Pak Rebo, Aku Menantimu Gak Hanya di Hari Rabu

Malam hari lebih sering tidak bersahabat pada mahasiswa, karena malam hari mahasiswa hanya memiliki sedikit pilihan menu makan malam. Sebenernya banyak sih, tapi cuma sedikit yang sesuai dengan kondisi dompet mahasiswa. Di tempat gue. Daerah Semarang malem hari jarang banget bisa nemuin warung yang masih nyediain nasi rames. Makanan wajib kaum mahasiswa, salah satunya gue. Kalopun ada, nasi rames yang tersedia gak akan pernah senikmat kalo dimakan di siang hari. Malam hari iklimnya udah beda.

Cuma ada sedikit pilihan menu makanan yang siap saji. Nasi penyet,. Spesifikasinya ada penyet ayam, penyet tempe, penyet telor dan macem-macem. Menu penyetan seperti ini bener-bener identik dengan kehidupan malam di Semarang. Dimana ada warung penyetan, disitulah mahasiswa berkerumun. Dan ditempat itu pula sering terjadi perdebatan dan pergulatan yang cukup kasar saat para mahasiswa rebutan minta dilayanin duluan.

Di tempat lain, ada warung kucingan yang nyediain nasi kucing. Bukan makanan buat kucing, jangan salah paham dulu. Belum ada sejarah yang pasti mengenai asal usul nama nasi kucing. Menurut analisis gue, kenapa dikasih nama nasi kucing itu karena porsinya yang cuma seiprit alias dikit banget. Jadi kaya porsi kucing. Kalo menurut gue sih, kucing aja gak bakal kenyang kalo makan segitu. Tapi tenda-tenda yang nyediain nasi kucing kayagini tetep rame dikunjungin para mahasiswa. Dengan berbagai alasan tentunya, karena tempat nongkrong yang murah ato karena duit di kantong yang udah gak seberapa.

Dan gue, sering bingung tiap malem nyari tempat yang strategis buat makan. Gue pengennya bisa makan sambil tiduran plus nonton tipi. Dimana ? di kontrakan gue tentunya. Gue tipikal orang yang males berjuang buat dapetin makanan. Males ngeluarin motor apalagi kalo mesti jalan kaki. Males nungguin pesenan makanan yang tentunya harus antri. Jelas gak bisa bebas bergerak dan mesti sigap mengingatkan si penjual buat melayani pesanan makan gue yang biasanya ada diskriminasi. Kalo ada orang yang baru dateng, stylenya rapi dan wah banget. Pati bakalan diutamain deh, males gue kalo ketemu yang kayagini.

Pada akhirnya, gue lebih milih nunggu tukang nasi goreng yang lewat. Awalnya gak sengaja ada tukang nasi goreng lewat, dan kesan pertama begitu menggoda. Nasi gorengnya menurut gue enak juga. Mantap deh. Malam berikutnya, gue tinggal nyantai dalem kontrakan, kalo ada bunyi kentongan. Itu tandanya tukang nasi goreng yang misterius itu udah lewat.

Di malam yang rintik-rintik itu untuk  pertamanya kalinya kami pun berkenalan. Dan tidak akan pernah terlupakan, dengan suara lantangnya dia mengatakan, "panggil saja saya Pak rebo mas."
langsung terngiang-ngiang di telinga gue dan gue pun membalas. "saya Edotz pak, bapak pasti lahirnya hari Minggu ya". Gue sok tau. Pak Rebo hanya tersenyum, senyum yang misterius.

Lama-kelamaan, pak Rebo udah jadi tamu tak diundang yang selalu mengundang gue dengan kentongannya yang khas, kalo biasanya tukang nasi goreng mukulin penggorengan. yang satu ini, pakenya kentongan dan buat gue suaranya itu sesuatu banget. Gak cuma memanjakan gue tiap malem, pak Rebo pun jadi idola temen kontrakan gue lainnya. Mereka selalu menanti-nantikan kehadiran pak Rebo, tanpa disadari pak Rebo udah jadi idola baru bagi kontrakan gue. 

Hal yang bikin galau adalah ketika udah ditunggu-tunggu ternyata pak Rebo gak dateng-dateng. Ada rasa khawatir dalam benak gue, ada apa dengan pak rebo ? sedang dimana pak rebo ? setelah hari rabu hari apa ? *looh*
Kalo aja gue punya nomer hp nya pak Rebo, gue pasti udah telpon dan bilang, "kamu dimana ? dengan siapa ? semalam berbuat apaaaa??????  kamu dimana ? dengan siapa ? Disiniii aku menunggumu dan bertanyaaaaa......Pak rebooo..."

Tiap malem gue sering gelisah, kalo dengar ada kentongan, gue langsung lari keluar dan menyambut kehadirannya namun ternyata itu suara penjual siomay. Emang beda sih, terus kenapa gue lari? Pernah ada kentongan berkali-kali gue lari kenceng ke depan dengan harapan itu pak Rebo ternyata itu kentongan adzan Isya. Kok gue jadi sensitif gini ya?

Demi Pak rebo, gue rela menahan lapar. Gue rela perut gue kaya ditonjokin tyson. BUG BUG BUG BUG !! Semua ini terjadi karena Pak Rebo datengnya gak mesti. Kadang Hari senin, selasa,Rabu,Kamis,Jumat,Sabtu,Minggu. Kadang jam tujuh udah dateng. Kadang jam setengah sembilan gak dateng-dateng. Dan gue lebih milih sabar buat nungguin pak Rebo dengan kentongannya. Hati gue selalu berdebar-debar tiap denger suara kentongannya dari kejauhan. Hati kecil gue berkata, apakah ini akhir dari penantian gue ? atau inikah yang namanya cinta? Gue buang jauh semua pikiran-pikiran sesat itu.

Pak Rebo, gue selalu menantimu setiap malam gak hanya di hari rabu. Jangan bosen lewat depan kontrakan gue. Jangan bosen nyediain makan malem buat gue dan temen-temen gue. Jangan bosen dengerin permintaan gue dan temen-temen yang macem-macem. Ada yang minta telor diceplok, ada yang minta telor di dadar, ada yang minta jangan dikasih nutrisari. *ya iyalah*
Pak Rebo gak pernah mengeluh, karena kami tidak pernah ngutang. 
RALAT : Belum pernah ngutang, mungkin kalo kepepet. Bisa aja mulai membudayakan ngutang sama pak Rebo. Semoga pak Rebo diberi ketabahan.

NB : Pak Rebo, lain kali gue pesen nasi goreng iwak peyek yaah.

Posting Komentar

15 Komentar

  1. Ceitanya bagus gan bingung antara campuran sedih ama kocak hehe

    BalasHapus
  2. hahaa... jadi inget tukang baso yang dulu sering lewat depan rumahku,.. kisahnya hampir2 sama begitu.. hehheheee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ...
      kalo gak dia yang jualan rasanya beda sob :D
      lebih milih nunggu :D

      Hapus
  3. betol banget,... ane juga gitu,.. biar tukang baso pada lewat,.. ane tetep nungguin dia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe , udah terlanjur setia ya masbro ...
      kaya setianya Anggun pake Shampoo PANTENE ...

      Hapus
  4. asyik juga nih,, hehehee
    jempol deh,,,,

    BalasHapus
  5. follow sukses... Follow back, Ditunggu... http://seosip.blogspot.com

    BalasHapus
  6. terus pak Rebo nya kemana sih mas? kok ga datang2... jadi penasaran saya.... ayo atuh dimintai alamat dan nomor teleponnya, jd kan ga perlu nunggu2 dalam penantian yang mendebarkan seperti itu... wkwkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak rebo juga punya pelanggan lain yang setia menanti mbak ...
      gue bukan yang pertama di hati pak rebo -_-"

      iyaah ya mbak harusnya dimintain nomer telponnya biar bisa tau posisi pak rebo setiap waktu .. hehe

      Hapus
  7. memang bener, gue juga termasuk orang yang males bang. Salah satunya males dandan karna gue terlahir udah metroseksual banget dah..

    Saran gue, jangan banyak-banyak makan nasi kucing. kasian kucingnya entar bingung mau makan apa? lebih baik nunggu Pak rebo aja, walaupun ampe kribo. (ga tahu komen apa)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaah ..
      beneran bang ?
      gak salah ketik kan ?
      sapa tau niate mau nulis homoseksual banget gitu ...:D

      tetep pak rebo is the best bang ..
      gue rela nunggu walopun harus nunda lapar..
      gue udah sedia oki jelly drink sambil nunggu haha

      Hapus
  8. haha, kangen sama pak rebo melebihi kangen sama ceweknya:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaah :D
      kentongan pak rebo sukses mengalihkan duniaku ...:-*

      Hapus