Bukan Hape Mito Biasa


Waktu masih kuliah dulu, gue punya hape keren yang suaranya bisa ngalahin merdunya terompet sangkakala yang ditiup sama malaikat Israfil.

Hape itu adalah hape kebanggaan gue yang setiap hari selalu gue bawa kemana-mana. Beli nasi di warteg, gue bawa, beli pulsa di Alfamart gue bawa. Sampai ke kamar mandi pun gue juga bawa hape. Kebetulan format 3gp emang udah bisa keputer di hape gue waktu itu.

Hape gue waktu itu adalah hape Mito. Hapenya Master Limbad. Gue lupa tipe berapa. Yang jelas, hapenya berat banget. Mungkin setara sama berat dadanya Pamela Safitri Duo Serigala. Hape gue itu suaranya bombastis, walaupun enggak ada efek bass-nya. Dan imutnya, yang jadi modelnya waktu itu adalah Master Limbad. Ini sebenarnya aneh, sangat-sangat enggak ada korelasinya antara hape dengan suara kenceng sama sosok penampakan Master Limbad di dusbook-nya. Lah wong Master Limbad ngomong aja enggak bisa. Gimana mau ngeluarin suara Bombastis?

Pada masa itu, hape blackberry masih menjadi raja smartphone. Hape android belum ada fitur BBM-nya. Temen-temen gue mulai banyak yang pakai blackberry gemini 8520, pasarannya waktu itu sekitar 1,8 juta. Gue sendiri setia pakai hape mito. Bukannya gue enggak pengen pakai blackberry, tapi gue enggak punya duit segitu buat beli blackberry. Makan di warteg aja gue nasinya setengah, gorengannya juga setengah, udah gitu minumnya es marimas biar bisa tetep beli pulsa lima ribu seminggu sekali.

Hape mito gue ini seolah punya ikatan batin yang kuat sama gue. Pernah gara-gara gue silent settingan profilnya, gue lupa naruh dimana hape gue. Gue udah obrak-abrik seisi kamar mulai dari kasur, belakang tivi, saku celana, di kamar mandi tempat gue biasa mainan hape sampai sela-sela selangkangan gue, semuanya nihil. Gue misscall pun juga percuma karena hape gue udah di-silent.

Seharian hape gue enggak ketemu. Sampai akhirnya gue pasrah, dan berhenti mencari. Gue pun milih tidur dalam keadaan gelisah. Lalu malam itu, gue bermimpi. Sehabis mandi, hanya dengan berbalut handuk gue masuk kamar. Gue membuka lemari pakaian dan mencari baju. Hape di atas lemari, gue ambil dan gue liat-liat bentar. Setelah itu, hape gue lempar begitu aja ke dalam rak lemari. Setelah itu semuanya menjadi gelap.

Besoknya, pas gue bangun. Gue keinget mimpi semalem dan gue cek di dalem rak lemari kamar gue. Ajaib! Hape gue ada di pojok tumpukan pakaian dalem lemari! Baru kali ini gue lupa naruh hape, terus dapet petunjuk hapenya ditaruh dimana--lewat mimpi.

Entah ini emang hapenya udah sehati sama gue atau peran Master Limbad yang telah memberi sugesti kepada gue lewat alam mimpi gue. Walaupun gue bingung, gimana caranya master Limbad bakalan ngasih sugesti, lah wong ngomong aja nggak kedengeran.

Banyak orang yang bilang hape cina itu enggak awet, gampang rusak. Tapi gue sendiri enggak sependapat. Hape mito gue udah bertahun-tahun menemani masa kuliah gue dengan elegan. Nggak ada kerusakan parah yang membuat gue mesti ngeluarin duit buat nyervis. Hape mito ini benar-benar membuat gue terharu.

Hape dengan harga murah, dan cuma gue pakai buat sms sama telfon. Cara memperlakukannya jelas beda sama hape mahal yang bisa dipakai lebih dari sekedar sms sama telfon.

Sepulang kuliah, tiap masuk kamar. Gue lebih bahagia kalau hape mito ini gue lempar ke kasur dan beberapa kali meleset lalu nyundul tembok. Padahal opsi yang lebih manusiawi ada banyak; naruh di atas lemari, naruh di atas tivi atau naruh di atas magic com bekas masak nasi beberapa hari yang lalu.

Hape mito nan murah itu sering menerima perlakuan enggak ngenakin dari gue. Gue lempar sembarangan, gue taruh sembarangan bahkan kadang suka gue pipisin sembarangan.

Karena terlalu seringnya menerima perlakuan yang barbar, hape mito gue mulai melemah. Gejala awalnya, keypad huruf qwert-nya mulai lepas satu per satu. Tragisnya, gue justru memilih membiarkannya begitu saja. Karena sebelum gue punya niat buat benerin, gue sadar, nyari keypad mito pasti sama susahnya kayak nyari cewek yang kayak Tyas Mirasih terus mau diajakin pacaran sama orang dekil kayak gue.

Lagian walaupun keypadnya udah mulai lepas satu per satu, hapenya enggak ada masalah, buat ngetik juga masih lancar. Gue pun tetap membiarkan hape mito itu seperti apa adanya. Benar-benar hape cina yang tangguh.

Kebiasaan buruk gue lainnya adalah, gue sering ngeces, lepas, ngeces, lepas. Jadi pas lagi ngeces, ada sms, gue tarik aja hapenya langsung sampai kabelnya lepas dari colokan, bukannya ngelepasin ces hapenya dulu. Sampai pada akhirnya, gue harus menerima kenyataan kalau lubang cesan hapenya mulai suka eror. Buat ngeces suka enggak masuk. Walaupun batrenya awet banget, bisa sampai empat hari, tapi gue tetep frustasi kalau lubang buat ngeces hapenya enggak bisa kepakai.

Gue bener-bener mulai gundah. Lubang ces-cesan hape mito gue bentuknya gepeng kayak ces-cesan blackberry dan gue enggak tahu tingkat kegepengannya sama atau beda. Waktu itu temen sekontrakan gue belum ada yang punya hape blackberry. Jadi enggak ada ces-cesan yang bisa gue pinjem buat melakukan observasi.

Gue mikir-mikir lagi, kalaupun mesti beli dateng ke mito center, kayaknya gue mesti ke mall matahari atau citraland lalu muter nyari tulisan mito center buat nyervis lubang ces-cesan. Tapi kok kayaknya males banget kalau ke mall cuma nyervis lubang cesan doang. Udah gitu kalau ternyata harganya mahal, bisa-bisa pulangnya gue mesti gadaiin BPKB motor gara-gara enggak bisa bayar parkir.

Gue jadi kepikiran buat beli ces-cesan desktop yang cara ngecesnya mesti nyopot baterai. Walaupun rasanya enggak ikhlas karena itu enggak efektif sama sekali, kayaknya mau nggak mau gue mesti melakukan itu.
 

 Baterainya aja dua, kalau beli ces-cesan model desktop, masa iya gue mesti ngeces satu-satu.

Malam itu, saat gue terlelap dengan keadaan hape gue matiin untuk menghemat baterai karena lubang cesan yang rusak. Gue bermimpi, lagi-lagi gue sedang ada di dalam kamar. Gue duduk nonton tivi, sambil ngemil sate kambing. Iya, cuma di dalam mimpi, sate kambing bisa gue cemilin. Kalau di dunia nyata, sambel sate kambing sisa temen gue jadiin lauk.

Saat itu, gue nggak tau lagi nonton apa, yang ada gue justru mendengar peringatan kalau hape mito gue baterainya lemah. Lalu dengan santainya, gue ngambil hape itu dan gue ces pakai ces-cesan nokia yang lubangnya kecil milik temen sekamar gue. Anehnya, pake ces-cesan itu ternyata bisa ngisi.

Begitu bangun, gue langsung buru-buru ngecek hape gue dan mengamati lubang yang ada di bodi samping. Gue amati dengan sungguh-sungguh dan gue melihat ada beberapa lubang yang sepertinya sesuai kayak mimpi gue semalem.

Begitu gue pasangin salah satu lubang hape mito gue pake ces-cesan temen gue, ajaib! Hapenya bisa ngeces dengan mulus. Untuk kedua kalinya, gue diberi petunjuk lewat mimpi untuk hape ini. Ini bener-bener ajaib.


 Setelah silikonnya gue buka, ternyata ada lubang kecil di pojok bawah. Ini adalah lubang penyelamat.

Sampai saat ini  gue masih nggak nyangka, kalau gue bisa menemukan solusi ngeces hape mito pake ces-cesan nokia lewat mimpi. Bukan lewat google, kaskus atau pkspiyungan. Berkat petunjuk penting itu gue jadi nggak perlu beli ces-cesan desktop yang enggak praktis dan lama penuhnya.

Mengingat pengalaman spiritual gue yang enggak biasa dengan hape mito ini, gue memutuskan untuk enggak ngejual hape ini, juga karena alasan lain yang lebih masuk akal, kalaupun dijual juga nggak bakalan laku hapenya.

Buat gue hape mito ini lebih dari sekedar hape. Gue jadi ingat di anime One Piece, waktu itu Luffy dkk. sedang ada di Pulau Langit. Kapal Luffy yang dikasih nama ‘Going Merry’ rusak berat dan enggak bisa dipakai buat kembali lagi ke Grand Line. Suatu malam, Usop yang kebelet pipis, bangun dan pergi mencari tempat buat pipis. Dalam keadaaan mengantuk, Usop melihat ada suara seseorang sedang memukul palu membetulkan Going Merry. Namun orang itu enggak terlalu jelas, karena tertutup kabut yang cukup tebal. Mengira itu hantu, Usop pun segera lari ke arah teman-temannya. Besoknya, tanpa diduga kapal ‘Going Merry’ sudah kembali elegan dengan bentuk yang lebih canggih yang siap dipakai buat kembali lagi ke Grand Line.

Di Episode ‘Water Seven’, akhirnya Usop tahu kalau orang yang dilihatnya di balik kabut sedang membetulkan ‘Going Merry’ adalah jelmaan dari kapal itu.

Walaupun keliatan nggak masuk akal, hape mito gue juga mirip kayak gitu. Emang sih, enggak benerin sendiri, karena itu jelas enggak mungkin. Hape mito gue seolah ngasih tahu gue lewat mimpi, yang pertama pas hape gue dicari nggak ketemu, yang kedua pas lubang cesannya nggak bisa dipakai. Seolah-olah hape mito ini pengen kalau gue bisa terus memakai hape ini. Walaupun pada akhirnya, hape mito ini harus gue pensiunkan karena ratusan dekade kemudian gue bisa beli hape blackberry berkat pengiritan ekstrim dengan metode makan sehari sekali, banyakin minum air putih.

Entah ini karena pengaruh Master Limbad atau karena hapenya udah nyetel banget sama gue. Yang jelas ini benar-benar sesuatu yang mengharukan dalam hidup gue. Halah.

39 Upil

Thanks, gan, infonya.

Itu beneran batre hpnya ada dua. Kocak, ya. Baru tahu gue ada yang kaya gitu.

Hmm. Kayanya keajaiban hp mito itu berkat peran master Limbat. Atau mungkin itu adalah isyarat dari master Limbat. Kalau lu terpilih sebagai model dan penerus dia.

Reply

sama nih, saya dulu juga punya. hp nexian tapi. walau udah hancur keypadnya tapi masih bisa di pake. cuma masalahnya suka mati sendri terus kadang suka gk bisa dihidupin lagi.

sya juga penasaran waktu itu, limbad mungkin kalau ngomong sama kayak hp itu yang di iklan.. keras banget

ngomongin going merry saya jadi sedih
inget arc water seven sama ennies lobby .... merry di bakar... saya sampe nangis apalagi lagunya itu

Reply

so dramatic bang, tapi salut buat si kuat mito, dia tangguh dan tahan banting, tapi lebih dari itu tahan dipipisin adalah point yang paling penting. salam hangat buat lubang casannya bang

Reply

Keren lah hapenya rangerz, tapi aku pikir rangerz orangnya antimenstrim jadi pilih hape yang beda dari yang lain taunya gak punya duit.

Tapi yang paling keren kayak ada ikatan batin gitu ya tiap kali si mito kenapa-napa selalu menghubungi empunya lewat mimpi dan ternyata mimpinya bener. Pasti pas dibikin tuh hape sudah dijampi-jampi dulu sama master limbad.

Terus sekarang mitonya masih ada gak? Siapa tau dia ngebaca tulisan ini terus rangerz mimpi si hape bisa ngomong terus ngucapin terima kasih sudah diceritain di blognya

Reply

Kalau abang pakai Mito, kalau gue dulu punya HP Nexian. Beuh... ketika BB mulai merajalela Dan banyak Temen yang pake, gue masih setia pakai Nexian, bukannya gak mau ganti, tapi emang gak bisa xD

Oh iya, kayaknya emang udah sehati banget tuh sama Mitonya, ampe 2x dikasih isyarat sama Mimpi. Atau bisa juga itu salah satu cara alam bawah sadar abang buat ngasih tau solusi tentang Mito abang :D

Reply

Sebenarnya ada korelasinya antar hp Mito sama Limbad Dotz, Limbad kan kuat dan tahan banting, suaranya pakai suara hati tapi hehehe "halah

Tapi kok bisa gt yaa..dikasih ilham dari mimpi, sampai 2x lagi, emang bener2 tu hp Mito tu bagian dari hidup km Dotz, nyatanya walau udah km lempar tp masih aja seteroooong hahahaha

Kasihan si Mito, biar kyk gt kesannya bersejarah bgt buat km Dotz. Sayang km dah pindah ke lain hati (blackberry, red)

Reply

Master Limbad tangga desane aku... *info*

itu pas kebangun dari mimpi ada yang basah dan pliket gak mas? :D

jangan dijual, gak ternilai harganya. selain emang gak ada harganya, kenangannya itu lho mas. gak ternilai.

terus rencana kedepan mau diapakan tuh?

Reply

Nangis beneran saya waktu scene going merry dibakar :'(
#loh malah bahas one piece... hehe

Ikatan batin ama hape mito mu itu kuat bener, ampe menemukan solusi dari mimpi begitu. Wah bener itu hape jgn dijual, meski mungkin nanti umurnya habis tetep harus diabadikan hape itu sebagai penghargaan terakhir... Supaya hape mito nya engga sedih :(

Btw, itu hape kan dibawa ke kamar mandi. Terus kenapa membahas kalau hape mito nya sudah bisa support 3gp? Klo gitu kn aku jd mikir macem2 dgn apa yg dirimu lakukan di kamar mandi sambil bawa hape, wkwk

Reply

Waktu gue baca judulnya pasti ini bakalaan menarik nih cerita ,, dann eng i engg bener dah bikin gue ketawa gila :v ... itu hp mito dipipisin anjir kocak banget,mas :v ...

Reply

Aihhhh ajain banget itu hape. Beneran ngasi wangsit lewat mimpi?

Reply

wkwkwk.. gue kira hanya nokia layar kuning aja yang dibanting kagak pecah, rupanya mito lebih tahan banting. Coba diketok kape palu mas, gue pengen liat qualitynya tetap bertahan atau ngak..

dianexploredaily.blogspot.com

Reply

Wuihh keren ya, bisa dapet petunjuk dari mimpi. Itu sih kayanya emang gara gara pengaruh om Limbad tuh.

Ternyata hape dengan dua batre beneran ada ya wkkwkwk tpi kasian deh tombolnya jadi setengah setengah gitu haha
Eh iya, hp china ku dulu waktu dipakein chargeran desktop batrenya langsung gembung gitu sihh

Reply

haha :D keren, bisa dapet petunjuk dari master limbad :D

Reply

Ibarat cewek, hp mito itu selalu ngasih kamu kode biar doi nggak ditinggalin, Bang. Dengan menghalalkan segala cara, sampe ngasih petunjuk lewat mimpi. Karena baik cewek ataupun hp, nggak ada yang mau ditinggal apalagi udah berhubungan lama. *lah apaan nih curhat wkwk*

Nggak ngerti kenapa kemistrinya Limbad sama kamu kuat banget ya, Bang. Aku sendiri jadi terharu. Padahal kalian belum pernah saling pandang~

Reply

kalo gue dulu seneng banget sama merek Cross, beli 2 kali cross sampe beli android juga pake cross. Sama tahan banting juga. Ganti gara-gara keypadnya udah rusak aja..
Keunggulan dan Kelemahan mobil Blazer

Masalah dan Penyelesain Mobil Blazer

Aksesoris Mobil Blazer

Sparepart Mobil Blazer

Modifikasi Mobil Blazer

Reply

hp-nya udah nempel banget kali sama mas nya g mau kehilangan wkwkw

Reply

gilak, itu baterainya dobel! hapenya joss banget penampakannya..
ganti fullsetnya aja dah itu kalo ada biar jadi baru lagi..hehe

Reply

kok lo sama bang kayak gue. dulu gue juga suka pakek hape china bukan suka sih emang nggak ada lagi pilihannya. hape BB waktu jaman gue dulu harganya masih terbilang mahal jadi mending hape cina ajah yang murah meriah..

gue juga sempet nulis tetang hape cina gue haha.. mereka emang layak dijadiin bahan tulisan .

Reply

Yoi, gan..

yoi emang gaul.

Kayaknya nggak deh, gue masih pengen bisa ngomong.. kalo kayak master limbad susah kalo mau godain cewek

Reply

Kayaknya hape lo emang udah waktunya buat pensiun deh..

Wah iya, emang bener bikin sedih.. gue juga sampe gigit pembalut saking meweknya.

Reply

Itulah okenya mito, bisa dipipisin kapan aja yam.

lo nggak pengen nyobain lubang casannya yam?

Reply

Kadang nggak punya duit sama anti mainstream suka beda tipis.

Itu kalo dijampi-jampi gue jadi ngebayangin berapa ribu produk mito yang dijampi-jampi sama master limbad -_-

masih adalah, masih terus ada dalam dekapan gue juga walau sudah tak bernyawa~

Reply

Emang nggak bisa beli gitu ya , kayak gue :D

ENtahlah, itu masih jadi misteri sampai sekarang, gue bener2 masih tah kabis pikir~

Reply

Tapi Limbad tak bersuara Mei -_-

Itulah okenya mito double baterai Mei, kasingnya aja dari besi haha

iya, bagaimanapun juga mitonya tetep terkenang~

Reply

Mbiyene limbad dai opo nang desamu Tom?

Biarlah menjadi seonggok hape yang tak bernyawa, bahwasanya memang hape itu terlalu sayang untuk dibuang~

Reply

Iya emang sedih sih pas tragedi going merry~

Sip, setuju.. mito ini emang bener2 punya peran yang penting..

Nggg... kalau itu, Nggg...

Reply

Udah nggak ada kesempatan diketok pake palu, hapenya udah beristirahat dengan tenaaang~

Reply

Banyak orang mengira ini peran dari master limbad, tapi gue belum punya waktu buat konfirmasi ke orangnya langsung.

Gila banget kan hape mito, batre dua, sekitar 2000 Mah dijumlahin, udah kayak batrenya android aja.

itu batrenya kudu dinikahin sama desktopnya. harus.

Reply

Iya ya Wi, perjuangannya ngasih tau gue udah bener2 maksimal bangetn ... kerenlah~
itu kamu bukan sekalian surhat kan ya, Wi :P

Gue kalo dipandang Limbad, cukup lima menit gue langsung bisa berangkat umroh wi.

Reply

Setiap orang punya cerita tersendiri dengan hapenya~

itu masnya surhat kok bawa2 mobil blazer segala~

Reply

iya, nempel banget udah kayak prangko.
*iklan jaman dulu*

Reply

kayaknya kalo fullset, bakalan beda rasanya, biarin aja kayak gitu~

Reply

Iya Pik, niatnya sih pengen pake BB... tapi duitnya empet-empetan waktu itu :D

kayaknya gue udah pernah baca deh postingan lo yang itu haha

Reply

wahahaha, keren ya hapenya limbad. bisa datengin majikannya via mimpi. bb gue juga pernah gue perlakukan tidak handphonesiawi. gara2 sering hang, bagian belakang hape sering gue tonjok dengan keras.... alhasil ya gitu. bagian dalamnya rusak. layarnya juga rusak, walau nggak sampe pecah. setelah gue pikir2... gue adalah seorang psikopat untuk sebuah handphone.

Reply

Wah, dulu gue juga pake hape gituan, ngga tau sama ato ngga. Kalo hape gue dulu sih, tempat memorinya ada dua, jadi enak buat ngisi-ngisi lagu, foto dan video.

Sesuatu yang baru hanya mengingatkan kita bahwa sangan berartinya yang Lama -Shitlicious.

Reply

Terima kasih atas info yang sangat menarik ini gan =))
Kunjungi balik blog ane ya gan :D
http://clayton88.blogspot.com | http://goo.gl/lNMX3D | http://goo.gl/sCBswn | www.Babapoker.com | http://bit.ly/1NM7v7j | www.Ingatpoker.com | http://goo.gl/eQV9d3 | http://tinyurl.com/plzqfn6 | http://informasiberitatop.blogspot.com | www.Axioobet.com | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/tw2ZtP | www.Bapakpoker.com | http://bit.ly/1SBm0g2 | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/RkuB4G | http://goo.gl/8rM20b

Reply

Post a Comment