Kalo Gue Udah Jadi Guru SD, Gue . . .

GURU SD
Saat ini gue masih sebatas calon guru SD, butuh beberapa waktu lagi buat bisa bener-bener jadi guru SD. Mulai hidup di lingkungan masyarakat dan anak-anak. Sepertinya itu menyenangkan sekali. Haaaah, kapan ya gue bisa jadi guru SD beneran.
Gak tau, cuma gue sendiri yang bisa nentuin cepet ato gak nya.
sarjanaSekarang sambil nunggu gue jadi guru SD beneran, gue mau membuat catatan kecil tentang hal-hal yang gak bakal gue lakuin kalo gue nanti akhirnya jadi guru SD. Gue gak peduli kalo ini tulisan gak mutu banget.payahTulisan-tulisan gue, blog-blog gue. Kalo ada yang bilang tulisan gak mutu berarti orangnya juga gak mutu, terserah deh. Anjing mengonggong kafilah berlalu. Kalo gak suka jangan pernah baca tulisan gue dan nengok blog gue. Simpel banget kan. :siga:

Okeh, daripada ngomongin hal yang gak mutu. Sekarang balik ke permasalahan awal. Gue tulis hal-hal yang gak bakal gue lakuin kalo gue jadi guru SD. Secara geto, guru SD bakal jadi contoh di masyarakat, jadi gue juga harus jaga imej, haha. Dicatet sekali lagi ya, jadi contoh di mata masyarakat jadi harus baik dalam bersikap dan bertutur kata. Nah, langsung aja. Cekidooot :

1. Gue gak bakal korupsi, ini jelas haram hukumnya dan gue gak bakal makan uang sekolah ato uang siswa dengan cara apapun. Bahkan gue gak akan mengambil keuntungan dalam jumlah besar terhadap siswa gue seperti misal bisnis apalah geto sama siswa gue. Mereka punya latar belakang yang berbeda. Sapa tau buat sekolah aja susah, gue gak tega.
2. Kalo ada siswa gue yang mengkritik gue dengan sangat pedas. Gue gak akan manggil tu siswa ke ruang guru dan memarahi tu siswa gue dihadapan guru-guru lainnya. Itu sama sekali tidak menunjukkan sikap kedewasaan sebagai seorang guru. Lebih baik gue panggil itu siswa dan gue tanya secara baik-baik, kenapa dia bisa seperti itu, bukannya tak ada asap kalo tak ada api? Mungkin itu bisa jadi pelajaran berharga bagi gue. Kalo anak tersebut menilai gue dengan hal-hal yang gak baik, itu berarti gue harus instropeksi diri dan mengubah perilaku gue jadi lebih baik. Gue yakin, kalo kita emang baik, pasti. sekali lagi PASTI. Siswa gue juga bakal ngomongin hal yang baik tentang gue.

3. Gue gak bakal memberi jarak dengan siswa gue. Gak bakal jadi guru yang angkuh, jadi guru yang gak peduli sama siswa gue, ironis sekali. Siswa gue juga pasti pengen dimengerti dan diperhatikan, mereka juga pasti punya banyak keluh kesah yang disampaikan. Karena itu, gue bakal jadi pendengar yang baik dan teman yang baik pula. Bukan karena gue guru terus gue merasa paling pintar dan siswa gue gak bermutu semua omongannya. Itu salah besar.

4. Gue gak akan pilih kasih, ini penting banget. Sudah seharusnya gue jadi guru yang adil. Sekalipun di kelas gue ada siswa yang spesial karena dekat dengan gue. Gue tetep akan ngasih nilai apa adanya. Kasian yang lain kan, udah kerja keras dikasih nilai sama kayak siswa yang biasa-biasa aja karena masalah kedekatan dengan kita.

5. Gue gak akan jadi guru yang kolot. Maksudnya ? jadi guru yang kesannya seumur hidupnya gak pernah ngelakuin hal yang namanya NYONTEK. Gue gak munafik, gue juga pernah nyontek. Karena itu, kalo tar gue nemu siswa gue nyontek gue bakal tegur secara halus. Gak langsung maen catet aja apalagi kertas jawabannya langsung diambil. Itu tidak memanusiakan manusia namanya karena gue juga pernah nyontek dulunya.

6. Gue gak akan pernah suka sama siswa gue sendiri, haha. Ya iyalah, apalagi kalo kelak gue udah punya istri masa iya gue suka sama siswa sendiri. Ga banget lah, gue masih punya akal sehat. Gue bakal berpikir ratusan, ribuan bahakan jutaan kali kalo gue harus suka sama siswa sendiri. Kalo sampe beneran kayageto, itu bener-bener GAK MUTU banget deh pake sumpah.

Sepertinya hal-hal diatas juga bakal dilakukan sama semua guru-guru lainnya. Sebenernya masih banyak hal lain tentunya. Tapi, menurut gue, itu yang paling gue utamain. Karena gue pengen jadi guru yang hebat walopun gue gak mutu. Dan kalian tentunya punya angan-angan sendiri, silakan di share aja bro, ga usah shock kalo ada yang bilang tulisan kalian gak mutu. Cuek aja, anggep aja itu angin kentut. Sebentar aja juga gakal ilang baunya. Haha

Posting Komentar

30 Komentar

  1. wkwkw, asyik juga tuh :ngakak

    BalasHapus
  2. setuju jangan jadi guru yang pilkas. pilih kasih sebel banget sama guru kayak gitu, haha jadi inget guru smp gue yang terlalu "akrab" sama siswanya malah bikin ilfil kayak gak punya wibawa aja, mending 1, ini banyak banget aneh.. -__- *malah curhat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bener ...
      guru kayagitu mending dijitak aja ..
      merusak karakter siswa kalo pilih kasih ..
      #curhatyangindah :D

      Hapus
  3. HAhha ,, keren2 sob

    Im here,, visit today

    BalasHapus
  4. kiss for u n kiss bak pls!

    BalasHapus
  5. Seneng baca blog ini...apa adanya tentang realita hidup...maju terus brader..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe , thengs yaah ...
      realita hidup yang kaya apaa ..

      Hapus
  6. hahahahaha....keren kerenn...semoga tercapai apa yg sobat Inginkan....dan semoga menjadi Guru teladan di Negeri ini....sukses selalu bwt sobat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe , thengs yaaah ...
      amiiin ...
      sukses juga buat mas rofiudin :)

      Hapus
  7. semoga menjadi seorang guru yang teladan juragan:)

    BalasHapus
  8. Jadi guru disekolahku aja bang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaah ?
      emang kamu masih SD .. hehehe ...
      gue sih siap kalo anaknya cakep2 ..

      #masangMukaPedofil

      Hapus
  9. angguk angguk gue point 5.

    Gue pernah mikir tuh dosen larang-larang nyontek, apa dia waktu mahasiswa ga pernah nyontek. Mustahil :)

    kalau gue sih boleh nyontek asal beda *opoiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. angguk-anggukkaya lagi naek odong2 bang hahaha

      ya begitulah, menyontek hak setiap umat ...
      hanya caranya perlu kreatip dikit ..

      beda apanya bang ? gayanya ?
      nungging ? guling2 ? ato mangap2 ? haha

      Hapus
    2. bukan bang, gue yang ngegenjot :)

      ya bedalah punya jurus tersendiri, bisa dengan cara buka rok dosen dengan begitu perhatian akan terpecah atau yang sering lo gunain gililing-gililing upil lalu tembakan *piss

      Hapus
    3. waaaah abang odong2 yaaah :d

      hahaha ...
      terlalu ekstrem kalo pake upil bay ..
      misal ketelen malah tar pengawasnya mati..
      masuk koran "seorang pengawas meninggal karena nelen upil mahasiswa"
      gue mesti bilang wooow :D

      Hapus
  10. wah setuju banget tuh kak, ga ada pilih kasih, tapi kalo buat point 5 aku agak beda ah, mau menghalalkan nyontek waktu UN!

    BalasHapus
  11. hahaha ...
    bener , mereka belum tau ngrasain UN siih :D
    makanya kbnyakan gaya

    BalasHapus
  12. bang itu poin ke-5nya kalo diganti boleh nyontek gitu gimana.. di banding di tegur secara halus kan udah sering ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh bang kata temen gue, lo serius mau jadi guru sd ya?-_-

      Hapus
    2. ha ah yaah , kaya gue gak pernah nyonntek aja..
      mending dibolehin aja yah ..
      gpp yah
      kasian yahh
      haduuh yaah

      iya serius lah -_-
      mau jadi apa gue selaen guru SD, masa iya guru ngaji
      belum ahli gue

      eh eh , kok elu bawa temen2 elu ?
      gue curiga

      Hapus
  13. emang lo ada mikir buat suka sama anak SD..??!!

    bener-bener lu..

    tapi bagus sih tulisannya.. #Ngiri

    BalasHapus