4 Cara Supaya Kamu Bisa Membeli Rumah Secara Cash

10/13/2019 07:45:00 pm



Sebagian besar masyarakat Indonesia memilih membeli rumah dengan cara KPR. Alasan utamanya, karena KPR memberi peluang untuk memiliki tempat tinggal dengan dana terbatas. Hal ini berbanding terbalik dengan cara membeli rumah cash yang memerlukan ketersediaan uang tunai dalam jumlah besar.

Padahal, pembelian rumah secara tunai memberikan banyak keuntungan. Harga rumah yang didapatkan dengan cara cash jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan KPR. Selain itu, rumah yang didapatkan dengan cara pembelian tunai juga sudah sepenuhnya menjadi milikmu. Kamu pun dapat memanfaatkannya sebagai jaminan untuk pengajuan kredit.

Oleh karena itu, kamu perlu berusaha untuk membeli rumah dengan tunai. Cara untuk mewujudkan keinginan tersebut tidak terlalu sulit. Ada 4 tips yang bisa kamu praktikkan, yaitu:

1. Investasi mulai dari sekarang
Tips penting yang pertama agar kamu bisa membeli rumah cash adalah mulai melakukan investasi. Langkah ini sangat penting agar kamu dapat memperoleh pemasukan tambahan selain dari gaji bulanan. Pilihan investasi yang dijalankan beragam, mulai dari deposito, membeli emas, reksadana, hingga P2P lending.

2. Mulai gaya hidup hemat
Cara selanjutnya adalah dengan menerapkan gaya hidup yang hemat. Hal yang sering menghambat seseorang untuk bisa membeli rumah secara tunai adalah kebiasaan dalam menghambur-hamburkan uang. Fenomena ini sering menimpa kawula muda yang baru bekerja.

Pola hidup hemat bisa kamu terapkan dalam berbagai cara. Sebagai contoh, kamu dapat mengurangi kebiasaan makan di luar. Sebagai gantinya, usahakan untuk memasak sendiri. Kalau kamu kesulitan menyempatkan waktu untuk memasak, bisa memilih untuk menanak nasi sendiri dan membeli lauk di warung.

3. Susun anggaran keuangan bulanan
Tips ketiga yang dapat kamu coba untuk meraih impian membeli rumah secara tunai adalah dengan menyusun anggaran keuangan bulanan. Anggaran ini penting untuk bisa meminimalkan pengeluaran yang dianggap tidak perlu dan bukan keperluan yang darurat.

Susun anggaran keuangan berdasarkan daftar prioritas kebutuhan. Untuk sementara, kamu perlu mengesampingkan keinginan berjalan-jalan atau membeli barang tertentu. Tak lupa, kamu juga harus mematuhi anggaran yang telah disusun. 

4. Persulit cara penggunaan uang
Terakhir, kamu juga perlu mempersulit cara penggunaan uang dalam keseharian. Contohnya, kamu akan memiliki kecenderungan lebih boros kalau memiliki kartu debit atau kartu kredit di dompet. Potensi pemborosan juga bisa lebih besar kalau kamu juga menginstal aplikasi uang digital di smartphone.

Kalau perlu, kamu dapat memanfaatkan produk keuangan seperti tabungan berjangka. Tabungan seperti ini akan memaksa kamu untuk menyisihkan uang dalam jumlah tertentu setiap bulan. Selain itu, kamu juga tak bisa mengambil tabungan itu sesuka hati.

Dengan menerapkan 4 tips tersebut, kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk mengumpulkan uang yang kemudian bisa dipakai membeli rumah cash. Apalagi, kalau kamu bisa memilih instrumen investasi menguntungkan seperti Qazwa. Apalagi, cara berinvestasi di Qazwa juga dapat dilakukan dengan mudah lewat internet dan terjamin keamanannya.  

You Might Also Like

2 Upil

  1. Alhamdulillah udah lakukan 4 tahap ini sejak2 tahun memang mulai keliatan hasilnya, semoga nanti bisa benar2 terwujud kebeli rumah tanpa kpr

    ReplyDelete
  2. Gue kangen tulisan lu yg kek dulu 😭

    ReplyDelete

FanPage