Judul Buat Buku Gue

10/05/2012 09:32:00 am

Gara-gara kesibukan gue belakangan ini. Blog gue jadi jarang keurus. Gue jadi ngerasa gak enak sama blog gue. Untung aja blog gue gak sakit hati terus minta perlindungan ke rumah Ki Joko Bodo. Bisa-bisa gue disantet jadi ganteng. Gue takut.

Akhir-akhir ini gue emang sibuk banget. Di Sekolah, gue mesti praktek ngajar tiap hari. Otomatis tiap malem gue jadi mesti nyiapin macem-macem buat besok ngajar. Jangan dikira, ngajar anak SD gak butuh persiapan. Gue juga mesti pelajari dulu materinya. Otak gue pernah bernanah gara-gara gak kuat ngapalin pengerjaan operasi campuran di matematika.

Di balik kesibukan gue yang mesti totalitas di PPL. Ada satu kesibukan lagi yang juga bikin gue sampe lupa makan, lupa minum dan lupa bayar utang.

Beberapa waktu yang lalu, waktu gue lagi dipojok kelas 3B ngeliatin guru kelas ngajar. Tiba-tiba BB gue bunyi. Gue dapet sebuah email yang begitu gue baca. Langsung bikin gue nari poco-poco.

Naskah gue udah dibaca sama penerbit Grasindo, dan katanya pihak grasindo cukup tertarik. Nanti gue bakal dikabarin gimana hasilnya. Belum pasti aja gue udah seneng banget. Padahal sapa tau juga naskahnya gak jadi diterima. Gue pun mencoba tetep woles dan berhenti nari poco-poco.

Sorenya, pas gue lagi asik ngipasin ketek di kamar kontrakan, tiba-tiba ada email lagi masuk. Dari pihak Grasindo lagi. Gue disuruh nyoba nyari judul yang menarik buat naskah gue. Yang bisa bikin pembaca penasaran. Dua hari lagi dia ada rapat redaksi dan mau mempresentasikan naskah gue. 

Gue cuma bisa garuk-garuk pantat. Naskah gue ceritanya tentang apa aja gak jelas. Absurd banget. Gue mesti bikin judul yang mewakili isi dalam naskah gue. Sejam lebih gue mikir, gue gak dapet pencerahan sama sekali. Gue deg-degan takut gak nemu judul sampe waktu yang ditentukan.

Gue udah coba sengaja boker walopun gak kebelet. Biasanya kan kalo dikamar mandi gampang tuh dapet isnpirasi. Gue coba cari plesetan-plesetan dari kata-kata lucu. Nihil. Gue baca-baca lagi naskah gue. Gak ada hubungannya antara cerita yang satu dengan cerita yang lain. Gue bikin naskah ini maksudnya apaan yah ? Kaya gini gue jelas bingung mau bikin judul apaan.

Sempet ada sih beberapa opsi, tapi kayaknya judulnya alay banget. Bikin kram pantat yang ngebacanya :
1.      Cat Go May ( Catatan Goblok Mahasiswa Alay)
2.      Cat Go Me ( Catatan Goblok Mahasiswa Edan)
3.      Cagur Kuper
4.      The Cagurz Kuperz.
Ngeliat judul di atas , gue bener-bener ngerasa gak kreatif sama sekali.

Gue juga sempet minta saran dari temen sekelas  gue, Myta. Dengan santainya dia ngejawab, “Manusia Setengah Botak aja Dotz.” Mentang-mentang rambut gue rontok mulu dia bawa-bawa botak di calon-judul buku gue. Teman macam apa dia?

Saking mampetnya ide gue. Gue juga sempet minta saran sama Bayu. Waktu itu gue cuma ngasih tau Bayu doank terkait naskah buku gue ini. Demi gue, katanya sih dia sampe-sampe buka kamus segala. Untung dia gak sampe buka kolor segala.Gue harap elo ngelakuin itu buka karena elo cinta gue Bay.

Disaat hari penghakiman udah semakin dekat dan gue belum nemu judul. Gue hampir pasrah. Mungkin ini emang belum rejeki gue. Ide dan inspirasi kadang emang gak bisa dipaksa. Gue udah coba macem-macem cara sampai yang paling gaul dengan cara bengong di atap kontrakan. Tetep aja gak nemu.

Ketika gue observasi di kelas empat. Gue bener-bener gak bisa fokus. Otomatis gue corat coret buku gue. Gue catet kata-kata yang paling mungkin buat diplesetin. Gue gabung-gabungin lagi. Gue pas-pasin. Gue nemu, dua opsi judul. CANCUT MANGUT dan CANCUT MARUT. Gue belum bisa ngasih tau, itu judul maksudnya apaan. Nanti aja yah. Piss..

Langsung aja dua judul itu gue tawarkan. “Oke deh mas, sementara aku catet dulu ya nanti aku kabari keputusannya.”

Gue deg-degan banget, "Mungkin gak yah, orang kaya gue bisa beneran nerbitin buku?" Malam itu gue jadi susah tidur.

Keliatannya gak mutu banget judul yang gue ajuin. Tapi biarin deh. Ditunggu aja keputusannya. Gue nunggu dan nunggu. Hampir seminggu lebih gak ada kabar ....

You Might Also Like

83 Upil

  1. ajir kak envy gue T_____T gue kapan yak wakakak-__-

    btw entar kalo udah terbit gratis yak buat para member blogger energy \m/

    ReplyDelete
    Replies
    1. envy apaan ? gue udah lama gak jadi anak gaul jadi gak tau bahasa gaul jaman sekarang ..

      mulai aja nulis , jangan males ..
      pelan2 .. lama2 kan jadi juga

      nah ini ..
      belom jadi mahasiswa mental gratisannya udah brasa banget ..
      udah berapa kali bikin penjual batagor depan sekolah bangkrut ?

      Delete
    2. cari dikamus kak-_-

      iyadeh alon-alon asal kelakon....

      wahahaha bodooo lagian siapa sih yang di belahan bumi ini kagak suka gretongan? *eh
      didepan sekolah nggak ada batagor kak T_T diusir tukangnya huakakakak~

      Delete
    3. gue punyanya primbon -_-

      iya, seenggaknya tingkat kegretongannya gak memamlukan ..
      diusir sama elu ya gara2 ga mau ngasih utangan lagi , jahat

      Delete
    4. huakakkak cie buka aib kakdotz~

      gretongan-gretongan -___- kok kayak bahasa gengges yak-____-
      huakakak gue aja malah ngutang ><

      eh btw gue baru nyadar kalo gue pertamax *eeh

      Delete
    5. ya ampun .. udah mental gretongan mental ngutang pula ..
      makhluk macam apa kau ini -_-
      sereem ..

      iya ,, besok solar yaaa :P

      Delete
    6. kan gawl kak anak jaman sekarang gitu B) *naekin jambul*

      nggak mau ah u,u mending kentut ajaaa~ *eh

      Delete
  2. hahaahhay sabar dotz,,,klau gak sabar, ya tanyain aja lg,,hhe utk sukses emg btuh kerja keras, usha dan do'a.. jdi jngan nyerah dan pesimis gtu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap va :D
      gue enggak pesimis , cuma emang agak bau amis ..
      moga aja lancar deh yah , buku gue bisa segera terbit , hehe

      Delete
  3. kalau gue saran ini aja-- > Cat Go May ( Catatan Goblok Mahasiswa Alay)...lebih enak didengar hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah ...
      cat go may yah ?
      pikir2 dulu yaah ... tiga semester :P

      Delete
    2. hah 3 semester ? keburu diambil orang tuh judul :D

      Delete
    3. hahaha ...
      judulnya udah fix kok sob ..
      cancut marut jadinya :)

      Delete
  4. yah.. sekarang lo tahu kan maksud gue dibalik itu semua dotz..

    jangan lupa janji lo dotz, nama gue yang lengkap *ngancem pake pencil

    semoga aja sebuah penerbit bis akhilaf nerbitin buku lo.
    OPTIMIS

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata maksud elo gitu bay -_-

      okeh okeh bay .. woles
      #melindungi diri pake penghapus ..

      amiin bay ..
      doain lancar ..
      udah hampir selesai .. tapi banyak banget catetannya dari editor gue :D

      Delete
    2. cukup kita sama Tuhan aja yang tahu.

      banyak lo orang yang mati cuma gara-gara janji dotz..

      jalanin aja, Tuhan udah mendekatkan mimpi lo, tinggal beberapa langkah aja lagi. Hal kecil itu dotz..

      Delete
    3. iya bay , semoga ...

      gue harap elo juga sukarela mempromosikan buku gue ..
      mungkin bisa kaya pedagang asongan , bawa2 buku gue ditawarin ke tiap mahasswa :D

      Delete
    4. sip dah..

      seperti janji kita beberapa hari silam.

      ok kalo itu yang lo mau, kalo perlu suruh penerbitnya juga beli buku lo, gimna?

      Delete
    5. haha ...
      nanti kalo perlu gue takut2in anak SD pake boneka barbie biar mereka mau beli buku gue ..

      Delete
  5. coba deh kalo kurang pas sama nama yang ada, cari yang laen. mendingan si singkatan aja. ataugak kayak tadi, asal asal coret aja.

    kalo bukunya udah terbit, kasih tau yak. ngemeng ke ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah .. sebenernya udah fix kok ..
      cuma baru sempet nyeritain di blog ..
      jadinya CANCUT MARUT ..

      iyah gue kasih tau ..
      dibeli yaah .. pliis .. pliiss ...
      udah dua jam lebih gue belom makan ..
      kasihani gue ..

      Delete
    2. Ciaaaaaaahhhhhhhhhhh ... kok segitunya jual buku (>,<")

      Memang harganya berapa ? *Eh

      Baru mengajukan deng. Belum ke tahab yang serius. Jadi belum tahu :D

      Delete
    3. hahaha ... gue belom tahu :D

      iyah kadang untuk menjual sesuatu butuh perjuangan ...
      mungkin pake teknik MLM juga perlu :P

      Delete
    4. Siip (^,^)b

      apa itu MLM ?. (@,@)?

      Delete
    5. dihilangin aja "M" yang dibelakang pasti tau

      Delete
    6. @rian : MLM itu Mulut Lewat Mulut , jadi ntar ngejualnya pake mulut gak pake tangan , begitulah caranya

      @bayu : gue tau .. elo artisnya kan bay ...:D

      Delete
  6. Bukunya bertemakan catatan Diare Mas Edo ya ?.

    Sepertinya seru (@,@)/ ditunggu bukunya di Gramedia Semarang/Warna Agung ya Mas Edo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas gak ada cerita cinta di buku gue ..
      entah kenapa , padahal gue bukan fakir asmara , hehe

      iyah , ditunggu yah ..
      jangan cuma baca di tempat .. :D

      Delete
  7. Apapun namanye pokoknya gue tunggu tgl terbitnya Pak !!!!! *gaya.murid,sd,

    ReplyDelete
    Replies
    1. cwiii wiiit ...
      okeh tengkyu , kalo udah terbit ..
      nanti kita nari poco-poco bareng ..

      Delete
    2. Okey Pak.. Berapapun ntar hrganya, tenang ajee !!!

      Yang penting kita poco poco, , sama aserehe ..hui hui hui . . .

      Delete
    3. gue ikut poco poconya boleh ga?

      Delete
    4. @ahmad : mantaap , mungkin kita bisa coba nari poco-poco sambil boker

      @bayu : boleh, tapi elo nanti coba pake gaun ya ..

      Delete
    5. kaburlah sebelum senja menjelang nak ...

      Delete
  8. wah ngiri banget udah bs ke penerbit ... ane naskah ngak jadi-jadi mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelan2 aja sob ...
      jangan jadiin beban , nikmati aja ..

      Delete
  9. tetap semangat bang, semoga bukunya banyak yg baca. Tadinya aku mau kasih judul yg gokil tapi agak sedikit ragu hehe,

    judulnya ''Ketika Upil Bicara''
    wkwk*ngakak guling2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okeh .. Aminn :)

      haha , Ketika upil bicara ..
      mungkin nanti upilnya masing2 punya nama :D
      bagus tuh dibuat cerita haha

      Delete
  10. pakek judul yang Cat Go May aja, cocok banget nge gambarin siapa kamu sebenernya . XD. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyah ... haha ...
      jdulnya agak ke cina-cina an yaah tapi :P

      Delete
    2. emang agak ke cina-cina an, tp kan bisa bikin penasaran gitu..
      cat go may klo gak salah kan semacam perayaan apaaa gituuu..

      tp pas liyat cover sama baca sedikit cuplikan di sampul belakangnya pasti makin bikin penasaran para pembaca tentang apa maksud dari Cat Go May sebenernya . :D

      #ngebayangin O.o

      Delete
    3. iyah bener banget semacam perayaan gitu :P

      haha , sampe ngebayangin segala ,,,
      gue jadi terharu >.<

      udah ketemu kok judulnya , penerbit lebih suka yang cancut marut ...
      moga lebih bisa bikin penasaran hehe

      Delete
    4. Cat Go May,, perayaan seabis tahun baru cina.. hehehe.. :D

      Delete
  11. kayayknya cita2 lo udah didepan mata ya dot
    ya semoga aja bisa terbit dan penjualan sukses dot :D kebali bakal ada kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yog , maksih yaah ,,,
      amiiin ..
      harus ada yog dibali , semoga pembelinya gak cuma elo sama oges di bali:P

      Delete
    2. Pasti banyak yg beli Dotz, kan ada Yoga sama Oges yang promosin ke teman-temannya tentang buku lo :))

      Delete
    3. Iyah rob .. maksih ..
      elo juga ikut promosiin yaaah :)

      Delete
  12. gak sabar nunggu bukunya terbit. kira-kira seperti apa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling gak jauh2 dari orangnya Vas.

      Gue curiga, nanti halaman buku bukanya nomor yg tercantum malah upil yg bertebaran :))
      Hahaha

      Delete
    2. @javas : hehe , gue juga gak sabar -_-

      @rob : mungkin nanti ada bonus upil eksklusif dari gue rob :P

      Delete
  13. grafindo??? waaaaa.... kereeeennnnnnn.............

    semoga aja terbit.. tapi itu judul bikin mulut monyong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah ... amiin
      makasih ..

      bukannya gaul judulnya ?

      Delete
  14. sepertinya bayu beneran cinta amalo dotz...wkwkw

    setuju sih cancut marut lebih bagus dari 4 rekomendasi judul yg lain..
    moga aja cepat selesai dan diterbitkan. ntar kalau udh beredar smpai pekanbaru gue beli !!
    sukses dot!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada apa ini nyebut-nyebut nama gue, yang pantas disebut itu TUHAN bang.

      Delete
  15. kenapa ya gue bacanya jadi ikutan deg-degan dot -__-
    mungkinkah ini pertandaaaaa :$
    gue cuma bisa bantu doa ya dot,, smoga semua lancar :)
    Tuhan pasti bantu O:)
    dan buku lu harus !! ada diBali yaa..
    kalo nggak nanti gue bete nih :( XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ... pertanda apaan ges :P

      oke ges ,maksiih yaah .. amiin

      pasti ges , ntar gue bilang sama distributornya ..
      dan dibali harus habis bukunya !!! :D

      Delete
  16. weeee..wiiiiw.wwwiiiii
    moga lolos penerbit yak bang....terus gue dikirimin satu ke Jogja..hehehe
    Cancut Marut keren bang..wkwk
    sukses PPL juga bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke amiiin yan :)
      looh , elo kok bisa sampe jogja kuliahnya ?

      amiin thanks yaaah :)

      Delete
  17. . . widichhhhhhhh,, ntar kalo udah jadi, jangan lupa aq dikasih 1 ya pil buku nya?!? awas kalo aq gak dikasih gratisan. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. elo kok punya mental gratisan segala siih ..
      diborong donk , biar di SUrabaya stoknya abiis :P

      Delete
  18. wah, selamat ya.... keren..

    untuk judul 1 dan 2 jangan lah, terlalu umum, udah banyak yang pake kata 'catatan'

    ReplyDelete
  19. Aku doain moga bukunya sukses... ntar kalo sudah terbit saya bantu promosiin di sini.. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu rul ..
      amiin

      siiip deh, elo emang teman yang baik :))

      Delete
  20. Coba aja di share isi tulisannya.. sapa tau tman2 blogger ada yg bisa bantu mencarikan judulnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ketemu judulnya kok :)
      yaah moga aja bisa lancar prosesnya ...

      Delete
  21. gue doa'in dech mga buku lo bner2 di terbitkan..
    amin........
    Cancut Marut lebih keren mas bro...lebih membuat penasaran orang gmana isi dari buku lo...
    Ga kebayang dech kalo judul ada Cancut2nya..eheheheh...
    kalo di tempat gue Cancut iitu CD mas bro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin ..
      amaksih yaah ..

      iya deh , moga calon pembeli dan pembaca lebih semakin penasaran ...

      ditempat gue cancut itu sempak beda tipis sama CD heee

      Delete
  22. Tetap tenang Dots, jangan berkecil hati, waktu seminggu itu belum seberapa untuk menunggu hasil , sebulanpun gak jadi masalah selagi masih masih ada kemungkinan judul yg lo ajukan diterima :))

    Sebagai sahabat gue ingatin,Jangan pernah berhenti untuk "BERHARAP"!

    Jangan lupa berdoa*Sok ngingatin
    Hahaha

    Semua kemungkinan bisa terjadi Dots, jangan ulangi lagi kalimat ini "Mungkin gak yah, orang kaya gue bisa beneran nerbitin buku?"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya rob, makasiih yaaah :))

      semoga proses buku gue lancaaaar ...

      semangat !!

      Delete
  23. Ciiieeee kakak yang udah mau terbitin buku. Asiiik. Semoga jadi ya ^^

    Cemunguuthh eaa XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah , makasiiiih :)

      siip , c3mUnGudH cLaLuuw ceti4ph ca4th ^^

      Delete
  24. Semangat kawan...
    apa adanya aja degh...y terbaik..!
    sukses yaa bukunya... heheh

    ReplyDelete
  25. Gw sekalian curhat ya, ceritain pengalaman gw kirim naskah:

    prosesnya lama lho bro...

    gw dulu juga gitu, ngirim naskah cerita2 dari blog gw ke beberapa penerbit, kenapa bukan cuma 1 penerbit? coz belum tentu keterima, dan gw gk mau nunggu lama utk sesuatu yg gak pasti, jadi gw kirim ke beberapa penerbit sekaligus, strategi gw adalah, penerbit, manapun yg duluan merespon utk menerima naskah gw maka gw akan menghubungi penerbit2 lain yg sdh gw kirimin, utk ngebatalin naskah gw yg blm mereka respon (prinsipnya, siapa cepat dia dapet, hehe)

    itu gw kirim sekitar nov atau desember 2011, baru ada yg merespon sekitar feb atau maret dari penerbit wahyumedia (http://www.wahyumedia.com/katalog/buku-umum/shop.product_details/59/flypage.tpl/1020)

    sedangkan dari penerbit lain ada yg menolak ada juga yg gak merespon.

    eniwei, itu masih dalam proses peninjauan dulu selama beberapa bulan, utk dibaca isinya, ngantri lama bos, coz naskha2 lain yg kudu diperiksa ama editor juga banyak yg udah ngantri duluan sebelum naskah kita, alhasil setelah beberapa bulan kemudian sekitar mei atau juni gw dpt kabar dari penerbit kalo naskah gw baru kelar diperiksa dan diputuskan untuk diterbitkan, tapi nunggu lebaran kelar dulu.

    jadinya oktober kemaren baru naskah gw masuk editing final dan diseign covernya dan masuk percetakan, percetakan tuh butuh waktu lama juga, hampir setengha bulan, coz buku kita kudu dicetak sampe ribuan copy, itu butuh waktu lumayan lama,

    setelah itu baru di distribusikan ke gudang2 toko buku seluruh indonesia, ini juga butuh waktu beberapa minggu,biasanya yg paling cepat tuh jabodetabek dulu, baru mulai disebarin kemana2 seluruh indonesia.

    buku gw sendiri sih, penerbitnya kerjasama juga dengan toko buku online bku-plus (http://www.buku-plus.com/detail/non-fiksi-1227.html) jadinya selain bisa dibeli di gramedia, buku gw (ngupil itu indah) juga bisa dibeli di toko buku online ini, jadi prosesnya sampe ke rak toko buku, bisa makan waktu hampir setengah tahun atau lebih lho, kambing jantannya si raditya dika juga gitu, butuh sekitar 7 bulan proses, baru bukunya sampe ke rak toko buku,

    so yg sabar aja ya boss, coz emang gitu prosesnya, ngantri lumayan lama, hehe, tapi hasil penantiannya sepadan kok

    good luck ya bro...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah sangat membantu sob curhatannya ...
      thanks banget , gue masih awam jadi belom tau apa-apa ..
      tapi punya elo prosesnya lama banget yaah ..

      bener siih , saaabaar ... yang penting endingnya memuaskan :)

      sip .. thengs banget ..:)

      Delete
  26. Kaaak -_- kalo udah terbit aku mau yang gratisan ya? u,u

    Envyyyyyy *eh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. eheemb ...
      mental gratisan ...
      beli bukunya ntar gue kasih gratis upil 1 deeh ..:)

      Delete
    2. Ish -__- calon orang kaya sombong tuh kak :'(
      Gak mau upil. Upil gue udah banyak :p

      Delete
  27. kunjungan perdana sob :) sambil baca2

    visit, koment, n follow back y di blogq :)
    http://achsanarea23.blogspot.com

    ReplyDelete
  28. jgn lupa kunjungi juga my blog at http://aanborneo.blogspot.com/
    d tunggu like n follow nya ea...tr Q blz follow n like back trims...

    ReplyDelete
  29. jangan lupa pil.. kalau udh jadi tuh buku bagi2 ke gue.. :D

    ReplyDelete