Derita Gue Waktu Ospek (dulu)

Gue mau berbagi cerita pengalaman ospek gue, sebagai mahasiswa yang termasuk ke dalam kategori “enggak cakep”
*hening -  ambil napas bentar*

Hari itu hari dimana gue pertama kali ngerasain jadi mahasiswa. Rasanya kaya diupilin om-om berkumis, dicium om-om berkumis dan dicabuli om-om berkumis. Menggelinjang banget, ada rasa bangga dalam diri gue waktu pertama kali gue resmi jadi mahasiswa, pake almamater. Dan ikut ospek.

Waktu itu gue masih berpikir gue ini kategori cowok cakep. Seperti cowok lainnya yang menganggap diri sendiri cakep. Target pertama begitu jadi mahasiswa adalah cari gebetan. Karena gue termasuk tipe orang yang gak bisa berpikir panjang, maka beginilah cara gue cari gebetan waktu itu :

Gue nulis nomer hape gue dimana-mana. Di kertas-kertas kecil, tembok, dan juga di papan nama gue dengan angka-angka yang cukup gede.

Di kertas kecil, gue tulis “ Cowok Ganteng 0897****.. Call me Yaah”     
                                  
Terus gue tulis lagi  “cowok ganteng jomblo, 0897****..hubungi akkuh sekarang eaah”

Dan hasilnya....  ada sebuah sms masuk.
Gue deg-degan banget, biar gak kelamaan segera deh gue baca.

“ Pelanggan Yth. Masa berlaku kartu anda akan habis pada *gue lupa*. Segera isi ulang pulsa anda, demi kenyamanan berkomunikasi “. *bengong*
Itu adalah sms pertama dan terakhir pada hari itu.

Seharusnya gue tau, cowok yang menganggap dirinya cakep gak akan pernah sehina itu. Nyebarin nomer hapenya sendiri kemana-kemana. Sambil promosiin diri sendiri. Kebanyakan cowok cakep justru cool, keren, santai dan slow.

Sejak saat itu gue jadi tau, gue enggak cakep.
#jleb

Gue mencoba berbesar hati saat menjalani masa-masa ospek. Gue sadar, walopun ada banyak cewek cakep bertebaran disekitar gue. Hampir mustahil rasanya gue dilirik sama cewek-cewek. Penampilan gue waktu dulu emang cupu banget. Pake baju putih kegedean, almamater kegedean, wajah berminyak dan gue dekil. Untuk penampilan seperti ini, cuma satu kata kata yang pantas menggambarkan kondisi gue, Cupu. Beda dengan gue yang saat ini, agak cupu.

Menjalani masa-masa ospek sebagai kategori orang cupu sangatlah tidak mudah. Gue Cuma bisa bengong liat cewek-cewek mahasiswa baru berlalu lalang di depan mata. Sesekali gue nelen ludah. Gak nyadar dilalerin. 

Gue orang gak ganteng yang tau diri. Karena itu gue lebih milih diem, daripada mesti godain anak-anak cewek. Menurut gue itu memalukan, keliatan banget gak lakunya. Gue tanamkan dalam hati bahwa “diam itu cool”. Lebih bijaksana daripada gue dikatain, “ih .. cowok dekil banyak gaya”. Masa depan gue disini baru dimulai, Gue harus mencoba jaga imej gue dengan baik. Sapa tau suatu saat ada cewek khilaf yang bilang gue itu tipe lelaki idamannya.

Ada satu temen gue, dia jauh lebih gak ganteng dari gue. Suka banget tebar pesona. Sok perhatian sama cewek. Ngajakin ngobrol, ngajakin becanda, ngajakin makan di kantin bareng. Belum sempet ngajakin pacaran. Endingnya cewek yang dia deketin langsung nolak dengan berbagai macam alasan yang tidak logis.

“Ryn, maem yuuk”
“Maaf yah ji, aku maem bareng temen2 aja.”
“ya udah aku ikut sekalian gimana”
“Ga usah ji, gak enak sama temen-temen lainnya. Lain kali aja yaah...”
“oh, oke”
*contoh penolakan tersirat bukan tersurat*

“Ryn, maem yuuk”
“gue gak laper ji”
“gimana kalo minum2 aja ?”
“enggak deh, gak tau kenapa liat elu gue jadi gak selera apa-apa”
#jleb
*contoh penolakan tersurat bukan tersirat*

Seharusnya, Temen gue itu tau diri. Orang gak ganteng, lebih baik ga usah berharap terlalu tinggi. Daripada cuma makan ati, mimisan akhirnya bikin stres. Lebih baik, cukup hanya menatap tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia. Itu aja. Gak lebih.

Dengan kata lain, nikmati aja cewek-cewek cakep yang ada disekitar kita. Anggep aja lagi cuci mata, Jangan tambahin angan-angan buat bisa ngedapetin tu cewek. Itu sama aja artinya dengan bagai bersemedi di daun talas. Gak jelas.

Gue sebenernya sering ngiri, liat ada cowok cakep deketin cewek, ngobrol bentar tukeran nomer. Malemnya janjian nyari penugasan buat ospek besok. So sweet.

Sementara gue, ngobrol bentar bareng orang gak cakep lainnya. Tukeran celana dalem, malemnya janjian buat maenan lompat tali. Pait.

Mungkin ceritanya bakal beda kalo setelah hari pertama, gue dateng ke tiap kos terus gue culik orang-orang ganteng yang ada dan gue jual mereka ke om om homo yang biasa mangkal deket toko material.

Gue bener-bener heran, orang cakep dikampus gue itu minoritas. Lebih banyak orang gak cakep disekitar kampus. Tapi kenapa golongan minoritas justru malah lebih gampang dapetin cewek. Ini gak adil. Kalo kayagini ceritanya, kampus bakalan rame dipenuhin sama anak-anak cowok yang pada maen lompat tali. Dan gue termasuk salah satu diantara kerumunan itu.

Ini udah takdir.

Seperti persaingan yang terjadi dalam lingkup “binatang”.
Sekelompok kera laki-laki akan saling bertarung untuk menentukan siapa yang terkuat diantara mereka. Dan pada akhirnya yang terkuatlah yang berhak memilih pasangan yang disukai. Kuat dalam konteks segerombolan kera sama halnya dengan ganteng dalam kamus laki-laki.

Kasus ini juga berlaku bagi burung merak, burung merak akan mencoba melebarkan sayap belakang dan membuat motif seindah mungkin. Hal ini dilakukan untuk bisa menarik pasangannya sesama burung merak. Intinya, sayap terindahlah yang memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pasangan dengan mudah.

Gue sempet ngerasa ini gak adil, kalo begitu caranya. Bagaimana dengan nasib merak buruk rupa yang gak punya sayap belakang “seindah” merak lainnya. Sampai kapan merak itu akan bisa menerima kenyataan yang ada ?

Seperti halnya burung merak, manusia terutama laki-laki juga akan melakukan hal yang sama. Mereka mencoba memamerkan “kegantengan” masing-masing untuk bisa menarik hati banyak wanita. Dengan mudahnya, mereka yang dikaruniai ganteng berlebih tinggal milih cewek yang udah kena pesonanya.

Sedangkan cowok seperti gue, bukannya dikaruniai kegantengan berlebih tapi justru dikaruniai upil berlebih. Ini justru bikin gue semakin minder.

Misi gue dari awal mau nyari gebetan pas ospek. Semuanya ilang gak berbekas karena akhirnya gue tau. Masih banyak orang cakep di sekitar gue. Seperti hukum perdagangan yang gue ketahui. Misal, Orang kalo pergi mau beli jam tangan. Orang tersebut pasti akan memilih-milih dulu, nyari mana jam tangan yang paling bagus. Kecil kemungkinan ada orang milih jam tangan yang paling jelek ato lusuh. Itu sama seperti cewek liat orang cakep dan gak cakep. Selalu penampilan dulu yang diliat.

Gue sempet ngerasa bahwa hidup ini gak adil, kalo caranya kayagini. Mungkin selamanya cowok gak ganteng gak bakal bisa ngerasain sensasi berpacaran. Saat gue masih merenung lebih jauh, ternyata gue sadar. Gak selalu jam tangan terindah yang pasti dipilih para pembeli.  Tapi jam tangan yang cocoklah yang lebih dipilih pembeli.

Gak harus jadi cakep buat bisa dapet cewek idaman. Yang perlu dilakukan adalah dengan menjadi diri sendiri sampe ada “pembeli” yang cocok. Dengan begitu, semuanya akan memiliki kesempatan yang sama.

Posting Komentar

64 Komentar

  1. Mengamankan Pertamax, sip mas semangat (^,^)b. Sudah ada yang punya tho ... Mas Edo ?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah bang rayen .. datengnya pagi banget dapet pertamax hehehe

      iya udah ada yg punya
      #kibasRambut

      eh kok tau sih namaku "edo"
      kamu suka aku yaaaah
      *nutupinpantat*

      Hapus
    2. Hehe ... sebelumnya saya belum tahu nama depan Mas, tahunya ya itu Mas Edotz.
      Setelah saya ke klinik tong fang akhirnya saya tahu nama depan asli Mas Edo.

      Ya elah ... saya sukanya sama Kartun Keroopii Mas. *balik ke kolam*

      *Balik lagi* ada yang ketinggalan kolor saya XD

      (bercanda lo ... )

      Hapus
    3. aduuuuh klinik tongfang knp pake bocorin nama pasien segala siiih -_-

      elu cowok kan yaah ?
      kok suka sama keropi .. ya olooooh ...

      yang didalem kolor ketinggalan gak ? haha

      Hapus
    4. Haha ... kena pasien tong fang.

      Cowok dong ... -_-"
      Saya penggemar kartun selain itu saya suka shoun the sheep, caplin, larva, pokemon, dragon ball, dll. Pokoknya yang kartun saya suka semua :D

      Alhamdulilah, cuma jejak pipis dan upil saya yg ketinggalan hehe ... XD

      Hapus
    5. ya olooh tongpang ? kalo gue tongsamchong :)

      semua kartun suka ?
      kartun bokep suka gak mas ? hehehe

      abis makan sendal jept yaah ?
      kok pipisnya bau karet ?

      Hapus
    6. Terima Kasih saya gx suka bokep pernah diajak dan diapusi ternyata diajak nonton naruto tripel X hehe ... :D

      halah -_-" gx tahu klo saya bru makn jengkol toh ... hehe ... :D

      Sepertinya klo pedagangan di taman KB dimintai pengamen juga Mas =O

      Hapus
  2. hahaha terima saja lah kalau emang udah nasib jadi "kurang" ganteng mah :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe , bukan "kurang" bang
      tapi emang "enggak" ganteng -_-

      Hapus
    2. ane udah berusaha buat ga nyakitin perasaan ente bro hahaha, kalau ga ganteng kenapa ente pake PP blogger lagi begaya gitu ? unyu2 gimaanaa gitu

      Hapus
    3. hehe ,,, kalo gue ganteng gue pasti bakalan pasang poto gue lagi pake kacamata , jaket distro n sepatu converse -_-

      Hapus
  3. apes amat nasib lu dotz...yang sabar yah

    BalasHapus
  4. gue terharu kak baca postingan lo yang ini wkwkwk padahal nggak tau terharu kenapa._.v

    mangatse kak dotz \m/ *kemudian joget ala dahsyat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang hatimu terlalu sensitif nak ...
      cobalah lebih tegaan dikit

      eeaah mukuciiih ..
      #guling2

      Hapus
    2. wahahaha gue kan gampang terenyuh kak-_-v

      camawcamaw yak *kemudian hening*

      untung ya kak dotz.. lu nggak nulis nomor hp lo diduit serebuan wkwk gue bingung bayanginnya kalo lo ngelakuin itu wakakaka

      Hapus
    3. iyaah gue tau, hati elu sepertinya terbuat dari jerami...
      entah apa maknanya..xixi

      *heningnya udahan*

      kalo di duit seribuan pasti yang sms gue emak2 warteg ..ckckck

      trus kalo uang duapuluhribuan biasanya yang sms gue homo2 ...
      soalnya tarif mereka segituan biasanya :D

      Hapus
  5. wih, keren dotz, dewasa banget tulisan lo..

    setuju gue, ga perlu lah kita mencari yang cantik yang kita idam-idamin, tapi cukup yang cocok.

    kayaknya emang bener dan gue udah yakin, Ryn emang cocok buat gue :)_

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaahahaha.. yang jelas ini bukan tulisan 17+ bay :D

      iyah, gak selamanya orang cantik selalu pacara sama orang cakep -_-

      ryno karno yang kumisan itu ?
      selamat eeeaaah :)

      Hapus
    2. bukan yang kumisan, yang janggutan dotz :)_
      *frustasi

      Hapus
    3. Wah ... selamat-selamat *tebar bunga teratai*

      Hapus
  6. *buang ingus* suka kalimat di paragraf terakhir dotz !
    gak perlu cakeplah :') tp gue udah cakep gue gak bisa memungkiri itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. setidaknya gue harap elu janga suka sama cowok cakep ges...
      manfaatkan kecakepanmu untuk2 hal2 positif
      jadi tukang salon ato tukang parkir
      jarang loh

      Hapus
  7. cantik itu banyak, tapi sedikit yang bener-bener cocok sama kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benere .. cakep belum tentu bikin kita nyaman bang :)

      Hapus
  8. ni orang keyaknya kudu di motivasi ama Upil yang pake bikini... Nebar kegantengan itu biasa, nah Elu.. malah nebar ketidakgantengan.. mending gini deh, *sok bijak* jadi orang kaya ajah Dotz.. Orang mapan itu lebih ganteng dibandingkan orang tampan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ...
      kalo nebar kegantengan gue takut dikira sesat sama masayarakat rul :D

      mending gak ganteng aja deh ..

      itu paling bener ..
      muka gak ganteng, tumpangannya ganteng ..
      gak masalah

      Hapus
  9. hidup itu penuh cobaan sob,

    salam upil hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue tau , cobaan juga penuh hidup

      salam-an :)

      Hapus
  10. menurut gue sih ya cantik/ganteng itu relatif. dan kegantengan/kecantikan akan percuma bila tidak diimbangi dengan perilaku yang sopan. :)
    gue setuju sama perkataan lo yang " Gak harus jadi cakep buat bisa dapet cewek/cowok idaman " :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iyaaah itu bener , ,
      kadang orang cakep belum tentu bisa bikin kita nyaman :)
      sikap juga perlu diperhatikan ..

      Hapus
  11. itu beneran sob nulis nomor2 hape dimana-mana?

    yang paling bawah setuju banget bro...lakukan apapun yang kamu lakukan dengan tulus dan penuh cinta, niscaya cinta kan mendatangimu dengan sendirinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaah .. gue baru sadar itu hal bodoh banget :D

      itu mantap ..
      gak perlu banyak caper , jadilah keren menurut diri sendiri :)

      Hapus
  12. Apeess Bner Bner Apeess
    Nasib lhu bang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue gak apes ..
      cuma kurang beruntung aja hehe

      Hapus
  13. Sejelek jeleknya laki2 pasti akhirnya laku juga sobat

    hehehe

    santai saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaah bang , tapi gue bukan "sejelek-jeleknya laki2"
      hehehe

      Hapus
  14. haha, gue jadi pengen ketemu sama lo bang Edot xD
    tapi ya, cowok biasa biasa aja, banyak loh yang malah dapet cewek cantik ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketemu sama gue mau ngapain ?
      ngata2 in gue gak cakep yah :(

      iya sih bener, ada juga malah cewek yang cakep malah sifatnya gak asik ... bikin gak nyaman :)

      Hapus
  15. akhirnya sobat gue yg stu ne sdar juga klo cakep itu bukan modal utama,,,
    *terharu :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ...
      percuma cakep kalo gak bisa bikin pasangan nyaman :)
      #cieeee :P

      Hapus
  16. sabar dotz..tulang rusuk ente gak akan tertukar kok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaah :)
      moga putri gue kelak juga gak ketuker ..^^

      Hapus
  17. bener kata ditsa dot. ganteng itu relatif :)
    ga mungkin smua bilang lo ga cakep buktinya gue bilang lo capet :) *ngibur*

    udah gausah diikirin jadi diri lo sendiri itu udah bagus :D
    gue suka kata2 terakhir lo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue terharu :(
      lo bilang gue cakep jangan2 elu naksir gue yoog ...haha
      *nutupinpantat*

      siiip gue udah tetep low profile yog
      besok gue mau ganti nama fb jadi
      "eDoTz c3L4Luw c3rIa cLam4nYa"

      Hapus
  18. hahaha, terkutuklah oprator handpon lu dotz,

    kuliah enak gak dotz, kok kyaknya lu menderita bgt yahh, gwe jadi mikir2 nih mau masuk kuliah atau ngak..?

    #dilemalagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. saking gak adanya yang sms gue yam haha
      jarang isi pulsa

      enak yaam
      gue aja dulu sebelum kuliah cupu
      sekarang jadi agak cupu , lumayan kan wiiiiiw

      Hapus
  19. Terima ajalah...silahkan pergi ke permak terdekat...


    # sejak saat itu aku tau kalo gue ngx cakep

    wakakakakak, kemana aja lo

    BalasHapus
    Balasan
    1. deket gue adanya permak jins
      bisa gak yaah ?

      gue ngadem dibawah telapak kaki ibu bang :D

      Hapus
  20. Dulu CUPU
    Sekarang AGAK CUPU


    manimal lu harus bangga Mr.Dotz, karena status lu setaraf lebih tinggi dr yg dulu.
    Alhamdulilah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget ...
      agak cupu udah cukup bagi gue merasa diri sendiri keen
      haha

      Hapus
  21. Selamat! kamu dapat award. Silahkan diambil di http://zonacupil.blogspot.com/2012/08/award-nu-kahiji-liebster-award.html
    ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ... selamat Mas Edo dapat dua award yang sama dari dua sahabat yang baik Yoga Shena dan Mbak Rospita (^_^)b

      Hapus
  22. gue nyumbang ember plastik aja deh trus siapa yang mau nyumbang tiket ke korea? #operasiplastik #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue operasi sendiri aja gpp yg pnting ada bhannya
      gue bisa kok :)

      Hapus
  23. . . waduch,, udah tau gak cakep. malah mejeng disini n dipamerin kejelekannya. huhh. sungguh tragis idupmu pil. he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. setidaknya gue gak pamerin titit gue kemana2 :D
      uuups

      Hapus
    2. . . wachhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh,, langsung kesurupan pil. he..86x . .

      Hapus
  24. Salam kenal bang dotz,
    ganteng itu memang relatif, tapi jelek alias nggak cakep itu mutlak..
    karena dah mutlak ngapain musti dipusingin.. nah saya aja yang nggak ganteng bisa dapet istri..
    *tapi jagoan kecil saya kok cakep ya??

    BalasHapus