Cancut Marut Semakin Dekat

10/13/2012 10:19:00 am


Setelah berminggu-minggu gak ada kabar dari Grasindo mengenai naskah gue. Akhirnya, disuatu siang yang cerah dan berkeringat. Ketika gue masih ngeliatin guru ngajar dikelas (lagi-lagi) 3B. Gue dapet sms dari Anin (kelak jadi editor buku gue). Dia bilang, “Edotz, nanti bukunya judulnya Cancut Marut yah.. Kalo bisa nanti soft file naskahnya dikirim ke emailku”

Sebuah sms singkat yang sanggup bikin gue menggelinjang....

Gue hampir gak bisa berkata-kata. Gue mangap-mangap gak jelas  dan bilang, YES !!!! Siswa didepan gue ngeliatin gue dengan tatapan nanar. Ada ketakutan yang terpancar dari sorot matanya. Mungkin dia berpikir, “Pak Edotz, ngeliatin pantatku mulu, aku takuuut....”

Gue gak peduli apa yang ada dibenak siswa depan gue. Gue gak peduli. Gue masih seneng banget. Masih menikmati euforia naskah gue diterima penerbit Grasindo. Gue ngerasa keren banget hari itu. Saking ngerasa kerennya, gue sampe lupa bernapas.
*Terdengar yel-yel Chibi..chibi..chibi... Haa !! Haa !! Haa !! Haa !! dari kejauhan*

Gue segera buru-buru pulang ke kontrakan, pengen cepet ngirim naskah. Gue pikir setelah itu semuanya beres. Ternyata dugaan gue salah. Gue baru tau, nulis buku itu gak semudah pipis dicelana...

Sore itu, sebelum gue sempet ngirim naskah. Gue dapet telpon dari Anin.
Intinya, Naskah gue mau masuk proses editing. Sebelum itu, tolong dirapikan lagi dan yang paling penting, naskahku disuruh revisi lagi cari benang merah dari awal sampe akhir. Sehingga ada sebuah tema yang bisa diambil.

Gue Cuma bilang, “Ooh... Oke mbak, siaaap !! siiip !!!”

Begitu telpon ditutup gue bingung setengah mateng. Gimana bikin benang merah dalam cerita gue?

Akhirnya gue seleksi lagi bab-bab dalam naskah gue, yang sekiranya susah buat disambung-sambungin. Gue kick. Biar sesuai akhirnya gue bikin lagi beberapa tulisan baru.

Bukan hal yang mudah. Soalnya fokus gue mesti terbagi sama kerjaan di PPL. Mesti bikin RPP, mesti bikin media pembelajaran, juga mesti pake cream malem. Biar jadi ganteng itu bukan hal mustahil bagi gue.  Walopun gue jadi sering lupa ganti kancut. Gue tetep gak ada masalah sama selangkangan. 

Blog gue juga mulai jadi jarang keurus. Gue sebenernya ngerasa berdosa banget. Tapi, ini semua demi kebaikan bersama. Blog gue pasti bisa ngertiin gue dengan baik.

Dari naskah awal sampe revisi. Hampir 70% tulisan gue berubah bentuk. Inilah absurdnya naskah gue. Aneh memang, gak seperti naskah awalnya. Naskah gue berevolusi dengan baik karena editor gue memberi kebebasan penuh pada gue buat mengolah naskah gue.

Begitu udah jadi, gue kirim via email, dikoreksi Anin. Kasih beberapa catatan, Gue revisi lagi. Begitu seterusnya sampe naskah gue bener-bener keliatan ganteng. Sekarang sih... semua udah hampir selese. Tinggal beberapa poin lagi yang perlu dibenahi. Semoga buku gue bisa cepat mendarat di rak toko buku. :)

You Might Also Like

108 Upil

  1. asssekkkkk secepatnya dotz gue tunggu :D
    ganteng banget sibuk tapi tetep bisa nulis dengan berbagai ide ngocol. salud :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe .. iya ges , makasih ...

      lo bisa ajaa ... yang ada ide2 gak mutu ges ..yang penting nulis sambil hepi :P

      Delete
  2. siiiippp....:DDD
    congratzz broo...

    tapi biasanya nanti, ama editornya di re-check lagi semua hasil editan lo tadi, dan ada kemungkinan juga si editor kasih masukan atau minta ijin lo untuk mengubah (menambah atau mengurangi) beberapa kalimat atau kata di buku lo...

    selama pengubahan itu tidak begitu significant mendingan lo nya iya-kan aja, coz kalo lonya ngotot gk mau diganti kalimat/kata itu maka bakal tambah lama prosesnya, atau setidaknya kasih alasan yg masuk akal kenapa kalimat atau kata itu gak mau lo ganti.

    eniwei, terus jalin kontak yg intensif dgn editornya, minta nomor hape dia kalo perlu, supaya lo bisa sms-an kapanpun misal butuh masukan atau ada pertanyaan.

    good luck with your book ya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo masalah ngedit2 gue percaya banget sama editor gue bro ..:) jd gue gak deg2an .. hee

      iyaah, kalo maslah itu aman deh ..
      gue udah tukeran nomer hp sampe tukeran pin BB..
      sayang beberapa hari kemudian BB gue ilang :P

      tengkyu yaah ...
      semoga buku lo juga sukses :)

      Delete
  3. Gak sabar lagi Dots, nunggu buku lo.

    Semoga semuanya lancar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar nunggu aja rob ... hehe

      iyaa , amiin
      makasih yaah ..

      Delete
    2. Yah sip :)

      Sama-sama Dotz,.
      Oh yah, gimana kabarnya rambut lo, masih rontok?
      Hahahaha

      Delete
    3. oke roob ...

      haha , iya masih ..
      tambah tipis sekarang -_-
      ntar dibuku gue juga ada cerita rambut gue yang rontok :P

      Delete
  4. gue kirain udah diterbitkan, tapi gpp deh gue masih setia menanti :D. menanti buku loe ditolak haha Just Kidding

    ReplyDelete
  5. covernya mana? udah gak sabar pngn liatnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti vas , ini lagi proses covernya ..
      kalo udah jadi pasti tak kasih liat diblogku ...

      Delete
  6. Wah.. wah... selamat yaa pa Edotz, Alhamdulillah turut seneng... nanti aku beli deh bukunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makasih :)

      siiip , seneng deeh kalo denger ada yang mau beli gak minta gratisan :)

      Delete
    2. okee dehh, hmm... doain aku juga yaa moga buku ku juga bisa cepat terdampar di rak-rak toku buku terdekat, hehe...

      Delete
    3. Wiiih kamu juga udah bikin buku yah ..
      judulnya apaan ..
      gue doain deh ,moga sukses ..
      jangan lupa kasih kabar yah kalo udah nongol

      Delete
  7. Replies
    1. hehe , belum nongol bukunya belum keren rul ..

      Delete
  8. waw.... gak sabar nih. penasaran sama isinya... hihi...
    nanti kalo udah nongol di rak toko buku alias udah terbit, kasih tau ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe , simpen dulu penasarannya ..
      pasti dikabarin deeh...
      dibeli yaah :P

      Delete
  9. semoga berhasil kawand,.,.
    banyak yng jadi penulis, jadi pngen juga ni jadi penulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thengs sob ...
      elo juga bisa kok, diniatin aja ..:)

      Delete
  10. AAA ABANG KECE BANGET DAH >,<
    Kalo udah terbit, gue tunggu kiriman bukunya ya :)
    Nanti gue kasih alamat rumah gue :D
    Muahahahahahaha

    ReplyDelete
  11. waaaah semangat kadotz yaaaak!!! cemungudh cemungudh hak hak hak!

    nggak sabar ane nunggu gretongan ane :3333 *muka mupeng* mwhihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah tengkyu ...
      mmm .. km keselek charger laptop yaa ?

      gratisan ? omg ....
      gue kasih covernya aja ya ..

      Delete
    2. keselek idung nih-_-

      no no no! gue maunya gretongan bukunya ya.. sisain pokoknya itu buku buat gue *kemudian tebar menyan*

      Delete
  12. semangat bang..udah di depan mata... :D
    idem javas, gue pengen liat tuh cover booknya bang :D
    penuh upil meler2 kah?
    jiahahaha...
    sukses bang PPL, RPP, dan bukunya @w@

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya siip , makasih ..
      tenang aja pasti nanti covernya di share disini :P

      okeh thengs yaaah

      Delete
  13. kapan sih diterbitkannya dotz,,dri kemaren blum2 juga..hhe
    tpi emg harus sbar sih menuju kesuksesan,,sya tnggu ya cancut marutnya,,jangan pasang harga mahal2 klau bisa gratiskan aj,,ckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lancar bulan depan udah nongol.. doain yaah :)
      pliis jangan minta grtisan -___-

      gak mahal kok santai aja hehe

      Delete
  14. aseekkkk udah 70% berarti bentar lg B) kebali bkal nyampe kan dot? penasaran gue sama isi2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa yoog , moga aja bentar lagi finish ..

      pasti nyampe ...
      elo harus bantuin promosiin yaaah :D

      Delete
  15. wow...keren, turut senenggg...goodluck!

    ReplyDelete
  16. wah ga sabar nich bang hehe*nunggu bgt

    semoga sukses dan bakal cepet di terbitkan bukunya*cemungudh2 kakak hehe

    ReplyDelete
  17. wih semangat ya bang , gua doakan lu dari sini :)
    cepet keluar dah bukunya ..

    ReplyDelete
  18. satu kata aja bro

    pasti sukses tuh buku dan laku keras kayak obat panu di pasar malem :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. okeeeh thanks ...

      permasalahannya .. yang elo omongin gak cuma satu kata :D

      Delete
  19. gue tunggu bro buku lo...
    buku lo perwakilan dari harapan para bloger sesat disini :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. thengs yaaah ...
      hehe , semoga blogger lain juga pada nyusul :))

      Delete
    2. semoga gue dan yang lain juga bisa nyusul...
      amin :)

      Delete
    3. iyaaah amiiin ...
      diniatina ja , pasti bisa :)

      Delete
  20. sumpeh bro gue ngiri banget ,,,,, pengennnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja .. jangan cuma ngiri
      elo pasti juga bisa kok bro :))

      Delete
  21. . . kalo aq sich,,lagi nunggu dapet kiriman buku penulisnya upil. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooowh ... nanti tak kirimin eksklusif bonus upil dari gue
      tunggu aja yaah

      Delete
    2. . . yachhhhh,, upil gitu sich. puwit ma aq. huhh . .

      Delete
    3. elo kan udah gak kuliah ...
      mental gratisannya tolong dikurangin ... -______-
      pliis ...

      Delete
    4. . . gak bisa pil,, ini udah melekat banget. huhh. oia pil,, jangan lupa kunjungi blog lama aq. ocae,, . .

      Delete
  22. Ciee kadotz bukunya mau nampang di rak toko2 buku -_- selamat ya :) Jangan lupa syukuran *eh

    ReplyDelete
  23. jadi pengen nulis buku jugaaa...
    :")
    kereeeen!
    sukses kak! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerennya nanti yah kalo udah keluar bukuna\ya .. hehe
      makasiih ..
      elo juga bisa kok nulis buku ..:))

      Delete
  24. waaahh asyiiikkk.. minta satu bukunya *demen gratisan* . hahahahaha

    ReplyDelete
  25. waaaaaahhhhhh keeerennnnn.... nungguin covernya nih.. wajib ya sobat blogger yang menyaksikan lauching cover pertama...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah siiip ...
      kalo covernya udah jadi pasti nanti dipublish dulu kok :))

      Delete
  26. pekanbaru menanti cancut marut...hehe

    sukses ya bentar lagi selesai tuh...dan PPL nya juga jgn smpai terlewatkan...hhhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe , siiip :))

      iya amin , makasih yaah ..
      sipp deh ..

      Delete
  27. Hai, ada yang mau ikut lomba blog bertemakan komedi? Kalo mau cek www.seekoryunus.com yah! :)

    ReplyDelete
  28. Asik Ask Asik,,Gue siap jadi tester pembacanya Pak...Ai Hi Hi Hi

    ReplyDelete
  29. coba, kalo ada gratisan tolong hubungi.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaah ,,, mental gratisannya keliatan banget -_-

      Delete
  30. asiik novelnya bang edot bakal mau terbit, ehm, sekiranya di banyuwangi atau gak malang ntar ada kan ya? ada aja deeeh. gak sabar mau baca :) sukses buat bukunya ya Pak Edot :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe , dibeli yaaak :P
      pasti ada deh , ntar gue pastiin :D

      okeh ,amiiin ...
      thanks dit :)

      Delete
  31. wew, nambah dah yang jadi penulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah , amiiin ..
      moga jadi penulis beneran deh gueh :)

      Delete
  32. waaa kak edot mau nerbitin buku...ditunggu kakak bukunya! selamat ya kakak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa , maksiiiih ...
      dibeli yaaah , jangan minta gratisan :)

      Delete
  33. Semangat Mas Edo, semoga sukses :D

    Bagi-bagilah waktu sebaik mungkin untuk keduanya (^,^)b

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yan , makasiiih yaah ...

      siiip ...
      itu pasti

      Delete
    2. Gimana - gimana kbrnya buku Mas Edo ?.

      Sudah tahab berpa ?.

      Delete
    3. tinggal cover sama nyari endors nih yan ...
      untuk naskah sepertinya sudah fix , , ,
      doain moga cepet yaah :))

      Delete
  34. perasaan udha baca plus komen, tapi ko ga ada ya dotz.

    gue juga baru tahu, kalo prosesnya itu lama ga semudah boker dicelana.

    sumpah gue ga sabar liat bukunya, moga aja cepat kelarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin koneksinya lagi galau bay , jadi gak nyampe sini
      santai aja ..

      okeh siiip ...
      amiiin

      Delete
  35. wahhhhh,,hebat bang edotz,,,aku kasih kamu tepuk tangan jauhhhhhh.......
    jadi gak sabar pengen baca,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah makasih ..
      asal jangan tepuk ketek aja ..
      iyah , beli loh .. jangan pinjem

      Delete
  36. jangan lupa ya..kirim ke Malaysia.. Mau ada tandatangan juga ni

    ReplyDelete
  37. *turutbahagia
    nanti anak murid lo yang slalu ketakutan sama lo, bakal mendadak menjadi suka sama lo dot, gue yakin itu.

    "pak..pak, minta tanda tangannya dong, di pantat..." :D

    SELAMAT EDOT, asooy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ...
      thengs
      kalo murid gue mendadak suka , gue lebih gampang buat nyari pantat yang pas :D

      Delete
  38. gue juga nulis buku nih.. tapi baru cover'nya doang... hehehe.. :D
    mantap sob.. lanjutkan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah keren ...
      kalo udah jadi cover belakangnya kabarin gue yaaah ..

      Delete
  39. wuihhh.... mantap bang :D kereeenn (tp ga termasuk yg suka lupa ganti cantut itu loh yaa) wkwkwkwk
    ga sabar nih mau liat wujud buku nya..
    sukses teruss yaa go chibi..go chibi..go.. \^0^/

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerennya kok pilih2 siiih -_-
      iyah gue juga gak sabar ... pengen ganti cancut :P

      thengs yaah ..
      iyah chibi2 :P

      Delete
  40. mantapss... kalo udah ada bukunya... ntar kasih info ya..? gue mau beli.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iiih asiiiik ...
      siiip deh . pasti gue kabarin nanti :)

      Delete
  41. enak ya bang udah bisa nulis buku. coba saya bisa kayak gitu bang. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak kalo dinikmatin :)
      elo belum nyoba kan ? dicoba dulu ... pasti bisa :)

      Delete
  42. waaaah selamat yah bang. gak muda loh bisa sampe ke tahap yg skg lo kerjain bang. so, keep fight!!! SEMANGAAAAAAAAAAAT :pp

    ReplyDelete
  43. Replies
    1. iya mas bramz ...
      semoga bisa cepet terbit ...:)

      Delete

  44. Sukurlah,.
    Hahahaha


    Tambah penasaran aja gue sama isi buku lo Dotz :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketawa elo gak enak banget rob :D

      haha .. yang penting begitu udah nongol dibeli yaaak :D

      Delete
  45. ini catatan ga mutu yang ke berapa ya?? hehe piss ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. berapa yaah ? gue gak bisa ngitung ...
      matematika aja gak lulus ...

      Delete
  46. ciyeee selamat ya ^^ share cover nya ya.. nanti saya cari di gramedia :D ^^ sukses buat anda,kunjungan perdana nih,membalas kunjungan anda tempo hari maaf telat saya nya haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa makasiih ...
      covernya masih dalam proses .. pasti nanti di share kalo udah jadi ...
      iyah jangan cuma dicari tapi dibeli yaak :P

      salam kenal :))

      Delete

FanPage