6 Alasan Jangan Beli Lenovo A7000 Plus


Sebagai guru SD yang hidup jauh dari keriuhan hal duniawi. Nggak biasanya banget gue mendadak ngomongin gadget. Iya, level paling gaul gue selama ngeblog palingan ngomongin tamagochi yang bisa dibawa kemana-mana. Nah ini.. gadget, sejenis smartphone yang 'pernah' bikin gue kesengsem kebangetan.

Khalayak ramai biasa menyebut dengan istilah Lenovo A7000 Special Edition atau biasa disebut juga Lenovo A7000 plus. Kalo anak-anak gaul di luar sana, nyebutnya Leny. 

Lenovo tipe ini emang istimewa, ada plus-plusnya gitu. Wajar sih kalo denger sesuatu yang plus-plus bawaannya enak mulu. Sama kayak waktu pertama gue denger smartphone Lenovo ini. Apalagi setelah gue liat speknya. Ajib... 

Smartphone ini impian gue banget! Batre udah 3.000 Mah,  layar udah full HD (gue ngebayangin nih hape pasti tajam banget gambarnya). Udah gitu, kamera nih HP resolusinya nyampe  13 MP, dan kamera depan 5 MP (walopun gue fakir selfie, tapi ini nilai ‘plus’). Maka nikmat mana lagi yang mesti didustakan dari produk Lenovo seri ini?

Lenovo A7000 Plus ini emang udah jadi smartphone impian gue. Harganya waktu itu masih sekitar 2,4 jutaan. Buat gue yang cuma guru SD belum punya NIP. Harga segitu jelas bikin mikir-mikir buat dibeli. Kalo terpaksa ngebet banget, ya gue mesti jual hape gue dulu asus zenfone 5, terus ditambahin dari nabung hasil kerja sampingan gue selain guru SD.

Sampai akhirnya, waktu yang dinanti pun tiba. Mendadak gue dapet rejeki, walopun masih belum cukup buat naik haji, tapi cukuplah buat nambahin beli smartphone impian. Selain itu gue emang udah bosen banget sama Zenfone 5 karena baterainya yang terlalu menyedihkan, hidup gue jadi tersita banyak cuma buat sekedar nyari colokan nganggur. Akhirnya, semesta pun mengijinkan gue untuk meminang Lenovo A7000 plus ini.

Kesan pertama gue make smartphone Lenovo A7000 Plus ini. Gue cuma bisa bilang, "Ajib!!!"

Tadinya gue mau bilang, Hmmm.. sadeees...”., tapi gue sadar gue ini mau ngomentarin smartphone bukan mau bikin indomie goreng sambil make headset di leher.

Lenovo A7000 Plus beneran deh.. layarnya tajam banget! Bikin gue betah buat berlama-lama mainan ini smartphone, walopun ya... palingan cuma buat browsing aja sih karena gue nggak suka nge-game. 

Hingga beberapa hari berlalu, keluhan pertama akan smartphone ini pun datang juga. Gue mulai ngerasa touchscreen-nya sering kurang responsif. Suka macet kalo dipakai agak lama. Ini mulai ngeselin... karena butuh penjelasan akan persoalan yang gue hadapi, gue pun nyari grup Lenovo A7000 Plus di Facebook. Dan.. setelah gue baca-baca, ternyata itu emang udah jadi hal biasa buat smartphone Ini. Setelah cukup lama jadi anggota grup, makin kesini gue jadi makin paham penyakit 'umum' yang sering diderita Lenovo A7000 plus ini. Simak deh...

Sinyal lemah

Lenovo A7000 Plus ternyata sering kesulitan buat nangkap sinyal. Walopun HH (hand held) yang gue pegang ini sinyalnya normal. Tapi ada beberapa pengguna yang ngeluh sinyalnya lemah. Bahkan nggak tanggung-tanggung, sinyalnya ilang secara misterius.



Solusi paling umum palingan bawa ke service center, setelah melewati fase putus asa terlebih dahulu tentunya. Masalahnya lagi... iya kalo service center-nya deket, kalo jauh? Yaudah, palingan lapor aja ke acara Patroli di Indosiar. Di akhir acara biasanya kan ada tuh segmen berita orang hilang. Nah sapa tau sinyal hilang juga bisa ditemuin lewat acara Patroli ini.

Baterai nggak sesuai ekspektasi

Melihat Baterai dengan kapasitas 3.000 Mah, bagi sebagian orang pasti mikirnya ini udah cukup gede. Udah paslah buat penggunaan sehari-hari. Gue juga awalnya mikirnya gitu. Sayangnya, baterai 3.000 Mah ini harus menunjang layar yang udah full HD. Yaudah deh.. Baterai jadi cepet abis.




Gue yang pemakaian sekedar browsing-browsing unyu aja sekitar pukul tiga sore baterai seringnya udah di bawah 30 persen. Bayangin yang make ini smartphone buat nge-game? Gue yakin palingan tiga jam kemudian udah pada panik nyari colokan.

Ngecas lama

Baterai 3.000 Mah menurut gue masih kurang, nggak dipakai main game aja nyampe maghrib nggak kuat. apalagi kalo nggak sahur? Halah.

Salah satu faktor minus lain ini smartphone yaitu ngecasnya juga lama, butuh waktu sekitar 3-4 jam baru penuh. Itu pun kalo didiemin. Kalo ngecasnya sambil digrepe-grepe apalagi dipake nge-game, niscaya sampai Haji Lulung jadi gubernur DKI ini smartphone baru penuh pengisian baterainya.

Jadi dilemanya gini, tengah hari atau sore hari abis baterainya kudu dices. Kalo sambil dipake nggak penuh-penuh. Sayangnya karena belum support fast charging, ngecasnya jadi lama, abisnya nggak lama-lama banget.

Touchsceeen kurang responsif

Gue juga ngalamin permasalahan ini, setelah dipakai buat browsing-browsing.. begitu pas ngetik, mendadak touchscreen-nya jadi kurang responsif. Ngetiknya apa, malah gak keluar apa-apa. Khan kampret. Ya, masih mending ngetiknya apa, keluarnya apa gitu lah daripada ini nggak keluar apa-apa. Akhirnya emosi, hapenya gue banting, tapi baru wacana... akhirnya nggak jadi gue realisasikan, soalnya sayang. 



RAM rakus

Lenovo A7000 Plus ini punya RAM yang cukup gede, 2 GB. Hmm.. sadeees~

Sayangnya, belum sempet install macem-macem, udah makan Ram 1 GB lebih buat User Interface-nya Lenovo sendiri. Khan Khampret~ 

Terus ada solusi lain di-root aja. Yakale, semua orang berani nge-root. Yakale, baru beli langsung di-root. Yakale, nggak nge-root nggak smart user.

LCD Biru

Ini adalah problem utama dan paling fatal dari Lenovo A7000 Plus menurut gue. Untuk sebagian mereka yang apes, smartphone mereka bakalan kena surprise pinggiran layarnya ada biru-birunya. Yang belum kena layar biru ini, pada komen smartphone mereka lanjay, normal jaya, dan jaya-jaya lainnya. Begitu akhirnya kena, nangis.

Setelah gue kepoin di grup. Teori penyebab munculnya layar biru ini pun bermunculan. 

Pertama, karena overheat atau pemakaian berlebihan. Jadi mantengin hapeeeee mulu kerjaannya. Akhirnya hape lelah, jadi biru-biru. 

Kedua, keseringan dimasukin saku. LCD jadi ketekan, nggak sanggup nyium aroma selangkangan pemiliknya, akhirnya jadi harakiri. Berhubung A7000 Plus ini hape yang cukup mahal untuk ukuran gue, maka darah yang keluar warnanya biru. Untuk teori ini, gue menganggap smartphone ini beneran lemah. Gimana enggak? Harga dua jutaan dikantongin saku aja langsung penyakitan.

Ketiga, tergantung pemakaian. Banyak yang bilang, smartphone for smart user. Lalu user smart macam apa yang udah dibilangin hape baru dua hari LCD jadi biru, terus sok-sokan bilang 'tergantung pemakaian aja sih'. Ditambah testimoni diri sendiri, 'punya ane udah sekian bulan, dipake ngegame, ngegame sambil ngeces, ngegame sambil nyari nafkah lanjay aja.'

Ya itu punya elu!

Nyatanya banyak yang baru beli udah kena layar biru, masih aja dibilang tergantung pemakaian. Gue jadi kepikiran, dia yang smartphone udah berbulan-bulan, ngegame lancar, browsing lancar hapenya masih lancar. Terus masa iya, ini baru beberapa hari udah kena LCD biru dibilang tergantung pemakaian. Lalu, pemakaian biadab macam apa selama dua hari yang bikin LCD mendadak biru? 

Sejak saat itu gue percaya, orang yang penuh gaya bilang 'smartphone for smart user', sebenernya orangnya belum tentu smart.




--------------------


--------------------

-----------------
--------------------

--------------------
--------------------
--------------------
--------------------

Begitulah hasil penjelajahan gue akan permasalahan yang sering menghampiri smartphone Lenovo A7000 Plus. Ya emang nggak semua user kena penyakit di atas sih. Di luar sana, gue yakin kok banyak pengguna yang puas dengan performa ini hape. Banyak yang nyaman, banyak yang sayang bahkan banyak yang pengen jual. Eh...

Tapi menurut gue persoalan banyaknya penyakit yang nggak tau kapan datengnya dan cukup banyak yang kena penyakit di Lenovo A7000 Plus ini jelas jadi pertimbangan serius buat yang mau beli ini hape. Masih banyak smartphone yang lebih tangguh dan meyakinkan dengan harga yang nggak beda jauh sama smartphone ini.

Gue sendiri setelah mempelajari dengan sungguh-sungguh, mempelajari untung ruginya. Gue mantep buat ngejual ini smartphone, padahal baru sebulan lebih. Sebelum smartphone gue keburu kena penyakit, sebelum harganya makin anjlok.

Sebenernya banyak keluhan yang muncul di grup Facebook masalah ini smartphone, screenshoot di atas gue ambil sebagai contoh aja, kalau pengen lihat lebih banyak lagi keluhannya masuk aja grupnya dan kepoin. 

Oh iya, jangan pernah menghina Lenovo A7000 plus ini di grup Facebook ya, soalnya para penghuninya fanboy produk ini semua. Mereka bisa murka, enggak terima, bahkan sampai goblok-goblokin orang dengan renyahnya. Yap.. mereka suka nggak terima kalo hapenya dikiritik. Padahal setiap orang berhak ngeluh menyampaikan kesan pemakaiannya, fakta juga udah banyak berbicara, tapi mereka tetep aja tutup mata. Gue aja kadang ngakak sendiri ngebacanya. Cuma masalah hape, mereka jadi mudah dipecah belah persatuannya. Halah.

Posting Komentar

72 Komentar

  1. Udah bang mending pake hape jadul j bang
    Yg cuma smsan m telepon
    Dijamin batere awer berabad2 bang
    .
    Wkwkwkwk layar biru suruh ditipe x aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga ya, tapi lebih awet hape yang gak bisa buat nelpon sama sms pasti lebih awet..

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. kalo gue sih pake Windows phone aman-aman aja. Ya walaupun ga bisa download aplikasi kayak gojek tapi worth lah sampe saat ini. Tanpa iklan pop up tanpa virus juga wkwkwk.
    http://carita-urang-sunda.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua emang baiknya sesuai kebutuhan ya... Uhuy

      Hapus
  4. udah ipong ipong aja mass :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entah kenapa gue gak tertarik sama sekali sama ipon ipin ~

      Hapus
  5. Kalo gue sih, ya bg. Dari awal emang kurang setuju Lenovo masuk ke Ranah Smartphone, karena gue tau produk ini itu, dari dulu yang dia keluarkan seperti apa? Makanya, gue bukan gak mau make atau beli, sih, yang jelas karena faktor reviewer yang udah jadi pembanding.

    Saran gue bg, kedepan kalo mau beli smartphone, sebaiknya lihat review channel Sobat Hape dan kawan-kawannya. Mareka ngereview bukan cuman bagusnya. Bahkan uji coba mereka, sering jadi pertimbangan gue buat beli smartphone lagi.

    Intinya, makin banyak produk, kitanya juga harus makin banyak pertimbangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Her, gara2 ini gue jadi kapok pake lenovo.. Sekalipun spek keren tapi ternyata rentan kena masalah

      Makin rajin cari review dulu juga Her, karena ada review yang kadang gak jujur ..

      Hapus
  6. Pengalaman gue, tau kelemahan dan kelebihan product sebelum beli itu penting banget. Tanya sama temen-temen yang lebih ngerti soal gadget dan minta temenin pas beli kalau memungkinkan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gue udah browsing sana sini loh.. Tapi emang apes sih, kecolongan sama kualitas nih HP..

      Hapus
  7. Baca ini ikut kecewa. "Fasilitas" kerennya yang terpampang terlihat tidak memuaskan jadinya. Sekadarnya, kalo akhirnya beli hp baru, aku nggak akan beli ini.
    Btw Bang, itu hp-nya beli di mana? Takutnya bukan original. Buktinya katanya yang suka dimainin game belum ada gejalanya. *lah *malahsuuzon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue beli di konter, garansi resmi kok.. TAM, cuma emang liat di grup banyak yang masalahnya sama..

      Hapus
  8. lahh, yang ngeluh nggak sebiji dua bijik aja, banyak banget. Harusnya lu survei duluan bang sebelum beli, tapi kalo udah kadung ya pilihan terbaik jual aja, tau kek yg orng lain lakuin tuh, tuker tambah sama brand lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah survei, semua situs gue jelejahain.. Cuma telat gabung di grup, ternyata banyak kasusnya.. Dan gue kecolongan deh, telat sadar infonya

      Alhamdulillah udah gue jual nih hp~

      Hapus
  9. Pak Guru ngomongin teknologi yuhuuu...
    Sebagai orang yang sering minjam hp temannya untuk mengetes performa dan ngelike foto sendiri di Instagram, gue emang ngerasa HP(smartphone) Lenovo touchscreennya emang ga enak dan kurang responsif. Bayangin susahnya gue ngelike foto-foto gue sendiri di instagram pake akun temen gue coba susahnya kayak gimana. Btw ini review yang jujur, semoga bisa menjadi masukan buat pihak Lenovo sendiri dan menjadi bahan pertimbangan buat mereka yang lagi nyari smartphone baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, perjuangan banget ya ngelike foto sendiri pake lenovo, jadi sering panik dong..

      Niatnya sih buat yang lagi nyari nih HP bisa koreksi diri dulu aja biar nggak nyesel kayak gue

      Hapus
  10. lah sebelum beli nga brosing dulu, mas?
    kiye postingan mambu duit ora kyeh haha
    xiaomi bae mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah browsing Tomi.. Sayangnya lagi apes juga kali.

      Haha ora mambu duit kalem, aje berprasangka ndisit 😁

      Xiaomi males ah kakean tipe hape

      Hapus
  11. Lenovo A7000 kemarin beli harga berapa mas?
    Saya barusan beli Advan i4d murah gan, 600 an kalau nggak salah tapi overall memuaskan :)

    Haha, kalau kadang di grup memang kalau fanboy nya ganas nggak menyenangkan ya gan. Jadi pengen leave langsung :<

    BalasHapus
  12. kalau saya kurang tertarik sama lenovo dari dulu, cuma kalau saya mau beli hp selalu survei semuanya dulu dan mencari kesan orang setelah memakai hp tersebut, dan hasilnya ga ada kata nyesel untuk membeli hp :D

    BalasHapus
  13. Produsen smartphone sekarang sering menekankan sama daleman yang ajib dan sadeess. Tapi nyatanya seperempat atau setengah dari memory bakalan dipake untuk sistem.

    Namanya juga penjual, pasti promonya wah banget.

    Kalo untuk smartphone, balik lagi lah ke pengguna untuk apa beli smartphone itu. Kalo untuk selfie, ada Oppo F1 yang kamera depannya luar biasa. Kalo untuk photography ada Asus Zenfone 3 Ze552KL, kalo mau selingkuh cari aja smartphone yang bisa dual space :D.

    BalasHapus
  14. Sedih banget pasti Bang kalau ternyata beli smartphone tapi nggak sesuai ekspektasi kayak gitu. Udah belinya harus korbanin jual zenfone 5 pula.

    Yang paling nggak ngenakin batrei boros sih, kan repot. Apalagi kalau panas bisa timbul pinggiran biru itu, ngeri banget.

    Sabar aja ya Bang, mungkin dijual itu adalah keputusan yang terbaik. Mending Samsung aja deh Bang, awet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya gue samsung j5 prime juga ada pinggiran birunya... dan gue kecewa banget karena pemakaian yg baru 3 bulan... di garansi, service centernya gk mau ��

      Hapus
    2. Punya gue samsung j5 prime juga ada pinggiran birunya... dan gue kecewa banget karena pemakaian yg baru 3 bulan... di garansi, service centernya gk mau ��

      Hapus
  15. awalnya gue pernah liat tuh hp di brosur, spesifikasinya membuat gue tergila-gila ama hp lenovo itu, apalagi mahnya 3000Mah. wew....greget.

    iya tapi apa daya, klo mah segede itu bisa habis cuman karna konsumsi layar HD, belum lagi Ram, prosesornya cepet panas.

    awalnya sih kepengen hp ini karna katanya fitur terbarunya udah ada speaker sejernih album aslinya..:v

    BalasHapus
  16. Lah gak sesuai ekspektasi semua ya :')) kalo gue sih berprinsip jangan beli hp yg kapasitasnya gede kalo gada fast chargingnya. Yg 2000 mah aja bisa 1,5-2 jam, apalagi yg 3000. :'))

    Kamera lenovo juga gak bagus2 amat sih biarpun gede. Yang layar biru gitu... gue baru liat. Serem juga ya :/

    BalasHapus
  17. Pak, kirain in postingan endorsan, ternyata pengalaman nyata toh?
    Aku pribadi baru 1 kali ganti smartphone, yang pertama sony xperia, terus sekarang pake oppo.
    Aku juga sebelum beli liat review via website sama nonton video reviewer di youtube, biar g salah langkah pas beli, apalagi yang paling penting harganya itu lho, duit g seberapa tapi kita kan maunya barang yang yahud ye..
    dan alhamdulillah, november bulan depan tepat setahun si oppo ini di tangan, sejauh ini g ada masalah, soalnya belajar dari smartphone yang dulu, aku udah milah2 aplikasi apa aja yang dibutuhkan untuk diinstal.

    BalasHapus
  18. Wow.. Mkasih review produkny ya.. Bikin dipi jdi hati2. Harga segitu rugi ya dpt produk yg bnyak bgt kekurangannya. Mending beli siomi deh. Tadinya dipi jg ngelirik lenopo, tpi gara2 hasutan teman, akhirnya putuskan siomi aja.

    BalasHapus
  19. Aku masih bertahan dengan ASUS Zenfone 5 dan belum sanggup buat ngeganti. Mungkin tahun depan baru sanggup ganti smartphone sepertinya. Doakan ya Bang.

    Dulu banget aku pernah pakai Lenovo A7000 yang nggak Plus, dan berhenti pake karena hilang pas di kampus. Lenovo sebenarnya keren juga. Untuk beberapa tipe. Sama lah kayak smartphone lainnya. Sampai menurutku, kerennya smartphone nggak tergantung brand tapi per tipe suka beda beda aja ngasih pengalaman ke penggunanya.

    BalasHapus
  20. Waduh banyak yang kena ya ? dulu ada niatan buat beliin nyokab hp ini tapi untung gajadi, kalo lenovo yang paling bagus ya produk leptopnya.

    BalasHapus
  21. orang indonesia pada komen hahaha... note 7 dtarik krna meledak... kalian pd ga meledak aja komen kaya bkin HH pake tangan sendiri. A7000 plus banyak yg pake, yg rusak anggap aja apes. samsung iphone emg ga banyak yg rusak? tanya sono pabriknya .. jgnkan lenovo, Mercedes benz aja bsa rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyantai aja Om komennya, gue kan pernah make lenovo.. Suka2 gue dong mau bahas nih HH kayak gimana.

      Kalo semua dinilai pake 'apes', yaudah kelar urusannya ~~~~

      Hapus
    2. Nyantai aja Om komennya, gue kan pernah make lenovo.. Suka2 gue dong mau bahas nih HH kayak gimana.

      Kalo semua dinilai pake 'apes', yaudah kelar urusannya ~~~~

      Hapus
  22. Edotz Herjunot @ bener yg anda katakan, sy juga mengalami apa yg anda rasakan,
    Semoga bagi teman2 yg ingin membeli lenovo bisa berpikir dulu,

    BalasHapus
  23. Problem saya sama, layar membiru...mungkin dia kurang darah :p
    Padahal pemakaian baru 4 bulan. Lagi nyoba solusi yg di lapak sebelah. Mau dijual masih sayang ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kayak gue sekarang, mau di jual sayang... baru beli di jual jadi jatuh harga... dan kalau beli lagi harus nambah uang... dan yang paling parah trauma buat beli hp lagi... takut beli hp yg lain jg ada pinggiran birunya lg 😢

      Hapus
    2. Sama kayak gue sekarang, mau di jual sayang... baru beli di jual jadi jatuh harga... dan kalau beli lagi harus nambah uang... dan yang paling parah trauma buat beli hp lagi... takut beli hp yg lain jg ada pinggiran birunya lg 😢

      Hapus
    3. Benerin aja harga miring di counter faris cell cipinang jaya no 2

      Hapus
  24. Klw aku skrng msih mke lenovo a7000 plus, selama satu tahun setengah lancar2 aja tp pas bulan desember kemarin layar hpku pun membiru, sudah coba cara yg dijelasin di internet tp msih tetap muncul biru birunya, pngen tukar tambah tp blum ckup uang

    BalasHapus
  25. w kira lcd w pinggirannya biru" gegara waktu itu kecemplung.... ternyata emang penyakitnya...

    BalasHapus
  26. Sejauh ini aq puas banget pakai Leny A7000-a, aplikasi yg gak penting aq hapus atau sama fungsi misal Google crome sama uc browser hapus salah satu atau game bawaan kita cut, pasti ramnya bertambah. Mau upload foto di FB dah gak muter-muter lagi kayak Samsulq yg kulego, mau YouTube gak ngelag ... Ajib pokok'e, memang klo utk browsing HP terasa lebih hangat daripada Samsul atau Sony tapi batas wajar, karena aq dah pernah ganti2 HP mulai Nokia, Samsul, sony, Alcatel sampai si croos pun pernah, tapi si Leny A7000-a ini aq paling puas klo libur bisa seharian internetan soalnya no lag no muter-muter lancar kayak jalan tol meski tuk YouTube......

    BalasHapus
  27. Sejauh ini aq puas banget pakai Leny A7000-a, aplikasi yg gak penting aq hapus atau sama fungsi misal Google crome sama uc browser hapus salah satu atau game bawaan kita cut, pasti ramnya bertambah. Mau upload foto di FB dah gak muter-muter lagi kayak Samsulq yg kulego, mau YouTube gak ngelag ... Ajib pokok'e, memang klo utk browsing HP terasa lebih hangat daripada Samsul atau Sony tapi batas wajar, karena aq dah pernah ganti2 HP mulai Nokia, Samsul, sony, Alcatel sampai si croos pun pernah, tapi si Leny A7000-a ini aq paling puas klo libur bisa seharian internetan soalnya no lag no muter-muter lancar kayak jalan tol meski tuk YouTube......

    BalasHapus
  28. Setelah menganggap layar biru itu mitos, akhirnya kena juga leny ane tu penyakit. Dulu ngidam banget ni epong cekret cekret aplot #eeeh tp akhirnya aim sadar klo ni epong punya cacat bawaan lahir. Enaknya di trade epong apa ya lur? Truss harga secondnya berapose sekarang? Khamsiaaa

    BalasHapus
  29. ada lagi gan ini kebetulan atau ngga pemakaian diatas 1 tahun mulai ada yang janggal di gps..gps udah mulai ga detec walau sinyal full tapi pas offline malah detect tapi ya gitu,lama

    BalasHapus
  30. Gue pakai HP Lenovo a7000 plus biasa2 aja tuh... sumpah! Malahan menurut gue HP Lenovo a7000 plus itu bagus banget gan..

    BalasHapus
  31. Gue pakai HP Lenovo a7000 plus biasa2 aja tuh... sumpah! Malahan menurut gue HP Lenovo a7000 plus itu bagus banget gan..

    BalasHapus
  32. Setahun lebih gw bangga sama leny ini... Tpi skrg gw udah kena dampak semua yg screenshoot agan.. Bkn apes sih.. Emg bodohnya saya membeli ini hp.. Tpi untungnya ini hp msh bisa gw bwt coment di postingan agan.. Bwt yg ngebanggain ini leny.. Ditunggu aja hari na'as nya. Oh iya soal orang" di grub fb gw termasuk orangnya yg murka, gak terima klw leny ini dihina. Maaf y gan jika jadi salah satu korban murkanya org grup. Wkwkwk

    BalasHapus
  33. Gile bener....aq baru beli lenovo a7000+...jadi khawatir gue ��

    BalasHapus
  34. Tergantung pemakaian sih menurut gw
    ...tp selama 1tahun gw make leny a7000a plus kg d masalah...emang sih kdang"sinyal Suma ilang khusus y buat ga.e online..tp cukup puas

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Penyakit bawaan yang juga saya alami huhu

    BalasHapus
  37. Gua tiga tahun g" pernah servis baru2 ini service gara2 kena air tapi layarnya kurang responsive

    BalasHapus
  38. Masih mending gak responsif gan, ini punya saya touchscreennya gak berfungsi sama sekali. Padahal gak kenapa-napa

    BalasHapus
  39. Saya pemakai Lenovo A 7000 ..sudah 1.5 tahun..hp pernah jatuh dan retaj si layar lcd..untungnya sudah dilapis screen protector...eh jatuh lagi 2 x ujung kiri atas retak juga..saya tempel lakban bening..beres ..toucscreen masih sangat responsif hanya suara speaker hilang bila setting speaker disuara keluarkan.dan Belum terkena wabah penyakit blue screen sampai sekaramg..

    BalasHapus
  40. Saya pakai Lenovo A7000 Plus sudah 4 unit, tp blm ada nemu kendala tuc sampai saat ini.mngkin blm apes kali ye..dugaan sy mgkn keseringan main game atau pengaruh dr beberapa aplikasi yg aneh-aneh ada di hp

    BalasHapus
  41. ekk kkk... lmynLah,,, buat menghibur gw yg lg ngntuk :) btw,,, emg dsmping da kcendrungan tuk cacat bawaan orok ne hp.... kebiasaan pemakaian jg sangat berpengaruh pd kesehatan ne HP. pny ane blum 5 bln sdh msuk ugd service center krena tiba2 ngeHang tu sinyal gk bs muncul, diganti board sm abang tukang servisnya. stelah hmpir 2 th skrg mncul tuh pnyakit layar yg biru + flek tampilan aplikasi (sperti indikator batrei jam dll) ng-flek di layar atas... fewh!!!! mg pkeX gk pke brhenti... melek orang-melek juga tu hp!

    BalasHapus
  42. Intinya si sebisa mungkin jgn tergoda a7k. Subsitusi nya byk hp dgn harga relatif sama tp jauh lebih tangguh. Gw aja menyesal, kena ampas touchscreen sampah, kagak responsif, kdg gak bs disentuh sama sekali bagian trtentu, ram 2gb jg kayak palsu

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah ane pakai K3 Note buatan luar (K50-t5) dr thn 2015 smpi skrg. Yg spesikasi-y & bentuk-y sm persis sprt A7000 Plus buatan Indonesia. "Tdk mengalami hal & kejadian sprt crita2 di atas & mudah2an tdk pernah terjadi. "Aamiin Yaa Robbal Aalamiin" :-)

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jd jgn tertipu sm bentuk yg sm persis yach Gan "N' Sis.
      Krn ane k'lo di tanya-in sm tmn2 ane. "Ane pasti blng-y pakai A7000Plus & bkn K3 Note (K50-t5). Soal-y K3 Note yg di pasarkan di Indonesia khan A7000Plus. :-)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Gue udh 2 thn make hp Lenovo A7000 tp kok lancar2 aja ya..

    BalasHapus
  47. Sama gue jg punya pengalaman sedih beli hp lenovo s90 sisley, pake nonton film padahal bukan HD gambarnya, eh tau tau ngbrick, langsung mati total,untung masih garansi, 3 bulan diservice distributor, setelah keluar aku gembira, ah akhirnya sudah bisa hidup lagi, tapi pas dipake lah ternyata touch screen nya yg tepi kanan ga bisa, dan pas panas dikit langsung ngacau touch screen, kesel kecewa aku sama lenovo

    BalasHapus
  48. Boleh ikut komen? Ternyata yg mengalami hal seperti ini bukan hanya saya, Saya juga pernah kaya gini. Kira kira beberapa bulan yg lalu Hp saya juga tbtb muncul blue frame dan warna layar jadi pudar pada saat saya charge. Hp saya udah Setaun lebih sih dibeliin Papa saya tahun kemarin bulan puasa. Nah saya kaget dong. Lalu saya diemin hp saya akalin batrenya dilepas disimpan di lantai ubin yang dingin beberapa menit karena mungkin overheat hp nya, lalu saya pasang & teruskan charge sampai penuh hp saya. Setelah penuh saya nyalakan dan masalah tersebut musnah, sudah cukup lama saya anteng & ga datang masalah tsb hari ini datang lagi saat saya charge hp saya. Saya lihat di artikel sebelah kemungkinan penyebab utama memang overheat, saat pemakaian layar sering di dim atau diredupkan, dan saat di charge tidak sambil dimatikan. Kemungkinan sih. Makanya sekarang saya mau coba kalau pakai hp ini layar with brightness full ga di dim dan nanti kalau baterai low saya charge sambil dimatikan tidak sambil dipakai. Doakan hp saya kembali aman tentram jaya ya..

    BalasHapus
  49. Udah pakai HP ini Dari dulu sampai sekarang..
    1.cepet panas apalagi buat game
    2.buat game sambil charger ngak nambah malah kurang
    3.ada layar birunya tapi nanti ilang sendiri
    4.touchscreen kadang aktif sendiri tanpa disentuh
    Tapi masih lancar kok buat main MOBILE LEGEND setting smooth (jangan dicharger pakai listrik tapi pakai power bank).Main PUBGM lumayan setting pake yang kiri (malam aja yang main kalau Siang tambah panas HP nya)

    BalasHapus