6 Alasan Jangan Beli Lenovo A7000 Plus

Sebagai guru SD yang hidup jauh dari keriuhan hal duniawi. Nggak biasanya banget gue mendadak ngomongin gadget. Iya, level paling gaul gue selama ngeblog palingan ngomongin tamagochi yang bisa dibawa kemana-mana. Nah ini.. gadget, sejenis smartphone yang 'pernah' bikin gue kesengsem kebangetan.
Khalayak ramai biasa menyebut dengan istilah Lenovo A7000 Special Edition atau biasa disebut juga Lenovo A7000 plus. Kalo anak-anak gaul di luar sana, nyebutnya Leny. 

Lenovo tipe ini emang istimewa, ada plus-plusnya gitu. Wajar sih kalo denger sesuatu yang plus-plus bawaannya enak mulu. Sama kayak waktu pertama gue denger smartphone Lenovo ini. Apalagi setelah gue liat speknya. Ajib... 

Smartphone ini impian gue banget! Batre udah 3.000 Mah,  layar udah full HD (gue ngebayangin nih hape pasti tajam banget gambarnya). Udah gitu, kamera nih HP resolusinya nyampe  13 MP, dan kamera depan 5 MP (walopun gue fakir selfie, tapi ini nilai ‘plus’). Maka nikmat mana lagi yang mesti didustakan dari produk Lenovo seri ini?

Lenovo A7000 Plus ini emang udah jadi smartphone impian gue. Harganya waktu itu masih sekitar 2,4 jutaan. Buat gue yang cuma guru SD belum punya NIP. Harga segitu jelas bikin mikir-mikir buat dibeli. Kalo terpaksa ngebet banget, ya gue mesti jual hape gue dulu asus zenfone 5, terus ditambahin dari nabung hasil kerja sampingan gue selain guru SD.

Sampai akhirnya, waktu yang dinanti pun tiba. Mendadak gue dapet rejeki, walopun masih belum cukup buat naik haji, tapi cukuplah buat nambahin beli smartphone impian. Selain itu gue emang udah bosen banget sama Zenfone 5 karena baterainya yang terlalu menyedihkan, hidup gue jadi tersita banyak cuma buat sekedar nyari colokan nganggur. Akhirnya, semesta pun mengijinkan gue untuk meminang Lenovo A7000 plus ini.

Kesan pertama gue make smartphone Lenovo A7000 Plus ini. Gue cuma bisa bilang, "Ajib!!!"

Tadinya gue mau bilang, Hmmm.. sadeees...”., tapi gue sadar gue ini mau ngomentarin smartphone bukan mau bikin indomie goreng sambil make headset di leher.

Lenovo A7000 Plus beneran deh.. layarnya tajam banget! Bikin gue betah buat berlama-lama mainan ini smartphone, walopun ya... palingan cuma buat browsing aja sih karena gue nggak suka nge-game. 

Hingga beberapa hari berlalu, keluhan pertama akan smartphone ini pun datang juga. Gue mulai ngerasa touchscreen-nya sering kurang responsif. Suka macet kalo dipakai agak lama. Ini mulai ngeselin... karena butuh penjelasan akan persoalan yang gue hadapi, gue pun nyari grup Lenovo A7000 Plus di Facebook. Dan.. setelah gue baca-baca, ternyata itu emang udah jadi hal biasa buat smartphone Ini. Setelah cukup lama jadi anggota grup, makin kesini gue jadi makin paham penyakit 'umum' yang sering diderita Lenovo A7000 plus ini. Simak deh...

Sinyal lemah

Lenovo A7000 Plus ternyata sering kesulitan buat nangkap sinyal. Walopun HH (hand held) yang gue pegang ini sinyalnya normal. Tapi ada beberapa pengguna yang ngeluh sinyalnya lemah. Bahkan nggak tanggung-tanggung, sinyalnya ilang secara misterius.



Solusi paling umum palingan bawa ke service center, setelah melewati fase putus asa terlebih dahulu tentunya. Masalahnya lagi... iya kalo service center-nya deket, kalo jauh? Yaudah, palingan lapor aja ke acara Patroli di Indosiar. Di akhir acara biasanya kan ada tuh segmen berita orang hilang. Nah sapa tau sinyal hilang juga bisa ditemuin lewat acara Patroli ini.

Baterai nggak sesuai ekspektasi

Melihat Baterai dengan kapasitas 3.000 Mah, bagi sebagian orang pasti mikirnya ini udah cukup gede. Udah paslah buat penggunaan sehari-hari. Gue juga awalnya mikirnya gitu. Sayangnya, baterai 3.000 Mah ini harus menunjang layar yang udah full HD. Yaudah deh.. Baterai jadi cepet abis.




Gue yang pemakaian sekedar browsing-browsing unyu aja sekitar pukul tiga sore baterai seringnya udah di bawah 30 persen. Bayangin yang make ini smartphone buat nge-game? Gue yakin palingan tiga jam kemudian udah pada panik nyari colokan.

Ngecas lama

Baterai 3.000 Mah menurut gue masih kurang, nggak dipakai main game aja nyampe maghrib nggak kuat. apalagi kalo nggak sahur? Halah.

Salah satu faktor minus lain ini smartphone yaitu ngecasnya juga lama, butuh waktu sekitar 3-4 jam baru penuh. Itu pun kalo didiemin. Kalo ngecasnya sambil digrepe-grepe apalagi dipake nge-game, niscaya sampai Haji Lulung jadi gubernur DKI ini smartphone baru penuh pengisian baterainya.

Jadi dilemanya gini, tengah hari atau sore hari abis baterainya kudu dices. Kalo sambil dipake nggak penuh-penuh. Sayangnya karena belum support fast charging, ngecasnya jadi lama, abisnya nggak lama-lama banget.

Touchsceeen kurang responsif

Gue juga ngalamin permasalahan ini, setelah dipakai buat browsing-browsing.. begitu pas ngetik, mendadak touchscreen-nya jadi kurang responsif. Ngetiknya apa, malah gak keluar apa-apa. Khan kampret. Ya, masih mending ngetiknya apa, keluarnya apa gitu lah daripada ini nggak keluar apa-apa. Akhirnya emosi, hapenya gue banting, tapi baru wacana... akhirnya nggak jadi gue realisasikan, soalnya sayang. 



RAM rakus

Lenovo A7000 Plus ini punya RAM yang cukup gede, 2 GB. Hmm.. sadeees~

Sayangnya, belum sempet install macem-macem, udah makan Ram 1 GB lebih buat User Interface-nya Lenovo sendiri. Khan Khampret~ 

Terus ada solusi lain di-root aja. Yakale, semua orang berani nge-root. Yakale, baru beli langsung di-root. Yakale, nggak nge-root nggak smart user.

LCD Biru

Ini adalah problem utama dan paling fatal dari Lenovo A7000 Plus menurut gue. Untuk sebagian mereka yang apes, smartphone mereka bakalan kena surprise pinggiran layarnya ada biru-birunya. Yang belum kena layar biru ini, pada komen smartphone mereka lanjay, normal jaya, dan jaya-jaya lainnya. Begitu akhirnya kena, nangis.

Setelah gue kepoin di grup. Teori penyebab munculnya layar biru ini pun bermunculan. 

Pertama, karena overheat atau pemakaian berlebihan. Jadi mantengin hapeeeee mulu kerjaannya. Akhirnya hape lelah, jadi biru-biru. 

Kedua, keseringan dimasukin saku. LCD jadi ketekan, nggak sanggup nyium aroma selangkangan pemiliknya, akhirnya jadi harakiri. Berhubung A7000 Plus ini hape yang cukup mahal untuk ukuran gue, maka darah yang keluar warnanya biru. Untuk teori ini, gue menganggap smartphone ini beneran lemah. Gimana enggak? Harga dua jutaan dikantongin saku aja langsung penyakitan.

Ketiga, tergantung pemakaian. Banyak yang bilang, smartphone for smart user. Lalu user smart macam apa yang udah dibilangin hape baru dua hari LCD jadi biru, terus sok-sokan bilang 'tergantung pemakaian aja sih'. Ditambah testimoni diri sendiri, 'punya ane udah sekian bulan, dipake ngegame, ngegame sambil ngeces, ngegame sambil nyari nafkah lanjay aja.'

Ya itu punya elu!

Nyatanya banyak yang baru beli udah kena layar biru, masih aja dibilang tergantung pemakaian. Gue jadi kepikiran, dia yang smartphone udah berbulan-bulan, ngegame lancar, browsing lancar hapenya masih lancar. Terus masa iya, ini baru beberapa hari udah kena LCD biru dibilang tergantung pemakaian. Lalu, pemakaian biadab macam apa selama dua hari yang bikin LCD mendadak biru? 

Sejak saat itu gue percaya, orang yang penuh gaya bilang 'smartphone for smart user', sebenernya orangnya belum tentu smart.




--------------------


--------------------

-----------------
--------------------

--------------------
--------------------
--------------------
--------------------

Begitulah hasil penjelajahan gue akan permasalahan yang sering menghampiri smartphone Lenovo A7000 Plus. Ya emang nggak semua user kena penyakit di atas sih. Di luar sana, gue yakin kok banyak pengguna yang puas dengan performa ini hape. Banyak yang nyaman, banyak yang sayang bahkan banyak yang pengen jual. Eh...

Tapi menurut gue persoalan banyaknya penyakit yang nggak tau kapan datengnya dan cukup banyak yang kena penyakit di Lenovo A7000 Plus ini jelas jadi pertimbangan serius buat yang mau beli ini hape. Masih banyak smartphone yang lebih tangguh dan meyakinkan dengan harga yang nggak beda jauh sama smartphone ini.

Gue sendiri setelah mempelajari dengan sungguh-sungguh, mempelajari untung ruginya. Gue mantep buat ngejual ini smartphone, padahal baru sebulan lebih. Sebelum smartphone gue keburu kena penyakit, sebelum harganya makin anjlok.

Sebenernya banyak keluhan yang muncul di grup Facebook masalah ini smartphone, screenshoot di atas gue ambil sebagai contoh aja, kalau pengen lihat lebih banyak lagi keluhannya masuk aja grupnya dan kepoin. 

Oh iya, jangan pernah menghina Lenovo A7000 plus ini di grup Facebook ya, soalnya para penghuninya fanboy produk ini semua. Mereka bisa murka, enggak terima, bahkan sampai goblok-goblokin orang dengan renyahnya. Yap.. mereka suka nggak terima kalo hapenya dikiritik. Padahal setiap orang berhak ngeluh menyampaikan kesan pemakaiannya, fakta juga udah banyak berbicara, tapi mereka tetep aja tutup mata. Gue aja kadang ngakak sendiri ngebacanya. Cuma masalah hape, mereka jadi mudah dipecah belah persatuannya. Halah.

56 Upil

Udah bang mending pake hape jadul j bang
Yg cuma smsan m telepon
Dijamin batere awer berabad2 bang
.
Wkwkwkwk layar biru suruh ditipe x aja

Reply
This comment has been removed by a blog administrator.

kalo gue sih pake Windows phone aman-aman aja. Ya walaupun ga bisa download aplikasi kayak gojek tapi worth lah sampe saat ini. Tanpa iklan pop up tanpa virus juga wkwkwk.
http://carita-urang-sunda.blogspot.com/

Reply

Kalo gue sih, ya bg. Dari awal emang kurang setuju Lenovo masuk ke Ranah Smartphone, karena gue tau produk ini itu, dari dulu yang dia keluarkan seperti apa? Makanya, gue bukan gak mau make atau beli, sih, yang jelas karena faktor reviewer yang udah jadi pembanding.

Saran gue bg, kedepan kalo mau beli smartphone, sebaiknya lihat review channel Sobat Hape dan kawan-kawannya. Mareka ngereview bukan cuman bagusnya. Bahkan uji coba mereka, sering jadi pertimbangan gue buat beli smartphone lagi.

Intinya, makin banyak produk, kitanya juga harus makin banyak pertimbangan.

Reply

Pengalaman gue, tau kelemahan dan kelebihan product sebelum beli itu penting banget. Tanya sama temen-temen yang lebih ngerti soal gadget dan minta temenin pas beli kalau memungkinkan hehehe

Reply

Baca ini ikut kecewa. "Fasilitas" kerennya yang terpampang terlihat tidak memuaskan jadinya. Sekadarnya, kalo akhirnya beli hp baru, aku nggak akan beli ini.
Btw Bang, itu hp-nya beli di mana? Takutnya bukan original. Buktinya katanya yang suka dimainin game belum ada gejalanya. *lah *malahsuuzon

Reply

lahh, yang ngeluh nggak sebiji dua bijik aja, banyak banget. Harusnya lu survei duluan bang sebelum beli, tapi kalo udah kadung ya pilihan terbaik jual aja, tau kek yg orng lain lakuin tuh, tuker tambah sama brand lain.

Reply

Pak Guru ngomongin teknologi yuhuuu...
Sebagai orang yang sering minjam hp temannya untuk mengetes performa dan ngelike foto sendiri di Instagram, gue emang ngerasa HP(smartphone) Lenovo touchscreennya emang ga enak dan kurang responsif. Bayangin susahnya gue ngelike foto-foto gue sendiri di instagram pake akun temen gue coba susahnya kayak gimana. Btw ini review yang jujur, semoga bisa menjadi masukan buat pihak Lenovo sendiri dan menjadi bahan pertimbangan buat mereka yang lagi nyari smartphone baru.

Reply

lah sebelum beli nga brosing dulu, mas?
kiye postingan mambu duit ora kyeh haha
xiaomi bae mas

Reply

Iya juga ya, tapi lebih awet hape yang gak bisa buat nelpon sama sms pasti lebih awet..

Reply

Semua emang baiknya sesuai kebutuhan ya... Uhuy

Reply

Entah kenapa gue gak tertarik sama sekali sama ipon ipin ~

Reply

Bener Her, gara2 ini gue jadi kapok pake lenovo.. Sekalipun spek keren tapi ternyata rentan kena masalah

Makin rajin cari review dulu juga Her, karena ada review yang kadang gak jujur ..

Reply

Iya gue udah browsing sana sini loh.. Tapi emang apes sih, kecolongan sama kualitas nih HP..

Reply

Gue beli di konter, garansi resmi kok.. TAM, cuma emang liat di grup banyak yang masalahnya sama..

Reply

Udah survei, semua situs gue jelejahain.. Cuma telat gabung di grup, ternyata banyak kasusnya.. Dan gue kecolongan deh, telat sadar infonya

Alhamdulillah udah gue jual nih hp~

Reply

Wah, perjuangan banget ya ngelike foto sendiri pake lenovo, jadi sering panik dong..

Niatnya sih buat yang lagi nyari nih HP bisa koreksi diri dulu aja biar nggak nyesel kayak gue

Reply

Sudah browsing Tomi.. Sayangnya lagi apes juga kali.

Haha ora mambu duit kalem, aje berprasangka ndisit 😁

Xiaomi males ah kakean tipe hape

Reply

Lenovo A7000 kemarin beli harga berapa mas?
Saya barusan beli Advan i4d murah gan, 600 an kalau nggak salah tapi overall memuaskan :)

Haha, kalau kadang di grup memang kalau fanboy nya ganas nggak menyenangkan ya gan. Jadi pengen leave langsung :<

Reply

kalau saya kurang tertarik sama lenovo dari dulu, cuma kalau saya mau beli hp selalu survei semuanya dulu dan mencari kesan orang setelah memakai hp tersebut, dan hasilnya ga ada kata nyesel untuk membeli hp :D

Reply

Produsen smartphone sekarang sering menekankan sama daleman yang ajib dan sadeess. Tapi nyatanya seperempat atau setengah dari memory bakalan dipake untuk sistem.

Namanya juga penjual, pasti promonya wah banget.

Kalo untuk smartphone, balik lagi lah ke pengguna untuk apa beli smartphone itu. Kalo untuk selfie, ada Oppo F1 yang kamera depannya luar biasa. Kalo untuk photography ada Asus Zenfone 3 Ze552KL, kalo mau selingkuh cari aja smartphone yang bisa dual space :D.

Reply

Sedih banget pasti Bang kalau ternyata beli smartphone tapi nggak sesuai ekspektasi kayak gitu. Udah belinya harus korbanin jual zenfone 5 pula.

Yang paling nggak ngenakin batrei boros sih, kan repot. Apalagi kalau panas bisa timbul pinggiran biru itu, ngeri banget.

Sabar aja ya Bang, mungkin dijual itu adalah keputusan yang terbaik. Mending Samsung aja deh Bang, awet.

Reply

awalnya gue pernah liat tuh hp di brosur, spesifikasinya membuat gue tergila-gila ama hp lenovo itu, apalagi mahnya 3000Mah. wew....greget.

iya tapi apa daya, klo mah segede itu bisa habis cuman karna konsumsi layar HD, belum lagi Ram, prosesornya cepet panas.

awalnya sih kepengen hp ini karna katanya fitur terbarunya udah ada speaker sejernih album aslinya..:v

Reply

Lah gak sesuai ekspektasi semua ya :')) kalo gue sih berprinsip jangan beli hp yg kapasitasnya gede kalo gada fast chargingnya. Yg 2000 mah aja bisa 1,5-2 jam, apalagi yg 3000. :'))

Kamera lenovo juga gak bagus2 amat sih biarpun gede. Yang layar biru gitu... gue baru liat. Serem juga ya :/

Reply

Pak, kirain in postingan endorsan, ternyata pengalaman nyata toh?
Aku pribadi baru 1 kali ganti smartphone, yang pertama sony xperia, terus sekarang pake oppo.
Aku juga sebelum beli liat review via website sama nonton video reviewer di youtube, biar g salah langkah pas beli, apalagi yang paling penting harganya itu lho, duit g seberapa tapi kita kan maunya barang yang yahud ye..
dan alhamdulillah, november bulan depan tepat setahun si oppo ini di tangan, sejauh ini g ada masalah, soalnya belajar dari smartphone yang dulu, aku udah milah2 aplikasi apa aja yang dibutuhkan untuk diinstal.

Reply

Wow.. Mkasih review produkny ya.. Bikin dipi jdi hati2. Harga segitu rugi ya dpt produk yg bnyak bgt kekurangannya. Mending beli siomi deh. Tadinya dipi jg ngelirik lenopo, tpi gara2 hasutan teman, akhirnya putuskan siomi aja.

Reply

Aku masih bertahan dengan ASUS Zenfone 5 dan belum sanggup buat ngeganti. Mungkin tahun depan baru sanggup ganti smartphone sepertinya. Doakan ya Bang.

Dulu banget aku pernah pakai Lenovo A7000 yang nggak Plus, dan berhenti pake karena hilang pas di kampus. Lenovo sebenarnya keren juga. Untuk beberapa tipe. Sama lah kayak smartphone lainnya. Sampai menurutku, kerennya smartphone nggak tergantung brand tapi per tipe suka beda beda aja ngasih pengalaman ke penggunanya.

Reply

Waduh banyak yang kena ya ? dulu ada niatan buat beliin nyokab hp ini tapi untung gajadi, kalo lenovo yang paling bagus ya produk leptopnya.

Reply

orang indonesia pada komen hahaha... note 7 dtarik krna meledak... kalian pd ga meledak aja komen kaya bkin HH pake tangan sendiri. A7000 plus banyak yg pake, yg rusak anggap aja apes. samsung iphone emg ga banyak yg rusak? tanya sono pabriknya .. jgnkan lenovo, Mercedes benz aja bsa rusak

Reply

Nyantai aja Om komennya, gue kan pernah make lenovo.. Suka2 gue dong mau bahas nih HH kayak gimana.

Kalo semua dinilai pake 'apes', yaudah kelar urusannya ~~~~

Reply

Nyantai aja Om komennya, gue kan pernah make lenovo.. Suka2 gue dong mau bahas nih HH kayak gimana.

Kalo semua dinilai pake 'apes', yaudah kelar urusannya ~~~~

Reply

Edotz Herjunot @ bener yg anda katakan, sy juga mengalami apa yg anda rasakan,
Semoga bagi teman2 yg ingin membeli lenovo bisa berpikir dulu,

Reply

Problem saya sama, layar membiru...mungkin dia kurang darah :p
Padahal pemakaian baru 4 bulan. Lagi nyoba solusi yg di lapak sebelah. Mau dijual masih sayang ..

Reply

Klw aku skrng msih mke lenovo a7000 plus, selama satu tahun setengah lancar2 aja tp pas bulan desember kemarin layar hpku pun membiru, sudah coba cara yg dijelasin di internet tp msih tetap muncul biru birunya, pngen tukar tambah tp blum ckup uang

Reply

w kira lcd w pinggirannya biru" gegara waktu itu kecemplung.... ternyata emang penyakitnya...

Reply

Sejauh ini aq puas banget pakai Leny A7000-a, aplikasi yg gak penting aq hapus atau sama fungsi misal Google crome sama uc browser hapus salah satu atau game bawaan kita cut, pasti ramnya bertambah. Mau upload foto di FB dah gak muter-muter lagi kayak Samsulq yg kulego, mau YouTube gak ngelag ... Ajib pokok'e, memang klo utk browsing HP terasa lebih hangat daripada Samsul atau Sony tapi batas wajar, karena aq dah pernah ganti2 HP mulai Nokia, Samsul, sony, Alcatel sampai si croos pun pernah, tapi si Leny A7000-a ini aq paling puas klo libur bisa seharian internetan soalnya no lag no muter-muter lancar kayak jalan tol meski tuk YouTube......

Reply

Sejauh ini aq puas banget pakai Leny A7000-a, aplikasi yg gak penting aq hapus atau sama fungsi misal Google crome sama uc browser hapus salah satu atau game bawaan kita cut, pasti ramnya bertambah. Mau upload foto di FB dah gak muter-muter lagi kayak Samsulq yg kulego, mau YouTube gak ngelag ... Ajib pokok'e, memang klo utk browsing HP terasa lebih hangat daripada Samsul atau Sony tapi batas wajar, karena aq dah pernah ganti2 HP mulai Nokia, Samsul, sony, Alcatel sampai si croos pun pernah, tapi si Leny A7000-a ini aq paling puas klo libur bisa seharian internetan soalnya no lag no muter-muter lancar kayak jalan tol meski tuk YouTube......

Reply

Setelah menganggap layar biru itu mitos, akhirnya kena juga leny ane tu penyakit. Dulu ngidam banget ni epong cekret cekret aplot #eeeh tp akhirnya aim sadar klo ni epong punya cacat bawaan lahir. Enaknya di trade epong apa ya lur? Truss harga secondnya berapose sekarang? Khamsiaaa

Reply

ada lagi gan ini kebetulan atau ngga pemakaian diatas 1 tahun mulai ada yang janggal di gps..gps udah mulai ga detec walau sinyal full tapi pas offline malah detect tapi ya gitu,lama

Reply

Gue pakai HP Lenovo a7000 plus biasa2 aja tuh... sumpah! Malahan menurut gue HP Lenovo a7000 plus itu bagus banget gan..

Reply

Gue pakai HP Lenovo a7000 plus biasa2 aja tuh... sumpah! Malahan menurut gue HP Lenovo a7000 plus itu bagus banget gan..

Reply

Setahun lebih gw bangga sama leny ini... Tpi skrg gw udah kena dampak semua yg screenshoot agan.. Bkn apes sih.. Emg bodohnya saya membeli ini hp.. Tpi untungnya ini hp msh bisa gw bwt coment di postingan agan.. Bwt yg ngebanggain ini leny.. Ditunggu aja hari na'as nya. Oh iya soal orang" di grub fb gw termasuk orangnya yg murka, gak terima klw leny ini dihina. Maaf y gan jika jadi salah satu korban murkanya org grup. Wkwkwk

Reply

Gile bener....aq baru beli lenovo a7000+...jadi khawatir gue ��

Reply

Gue juga njir

Reply

Punya gue samsung j5 prime juga ada pinggiran birunya... dan gue kecewa banget karena pemakaian yg baru 3 bulan... di garansi, service centernya gk mau ��

Reply

Sama kayak gue sekarang, mau di jual sayang... baru beli di jual jadi jatuh harga... dan kalau beli lagi harus nambah uang... dan yang paling parah trauma buat beli hp lagi... takut beli hp yg lain jg ada pinggiran birunya lg 😢

Reply

Sama kayak gue sekarang, mau di jual sayang... baru beli di jual jadi jatuh harga... dan kalau beli lagi harus nambah uang... dan yang paling parah trauma buat beli hp lagi... takut beli hp yg lain jg ada pinggiran birunya lg 😢

Reply

Punya gue samsung j5 prime juga ada pinggiran birunya... dan gue kecewa banget karena pemakaian yg baru 3 bulan... di garansi, service centernya gk mau ��

Reply

Benerin aja harga miring di counter faris cell cipinang jaya no 2

Reply

Tergantung pemakaian sih menurut gw
...tp selama 1tahun gw make leny a7000a plus kg d masalah...emang sih kdang"sinyal Suma ilang khusus y buat ga.e online..tp cukup puas

Reply
This comment has been removed by the author.

Post a Comment