Matematika Itu. . .

 Hidup itu ga datar-datar aja. banyak rintangan dan belokan yang harus dilalui. Salah jalan kita bisa tersesat selamanya dan ga bisa nikmatin hidup yang sebenernya. Gue bukan orang hebat, dan gue lebih gak hebat lagi kalo mesti harus ngomongin satu hal : MATEMATIKA.

Gue adalah salah satu dari sedikit orang yang gak "bisa" sama matematika. Masih mending kalau cuma sekedar "ga suka" tapi kalo gue. Ibarat melakukan suatu kesalahan ga bisa diperbaiki lagi. Sampai di titik nadir.  Gue jadi inget, dulu pertama kali belajar matematika. Rasanya kaya Rambut disisir emak sampe klimis. Dilemparin ikan berbau amis. Ketemu om om berkumis sampe nafas gue kayak puasa senen kamis.

Yaah, itulah gue. Gak pernah bisa paham sama  yang namanya matematika. Ngitung duit aja gue sering bingung. Ga usah banyak-banyak deh limabelasribu dikurangin empatributujuhratuslimapuluh, gue butuh waktu lebih dari lima menit buat ngitung hasilnya. 

Gue heran, ada algoritma, aljabar, alamak dan lain lain. Dulu pertama masuk kuliah jadi calon guru SD. Gue santai aja. Setau gue, kalopun ada mata kuliah  matematika, paling juga tingkatan SD. Gue pun naik ke atas mobil dan tertawa bahagia. Gue yakin kalo gue bisa melewati mata kuliah yang berbau matematika dengan mulus.

Semester pertama, gue lihat kartu rancangan studi gue. ada mata kuliah Matematika Dasar. Dalam hati gue berkata, "kayaknya sambil tiduran juga gue paham kalo tar dosennya ngejelasin waktu kuliah." ternyata, gue megap-megap. Gue gak nyangka kalo ternyata yang dasar itu bukan matematika untuk sekolah dasar. Gue coba buat terus nyimak penjelasan dosen gue. Nihil. Gue cuma bisa bengong. Pada akhirnya gue sukses mendapat nilai C di transkrip nilai gue.

Semester kedua lebih parah lagi. Ada mata kuliah teori bilangan. Dalam hati gue, gue optimis. Ini paling cuma teori teori aja. Tinggal dibaca, diapalin. Udah deh. Simpel  banget. Dan lagi lagi gue megap-megap. Yang ini jauh lebih parah dari yang semester satu. Gue bener-bener kewalahan. Tiap gue mau ketemu  mata kuliah yang satu ini gue selalu gelisah. Hati gue jadi tak menentu. Perasaan gue gak karuan. Inikah yang namanya cinta ? 

Akhir semester, gue (lagi-lagi) liat transkrip nilai gue dan gue sukses dapet D !!! itu  artinya gue harus ngulang lagi mata kuliah yang satu ini. Gak bisa dibayangin gimana rasanya. Gue udah eneg banget, tapi gue harus ngulang ni mata kuliah selama satu semester.

Bener-bener udah ga bisa diselametin lagi hubungan gue sama matematika. Kita ga ada kecocokan sama sekali, Matematika ga pernah ngertiin gue,dia selalu bikin pusing dengan segala tingkahnya. Ada dipangkatin lah,dikuadratin lah,dibagi lah,dikalilah. Semuanya bikin gue capek. Jahat banget deh si Matematika itu sama gue.

Dosen gue bilang, semuanya diawali dari sendiri kalau mau bisa belajar matematika. Dan hasilnya setiap gue punya niat dan akhirnya membuka buku. Yang gue liat tu rumus-rumus malah jadi kaya huruf aksara jawa. Gue langsung nyerah. Kepala gue langsung muter liat lambang-lambang asing yang ada dibuku. Gue selalu bertanya-tanya siapa orang pertama yang mencetuskan matematika sampe rumit banget kayageto kemudian muncul lagi orang-orang yang dengan senang hati mempelajari matematika.cekacekacekaceka. Seberapa istimewanya sih matematika itu. huch. Gue pernah maksain diri buat ngerjain soal-soal latihan dibuku paket . Hasilnya setengah jam kemudian gue ditemukan sama temen gue dikamar tidur dalam keadaan melongo total tak berdaya. Gue sempet lupa  sama nama gue sendiri dan gue berharap kalo temen-temen gue lupa sama utang-utang gue. 

Tapi, dibalik ketidakberdayaan gue di bidang matematika. Gue tetep coba buat tegar menjalani. Hidup ga cuma matematika aja bro. Masih ada Pkn, Geografi, dan IPA, bahkan bahasa Indonesia. Dan matematika ? Gue emang ga bisa, tapi gue ga pernah buat lari. Gue tetep hadapi walaupun harus selalu kalah. Itu bukti bahwa gue bukan pecundang dan sampai saat ini gue masih belum bisa berdamai dengan matematika. It's Okay, Ini hidup dan gue gak akan mati cuma karena matematika.

Posting Komentar

4 Komentar

  1. seperti biasa, pertamaaazzz hehe, udah ga usah belajar MTK aja bang hehehe :p

    BalasHapus
  2. @hzndi : haha pengennya ga usah bang tapi kuliahnya masih harus ketemu sama matematika :D

    BalasHapus
  3. haha, gue aja kaget pas dapet mata kuliah Matematika Dasar..
    kirain bakal matematika untuk Sekolah Dasar..
    beh, taunya -____-
    pengantarnya pake bahasa inggris pula Bang!!!!!
    modulnya juga full english!!!!!
    kurang ngenes apa lagi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha ...
      ternyata elu lebih parah pake bahasa inggris ...
      tapi kan minimal elu mudeng ...
      gue siih sama sekali gak mudeng -_-"

      Hapus