Yuk, Kenali Lebih Jauh Bagaimana Payroll System Bekerja

9/28/2018 05:46:00 pm

Apa itu Payroll atau penggajian?

Payroll  adalah proses dimana pemilik bisnis membayar karyawan untuk pekerjaan yang telah mereka selesaikan. Setiap berbisnis dengan karyawan harus memiliki proses penggajian yang ditetapkan. Penggajian seringkali merupakan pengeluaran terbesar untuk sebuah bisnis. Proses penggajian yang efektif dan efisien akan memastikan bahwa karyawan dibayar secara akurat dan konsisten, sehingga memungkinkan SDM dapat fokus pada bidang lain.

Payroll tampaknya sederhana, tetapi menjadi rumit karena berbagai pemotongan yang terjadi dalam beberapa komponen penggajian. Pengusaha harus menahan pajak dari setiap gaji dan memastikan bahwa dana yang akurat dibayarkan ke pemerintah secara benar. Pengusaha juga dapat bertanggung jawab untuk mengurangi dan membayar premi asuransi dan menyetorkan dana ke rekening pensiun atau ke badan amal yang dipilih.

Tugas pemrosesan penggajian dapat menciptakan beban yang besar dan tekanan yang tidak diinginkan bagi pemilik bisnis kecil dan dapat juga membebani pemilik bisnis besar. Batas waktu yang tidak terjawab atau pengajuan pajak yang salah dapat mengakibatkan denda atau penjara. Untuk menghindari masalah ini, usaha kecil, menengah, dan besar dapat memanfaatkan payroll system.

Apa itu Payroll System?

Payrol system adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mengatur semua tugas pembayaran karyawan dan pengarsipan pajak karyawan. Tugas-tugas ini dapat mencakup melacak jam kerja karyawan, menghitung upah, memotong pajak dan pemotongan, mencetak dan mengirimkan cek, menyelesaikan setoran langsung, membayar premi kepada operator asuransi, dan membayar pajak pekerjaan kepada pemerintah.

Payroll system sering membutuhkan pemilik bisnis untuk memasukkan informasi yang berkaitan dengan komponen penggajian. Kemudian payroll system menggunakan informasi tersebut untuk melakukan perhitungan dan memotong secara otomatis. Sebagian besar payroll system memperbarui sistemnya sendiri setiap kali undang-undang pajak berubah dan akan mengingatkan pemiliki bisnis kapan harus mengajukan berbagai formulir pajak.

Bagaimana memilih Payroll System Yang Cocok Dengan Kebutuhan Bisnis Anda?

Memilih payroll system yang paling sesuai dengan bisnis Anda sangat penting. Mungkin sulit untuk memutuskan payroll system mana yang harus dipilih, tetapi ada beberapa faktor yang perlu diingat ketika memutuskan.

Pertama, analisis ukuran bisnis Anda dan putuskan berapa banyak yang Anda bayarkan untuk payroll system. Menentukan anggaran dan klasifikasi ukuran bisnis akan mempersempit daftar vendor payroll system, membuat pilihan Anda jauh lebih mudah. Kedua, bandingkan penawaran dari vendor yang tersisa dan baca ulasan dari beberapa pelanggan saat ini. Ketiga, jika tersedia, minta demo dan lihat sendiri betapa mudahnya payroll system bekerja dan seberapa cocoknya dengan bisnis Anda.

Meskipun bisnis anda kecil, untuk menangani tugas penggajian melalui proses manual, dapat banyak memakan waktu. Salah perhitungan seorang pemilik bisnis dapat berada dalam masalah hukum atau keuangan. Perusahaan menengah dengan hingga 100 karyawan sangat diuntungkan dengan berinvestasi dalam payroll system.

Mengapa Harus Menggunakan Payroll System?

Payroll system dapat mengurangi kesalahan dalam proses penggajian dan mengurangi volume pekerjaan dalam menghitung jam kerja, upah, dan pemotongan pajak. Selain mudah digunakan, sering kali harga sangat terjangkau. Dalam beberapa kasus, pemilik bisnis dapat menghemat uang dengan menggunakan payroll system untuk pemrosesan penggajian daripada alternatif lain.

Pemilik bisnis dapat membeli sistem yang terjangkau yang dapat diakses di komputer atau cloud, menggunakan model pay-as-you-go. Pengunaan payroll system dapat memangkas biaya jasa seorang akuntan internal untuk proses penggajian. Perusahaan juga dapat menghindari bekerja dengan pihak ketiga untuk proses penggajian.

Terakhir, pemilik bisnis  dapat mengontrol proses penggajian dengan menggunakan payroll system.  Artinya, memungkinkan laporan bisnis disusun dengan kecepatan yang diinginkan dan membuat perubahan dengan cepat jika diperlukan. Lebih efisien, daripada mencoba membuat laporan secara manual atau berhubungan dengan perusahaan penggajian pihak ketiga untuk melakukan perubahan. Untuk lebih mengenal bagaimaan payroll system bekerja, segera hubungi LinovHR yang siap melayani setiap kebutuhan bisnis anda.

You Might Also Like

1 Upil