka nyaman ...:)

Reply

haha ... Rivo gak perlu dimodusin dia udah nempel sama ue , sayang guenya gak minat :P

iyah , cuma 2 bulan .. cepet banget ..
nah looh , elo juga ternyata ...
moga bukangara2 Opis boy nya nangisin elo ges :P

Reply

gue juga bakalan kangen banget sama mereka dit :P

Reply

enak banget tempat magang lu bang, dikelilingi dengan anak-anak yang imut gituu, wuuu

Reply

iya bener bgt bang si celline mirip bngt sama ryn chibi wkwkwk

Reply

terharu nih bcanya.. ngomong-ngomong nama mereka kaya bule ya, :D

ya semoga celline jodohmu (wwahh ngayal).. tapi memang bener celline cantik, udah gitu nangis kenceng pasti waktu nangis imut banget ya.. jadi ada gambaran nih tentang kondisi di tmpt ppl kamu.
keren menarik abes nih pengalaman.

Reply

iyalah, mukanya gak ada yang kaya eloo :D

Reply

nah makanya itu .. gue jadi gemeteran liatnya

Reply

iya, SD gaul jadi namanya keren2 haha

gimana mungkin -_____-

semoga PPL lo asik ntar

Reply

aaa aku nanti tanggal 22 juli insya Allah PPL mas...medeni ora sih..doakan ya

Reply

imut banget itu anak ..:D

Reply

Post a Comment