Serasa Uji Nyali Belanja di Shopee

Setelah berdebat lama dengan diri sendiri, saya mengambil keputusan yang bisa dibilang terlalu berani dalam perjalanan hidup saya..

Beli iphone lewat online di Shopee.

Bagi sebagian orang mungkin ini hal yang udah biasa, liat-liat produk yang dipengen, masukin keranjang terus bayar, tinggal beraktivitas lagi seperti biasa sambil nunggu barangnya dateng ke rumah.

Saya juga sebenernya udah biasa beli online, tapi nggak sampe transaksi yang nilainya lebih dari sepuluh juta. Saya suka ngerasa parno sendiri, beli barang mahal kalo ternyata pas sampe rumah ada kendala, duuuh... nangis nggak tuh, ngurus proses komplainnya, ngumpulin buktinya, pasti bakalan melelahkan dan makan waktu.

Pengalaman saya ‘berani’ belanja online termahal sebelumnya mentok di lima jutaan, waktu itu tiba-tiba sifat konsumtif saya bergelora pengen beli PC. Seolah kena genjutsu, tanpa sadar saya checkout, lalu deg-degan gelisah nunggu barangnya dateng.

Meskipun pada akhirnya PC-nya datang ke rumah dengan keadaan baik-baik saja, tapi tetep aja sih rasanya agak was-was saja tiap belanja barang mahal di online shop.

Membeli iphone secara online sebelumnya nggak pernah ada dalam pikiran saya. Selain harus bener-bener neliti dulu profil tokonya, saya juga harus bener-bener yakin milih ekspedisinya. Soalnya memang beberapa kali kejadian ada orang beli iphone datangnya sabun, ada juga orang beli iphone barangnya dibawa kabur sama kurir ojek online.

Ngeri banget nggak sih... ngurus hal beginian, permasalahannya ditentukan oleh pihak marketplace yang kita nggak tahu orang marketplace-nya ini memang berkompeten apa nggak ngurus hal beginian. Soalnya kalau ada keluhan-keluhan kayak gini biasanya kan jawaban dari pihak marketplace terlalu template banget, udah gitu yang balesin suka gonta-ganti orang. Misal sepuluh menit lalu, yang balesin chat namanya Yanti, tiba-tiba dapat balesan lagi yang balesin jadi Yanto.

Salah satu alasan saya semakin ragu beli iphone lewat online tuh, karena beberapa waktu yang lalu baru aja kejadian ada mbak-mbak bikin thread di X (twitter) yang beli iphone di Tokopedia pas sampe rumah datangnya batu. 

 


Mbaknya ini ngajuin komplen di Tokopedia dengan segala bukti yang jelas dan tersusun rapi, tapi ternyata, yang terjadi adalah Tokopedianya justru lebih belain sellernya. Proses investigasi ini bahkan memakan waktu hampir dua bulanan. Kebayang nggak kalau lagi butuh cepet barangnya, ternyata ada kendala, malah harus nunggu proses komplain yang alurnya ribet.

Serem banget nggak sih, kalau duit puluhan juta jadi ilang gara-gara entah ulah seller yang curang atau justru ada di oknum ekspedisinya. Yang jelas, hal kayak gini bakalan susah buat ditelusuri, susah buat nemuin di daerah mana paketan ini dibongkar dan dituker dengan batu karena memang setiap ekspedisi pasti berhenti di beberapa kota buat ngambil paket-paket lainnya.

Btw, setelah thread dari mbaknya viral, dan dibahas sana-sini sama akun-akun gede, hasil akhirnya adalah duit si mbaknya dibalikin sama pihak Tokopedia. Untung aja ini tweet-nya viral, bayangin kalau nggak, hasil akhirnya bisa aja nggak sesuai harapan.

Btw, sebenernya saya sama istri udah keliling di dua kota tetangga, Pekalongan sama Tegal, nyari iphone 13 garansi ibox yang warna pink. Tapi setelah diputerin satu per satu, stok warna pink ternyata memang selangka itu.

Karena memang istri ngebetnya warna pink, akhirnya saya coba scroll-scroll di Shopee nyari stok warna pink. Tentu saja saya memilih Shopee karena was-was juga kemarin Tokopedia baru ada kejadian beli iphone dapetnya batu. Beberapa toko di Shopee saya chat nanyain stok warna pink dan ternyata memang stoknya pada kosong.

Sampai akhirnya saya nemu satu toko yang warna pink-nya ready, statusnya Star Seller, tapi penjualannya belum banyak. Saya sempet suudzon jangan-jangan ini bikin fake review sendiri, tapi setelah saya cek lebih dalam, toko ini pengikutnya udah lumayan banyak--ada seribuan, produk lain yang terjual juga ulasannya bagus.

Dengan mengucap bismillah, setelah memastikan seller bisa kirim langsung di hari saya order, akhirnya saya nekat order di toko ini. Jadilah detik-detik berikutnya saya merasakan deg-degan yang nggak biasanya.

Bayangan-bayangan buruk tentang orang-orang yang apes beli iphone dapetnya zonk terus memenuhi isi kepala saya. Setiap beberapa jam sekali saya ngecek, barangnya udah dikirim belum, setelah dikirim saya cek lagi ada di mana, khawatir di tempat transit ada potensi barang dibuka sama oknum terus diisi dengan barang tidak berharga dan dilakban ulang.

Minggu pagi, saya ngecek lagi posisi barang udah sampai mana, ketika akhirnya barang sudah mendarat di kota Pemalang, selesai dari upacara hari kesaktian pancasila di sekolah. Pulangnya saya langsung mampir ke gudang Shopee Express.

Disitu banyak kurir-kurir yang lagi pada milihin paket yang mau dianterin. Saya bilang ke salah satu kurir buat dicariin paket saya, untung kurirnya juga kooperatif, nggak butuh lama paketan saya ketemu.

Bentuknya kardus coklat lumayan gede, agak was-was juga ketika paketan saya itu rasanya kok enteng banget. Duh... jangan-jangan ini nggak ada isinya sama sekali, jangan-jangan ini isinya cuma bubble wrap. Saya semakin deg-degan, ingatan tentang orang yang beli iphone hasilnya zonk muncul lagi dalam pikiran saya.

Segera, hal pertama yang saya lakukan adalah langsung ngecek kondisi fisik paketannya, ada bekas lakban yang dipotong atau nggak, bentuk fisik kardusnya terlihat rapi atau nggak. Saya juga ngerekam paketannya untuk jaga-jaga kalau hal apes menimpa saya hari itu.

Dalam perjalanan balik ke rumah, rasa deg-degan saya mengalahkan segalanya. Akhirnya saya berhenti di sebuah toko yang masih tutup, paketnya saya unboxing disitu juga. Saya nggak bisa lebih lama lagi nahan penasaran sama isi di dalamnya.  

Meskipun agak susah juga megangin hape sambil unboxing paket, saya tetep berusaha membuka paketnya dengan bantuan kunci motor. Setelah kardus berhasil dibuka, di dalamnya ada lapisan bubble wrap tebel banget.

Saya buka lagi lakban yang nempel di bubble wrap pakai kunci motor, lalu saya buka lilitan bubble wrap yang panjang banget itu. Sampai akhirnya, setelah lilitan bubble wrap itu habis, saya sedikit bernapas lega ketika melihat ternyata di dalamnya memang isinya iphone 13 warna pink.

Namun, kecemasan saya belum benar-benar berakhir, saya harus memastikan di dalam dusbook-nya kalau memang di dalamnya isinya bener-bener iphone. Saya segera pulang dan menyerahkan iphone ke istri.

Proses unboxing kedua kali berjalan dengan sedikit deg-degan, alhamdulillah di dalamnya beneran ada iphone. Rasanya bener-bener lega banget. Setelah dilihat-lihat lagi dengan pikiran yang lebih tenang. Ternyata dus paketan ini nggak ada keterangan iphone, jadi bisa meminimalisir orang ekspedisi baca dan muncul niat usil.

Btw, asli deh...beli iphone di Shopee ini beneran bikin deg-degan dan nggak tenang, walaupun endingnya sesuai harapan tapi kalau misal saya harus ngulang lagi kayaknya mental saya nggak siap.

Posting Komentar

14 Komentar

  1. Kak Edot, aku bisa relate dengan perasaan Kakak 🥲. Pernah ngalamin hal yang kurang lebih sama dan itu deg-degan banget sebab sering baca thread yang kena tipu-tipu 🥲. Begitu barangnya sampai rumah langsung rekam sana-sini sambil berharap semua aman-aman saja biar nggak perlu klaim ini itu 😂. Urusan klaim tuh paling magerrr banget sih 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, soalnya emang khawatir kalo barangnya sampe kenapa2.. sampe udah siap2 rekam yang jelas buat antisipasi, soalnya emang kalau udah masuk ke klaim bisa makan waktu berhari-hari, malesin

      Hapus
  2. Selalu takjub dengan orang-orang yang beli barang elektronik dengan harga jutaan di toko online, kok berani??? Wkwkwkwk can't relate. Barang elektronik termahal yang pernah aku beli di online shop cuma speaker deh kayaknya, gak berani soalnya beli hp atau pc di sana. xD Selain barang elektronik, biasanya yang nggak dikasih keterangan itu kalau beli underwear.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan ada yang berani beli barang sampe di atas 20 juta, itu pas nunggu barangnya dateng bisa tidur nyenyak nggak ya? 😁

      Hapus
  3. Setahun lalu pernah beli Playstation lewat Shopee, mana beda pulau, jadi berlipat ganda deg-degannya. Pas checkout lupa sekalian checkout packing kayu, makin khawatirlah. Beruntungnya dibonusin packing kayu sama sellernya. Mungkin sellernya juga khawatir kalau nanti dikasih rating rendah gara-gara packing. :')

    Memang kalau beli barang elektronik/bernilai gede mending offline aja. Kecuali kalau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung sellernya inisiatifnya bagus ya, jadi packing bisa aman. Emang mending gitu sih, daripada tetep milih kirim apa adanya, barang rusak, pembeli komplain, seller malah rugi

      Hapus
  4. Saya tahun lalu juga beli laptop second si Shopee, asli deg-degan banget. Alhamdulillah nggak ada masalah. Tapi kayaknya kalo mau beli barang elektronik lagi, nggak bakal lewat online. Mending pake cara yang bikin hati tenang aja. 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mbak, emang udah kayak uji nyali aja belanja barang online kalo harganya lumayan 😃

      Hapus
  5. aku masih nggak berani untuk order online barang-barang yang nilainya gede, kayak laptop atau hp. Memang banyak thread di twitter yang bisa membuat kita ambil hikmahnya juga
    tapi kalau ketemu yang namanya apes, memang nggak bisa diprediksi

    kadang kita juga bingung mau nuduh siapa, ada baiknya kalau order barang bernilai besar harus ada videonya juga. Banyak juga oknum expedisi yang suka tergoda buat usilin paketannya konsumen, sampe sampe ada yang diganti kardus kosong atau apalah itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kadang alasan belanja online tuh karena harganya selisih lumayan sama toko offline.. tapi resikonya gede 😅

      Nah itu, kadang kita juga nggak tahu sama oknum ekspedisinya ada niat curang apa nggak

      Hapus
  6. Kayaknya aku termasuk yg ga berani mas 😄. Lebih suka beli langsung di official store nya kalo utk gadget. Dan lagi Krn aku rada gaptek yaa, DTG langsung ke toko, lihat barang dan belajar paham specsnya dari si staff 😄. Kadang kan ada beberapa features yg agak beda mungkin, jadi aku selalu minta staffnya tunjukin cara penggunaan buat features yg masih baru.

    Semahal2nya yg pernah aku beli online dr tokped itu Logam Mulia 10 gr sih dr toko langganan. Tapi lagi males aja ke tokonya 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, salah satu enaknya beli offline ya itu.. bisa dibantuin settingin sekalian diajarin sama karyawan tokonya.

      Beli offline emang lebih bikin tenang mbak Fanny 😄

      Hapus
  7. Suka deg-degan ya kalau belanja barang mahal di toko online. Paling aman memang mencari yang level tokonya sudah resmi dan reviewnya nyaris sempurna, walaupun bukan jaminan juga. Beli offline paling aman, tapi harga ya agak mahalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, kalau udah nggak itung2an lagi sama selisih harga udah paling tenang belanja offline aja

      Hapus