Hal-Hal yang Bikin Mendadak Ingat Sama Mantan

7/07/2014 07:01:00 am


Kalau ada pertanyaan seperti: Makhluk apa yang paling indah di dunia ini? Makhluk apa yang paling bikin nyesek di dunia ini? Makhluk apa yang bisa bikin peredaran darah di pantat gak lancar? Makhluk apa yang bisa bikin hati mendadak perih? Bahkan betadine dan kalpanax pun tak mampu menyembuhkan perih itu. Jawabannya satu, mantan.

Iya.. mantan bisa menjelma jadi sesuatu yang begitu indah sekaligus bikin nyesek. Gue sendiri masih bingung, kalau mantan bisa jadi sesuatu yang bikin galau, seharusnya gak perlu ada yang namanya mantan. Kalau mantan nantinya selalu bikin perih, harusnya gak perlu ada yang namanya mantan. Kalau mantan begitu sangat berharga, kenapa waktu masih jadi pacar enggak dijaga baik-baik?

Mungkin jawabannya, karena kita baru sadar betapa berartinya seseorang saat kita telah kehilangannya. Sama kayak Pulau Ambalat, yang tadinya enggak dianggap, begitu diklaim sama Malaysia rasanya jadi nyesek banget. Expired banget ya? Yaudah sih, analoginya emang agak maksa. Gak apa-apa, ini bukan skripsi.

Ngomong-ngomong masalah mantan pasti enggak jauh dari yang namanya galau, nyesek, perih, lemah, letih, lesu, lunglai, lelah. Oke, “5 L” terakhir tadi kayaknya sih bukan karena mantan, tapi emang dasarnya kurang darah aja. 

Mungkin kita ngerasa udah bisa move on, tapi percaya deh.. pasti ada saatnya kita mendadak inget sama mantan, mendadak nyesek inget saat-saat dulu bareng mantan. Dan rasa nyesek itu bisa datang tiba-tiba, karena beberapa hal di bawah ini:

Lagu
Selama pacaran, pasti kamu akan melewati banyak momen bareng dia. Dan diantara sekian banyak momen itu, kamu punya yang namanya original soundtrack buat hidup kamu bareng dia, lagu yang ‘kamu-dia’ banget. Seperti misal, pas lagi kangen, telfon-telfonan, pacar nyanyiin ‘Lagu rindu’-nya Kerispatih. Kamu senyum-senyum sendiri, nahan geli karena suaranya kayak orang cepirit. Begitu telfon ditutup, kamu donlod lagu itu dan disetel mode berulang-ulang sambil senyum-senyum sendiri, sampai kamu ketiduran. 

Ada juga yang pacarannya LDR-an, untuk saling menguatkan cinta berdua nyanyiinnya lagu ‘Stasiun Balapan’-nya Didi Kempot, tiap boker bareng (kamu di sini, dia di sana) lagu itu selalu disetel kenceng-kenceng. Biar kesannya makin mesra, romantis, maka e’ek pun harus couple.

Yap.. intinya, saat pacaran pasti ada lagu yang mewakili kamu banget atau spesial karena liriknya pas banget dengan kisah kasih kamu. Dan pada akhirnya, pas udah putus.. waktu lagi jalan bareng temen atau gebetan, gak sengaja denger lagu yang jadi original soundtrack kamu bareng mantan. Hati kamu mendadak pendarahan, luka yang belum bener-bener kering jadi terbuka lagi. Dan mood yang udah baik jadi terjun bebas. Semua hanya karena lagu. Kamu pun sedih tiada akhir.

Tempat Favorit
Bersama mantan, pasti ada tempat yang jadi destinasi utama tiap jalan sama pacar (waktu belum jadi mantan). Seperti pantai, masjid agung, taman kota yang tiap parkir bayarnya patungan--kurang lima ratus ditagih, sampai bilik warnet yang pintunya tertutup rapat. 

Tanpa kamu sadari, tempat-tempat yang sering disinggahi pada akhirnya akan menjadi luar biasa karena terbiasa. Sangat menempel di otak karena menyimpan begitu banyak momen saat kamu lagi jalan sama pacar, saat kamu bercerita tentang banyak hal bareng pacar. 

Dan saat lagi jalan bareng gebetan dalam rangka mencoba move on, gebetan yang mau bikin surprise ngajakin jalan dan gak taunya tempat yang dipilih adalah tempat yang biasa kalian datengin bareng mantan. Pada akhirnya, itu bisa bikin hati kalian mendadak perih, encok, pegel linu dan patah. Semua karena tempat favorit, yang telah memaksa kamu untuk mengingat sesuatu yang tidak diharapkan. Kamu pun sedih tak terperi.

Parfum
Tiap jalan sama pacar, gue yakin persoalan aroma tubuh sangat diperhatikan. Gak mungkin kalian jalan sama pacar, tanpa mempedulikan pakai parfum. Saking seringnya ketemu, saking seringnya jalan bareng, hidung kamu pasti jadi familiar sama aroma parfum pacar kamu. Emang sih, kadang pacar sering gonta-ganti aroma parfum, kadang bau strawberry kadang bau royal jelly. Tapi bagaimanapun juga, hidung enggak bisa bohong. Karena hidung sanggup mengingat aroma yang udah berkali-kali kamu hirup. Dan saat kamu lagi jalan sama gebetan atau pacar... hidung kamu gak sengaja nyium aroma parfum orang yang kebetulan sama kayak parfum yang pernah dipake pacar. Pada akhirnya hal sesederhana itu bisa bikin hati jadi bersin-bersin, pilek, ngeluarin ingatan akan kenangan bareng mantan. Iya, hanya karena parfum. Kamu pun sedih tak bertepi.

Makanan
Sekian lama menjalin hubungan, kamu pasti udah bisa mengidentifikasi makanan kesukaan pacar. Kamu bakal selalu inget sama kebiasaan-kebiasaan pacar kamu. Misal, kalau makan ayam KFC, kamu yang makan dagingnya, pacar yang makan tulangnya. Kalau makan mie ayam, kamu makan mie-nya, pacar makan kuahnya. Terus kamu inget kebiasaan pacar yang minumnya es jeruk dikasih gula jawa dan kamu yang bayar semuanya. Semuanya kamu ingat, sampai-sampai kebiasaan pacar yang suka gigitin es batu juga kamu ingat. Dan saat kamu jalan sama gebetan atau temen, tiba-tiba ada yang mengulang kebiasaan itu di depan kamu. Kamu jadi terbanting ke masa lalu, saat-saat bareng pacar, dan nyeseknya... semua itu udah berlalu. Kamu pun sedih berkepanjangan.

Orang yang Mirip Mantan
Di dunia ini kadang kita menemukan beberapa orang yang wajahnya mirip satu sama lain. Ada orang  yang lubang hidungnya dua namun tidak sama besar diameter lubang yang kanan dan kiri, dan ternyata itu sama kayak tetangga sebelah yang punya lubang hidung sejenis. Di sekolah, ada yang telinganya berlubang, ternyata guru kelas telinganya juga berlubang. Seringnya punya kesamaan. Nah.. sebagai pacar yang seringnya bareng, kamu pun pasti juga udah paham banget keadaan fisik luar pacar. Tentang pacar yang punya tahi lalat di bawah hidung, belakangan setelah putus kamu baru sadar kalau itu adalah upil yang telah mengering, juga tentang pacar yang terbiasa pakai gaya rambut poni samping kayak jaman Andika eks Kangen band lagi jualan es cendol.

Sampai pada akhirnya, kamu ketemu sama orang yang secara fisik penampilannya mirip banget sama mantan. Mulai dari sepatunya yang pakai sepatu kuda, sampai ke pergelangan tangannya yang biasa pake karet gelang warna warni. Ngeliat itu, kamu pasti mendadak asma, susah nafas, belakangan kamu baru sadar sebulan terakhir kamu enggak ngupil. Pantes susah nafas.. memori akan mantan mencuat lagi ke permukaan karena kehadiran orang yang mirip mantan. Dunia menjadi hitam putih. Kamu pun sedih tak berujung.

Mantan memang telah berlalu dari kehidupan, tapi kesannya sulit untuk dilupakan. Maka dari itu, kalau saat ini kamu punya pacar, jangan terlalu memaksakan ego kamu yang akhirnya membuat pacar jadi enggak nyaman. Karena hubungan yang retak, berawal dari menjalani hubungan yang tidak nyaman dan ditahan.

Jadi... sebelum pacar kamu akhirnya harus jadi mantan dan hanya tinggal kenangan, lebih baik jaga pacar kamu sebaik mungkin, daripada merasa terlalu takut kehilangan yang akhirnya jadi banyak nuntut. Mending bikin pacar kamu senyaman mungkin.

Kalau menurut kalian sendiri, ada gak hal lain yang bikin mendadak inget sama mantan?

You Might Also Like

50 Upil

  1. Shit! Gw ngalamin dua dari yg elo sebutin itu dotz. Parfum sama mirip mantan. Entah kenapa beberapa kali nyium parfum yang persis banget dipake mantan, eh sekarang di tempat kerjaan ada anak baru yang mirip mantan... ssssst

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi sekarang tiap hari kerjaannya nyedotin parfum orang terus di kantor?
      jangan gitu, ah.. nyedot aroma keringat temen aja buat bantu move on..

      Delete
  2. akhhh upil, gue joblo!
    iyasih sampe sekarang masih inget kalo lewat temapat ketoprak kaki lima depan museum, yah walaupun cuma sekali makan di situ sama mantan. dimana dia gue isengin, modusnya gue yang traktir. padahal ketopraknya dia gue pesenin cabenya banyak. punya gue enggak pake cabe. dia kepedesan makanya ampe bercucuran keringat gitu sementara gue ketawa evil khahaha. *malah curhat*

    eh btw gue sering baca tulisan di blog ini tapi baru sekali komen hehe
    salam kenal ya bang *salaman*

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah .. santai aja mblo..
      endingnya curhat dan tiba2 merasa susah move on lagi... santai aja dulu santai..

      aaah makasihhh~
      salam kenal juga.. *nyodorin upil*

      Delete
  3. HAHAHA kamu bikin postingan ini bukan karena lagi keingetan mantan kan Bang?

    Aku setuju tuh. Tapi inget mantan itu ada fasenya loh kalo menurutku. Di saat belum move on, mungkin kita lagi nginjek fase sedih. Di mana semua hal yang ngingetin pasti bikin sedih ujung-ujungnya galau lagi. Tapi paling enak itu fase ketawa. Di saat inget hal-hal yang udah dilakuin bareng mantan, ketawain aja. Apalagi pas bagian nagis-nangisin dia dulu. Pasti akan ada fase, "Kok dulu aku gitu ya?" lalu ketawa. Hahaha~

    ReplyDelete
    Replies
    1. nulis kayak ginian gak harus inget mantan juga kan Wi -_-
      iya, ini bukan alibi gue.

      hahahaha... ah Dwi, jauh lebih memahami tentang fase-fase move on dari mantan.. Tjiye~

      Delete
    2. Kan biar dihayati sih Bang hahaha. *dimarahin pacar Bang Edotz*

      Iya aku asistennya Arip, asisten duta move on. Karena gagal move on itu bikin mood seseorang jadi berantakan. Percaya geh.

      Delete
  4. Orang yang mirip mantan, itu yang asem banget menurut gue :')

    ReplyDelete
  5. eek pun harus couple.

    so sweeet.

    :((((((

    ReplyDelete
  6. Hahahahaha, bedebah lu bang. Setiap paragraf tentang rasa nyesek, kalimat penutupnya selalu diakhiri dengan kalimat yang ngehe banget. Kamu pun sedih tak berujung, kamu pun sedih tiada akhir, bla bla bla... :))

    Gue curiga nih bang. Sewaktu lo menulis mengenai hal ini, pasti ada sesuatu yang sangat lo rindukan. Hingga pada akhirnya, observasi lo tentang mantan kayaknya bener semua. Sebagai teman yang baik gue ingin menyarakan, banyaklah mencari kata mutiara mario teguh mengenai problema mantan, bang. Ya, semoga aja dengan kata mutiara itu lo mendapatkan motivasi untuk menghilangkan rasa nyesek yang sampai sekarang (mungkin) hinggap di hati lu. Weeeee..... :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah elo kok perhatian banget sama gue Mat, gue jadi terharu... xixixixi *ketawa unyu*

      hanjiiir ... mentang2 nulis beginian peran mantan sangat signifikan gitu? hahaha terus dengan lo tanya gitu gue harus mengakui kebenarannya dan melemahhkan diri di hdapan orang2.. enggak Mat, gue enggak selemah itu.. enggak mat :(

      Delete
  7. Salam kenal mas.. Nice postingan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sukur deh kalo postingan gue nice...
      ya ampun gak nyangka banget postingan ini bakalan jadi nice ..
      makasiiih makasiiih

      Delete
  8. iyak bener banget bang edott!! sepandai-pandainya orangberusha untuk move on pasti akan galau juga :|
    apalagi kalau ada pemberiannya yang padahal udah di letak di sudut dunia paling jauh, ketika terbongkar kembali, bahhh ingatan itu kembali menguat :|

    selamat mengingat mantan bang edot..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata mantan itu dahsyat ya.. bisa semengerikan itu, bikin otak mendadak kram kalo inget yang dulu..

      kok gue diselamatin :|

      Delete
  9. iya, gue juga heran, pas jadi pacar gak dijaga. berantem mulu kerjaannya. akhirnya, si mantan jenuh, terus minta putus. pas putus malah nyesel. cinta emang gitu kali ya.

    yang paling banyak bikin keinget mantan itu Lagu kalau buat gue sih dotz. bukan cuma lagu soundtrack gue dan dia, tapi ngedengar lagu yang liriknya bikin nyesek dan sama kayak yang gue alamin itu bakalan bikin keinget mantan.
    ada lagi sih yang bikin seketika keingat mantan. pas bangun pagi ataupun kalo pas ramadhan gini, pas bangun mau sahur, cek hp, gak ada sms ataupun telpon. biasanya mantan yang bangunin. keinget itu, seketika galau lagi. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah emang gitu.. gak pandai bersyukur kebanyakan..

      haha nah iya.. kadang kalo liriknya pas suka otomatis nyesek sendiri, hati mendadak mellow..
      ciyeee yang jadi inget masa-masa sahur bareng mantan ciyeee~

      Delete
  10. Absurd! Gali ingatan masa lalu kala punya pacar yang berubah wujud jadi mantan.
    1. Bulan purnama, kala matlam di kampung, dan pas keluar jadi ingat dulu pernah kumpul bareng teman berikut mantan. Momen matlam itu bagus juga, bisa lihat keindahan purnama.
    2. Orang dengan bodi tegap dan paskibraka plus pramuka, mantan ikut ekskul gitu di sekolahnya yang beda sekolahan.
    3. Rambut cepak lebat, itu potongan rambut mantan.
    4. Serba biru, itu warna mantan.
    5. Batu kali besar, mantan pernah cari uang jajan denagn angkut batu untuk bikin rumah dari sungai ke atas. Hebat doi.
    6. Sekarang malas ingat mantan, gue sudah nikah duluan, disusul mantan. Gue punya anak laki duluan, disusul mantan. Gue pikir haram hukumnya terkenang-kenang lelaki lain yang bukan mahram, hehe. Kasihan suami.
    BTW, seiring waktu jika Mas Edotz sudah berkeluarga dan punya anak, yang namanya kenangan akan mantan semoga menguap. Biar saja tulisan yang mengabadikannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asek... ternyata Mak roh juga pernah ngalamin yang namanya momen-momen inget sama mantan.. tjiyeee~ sampai bilang2 hebat segala ah tjiyee~ :D

      iyadonk.. kalo udah berkeluarga udah enggak boleh nengok ke belakang.. harus ngeliat ke depan bareng orang yang disayang.. jangan sampai terpuruk oleh kenangan lagi.. tsah~

      Delete
  11. Wahahaha, sial masalahnya tentang mantan malah di bawa ke orang yang kekurangan darah, absurd :))

    Kalo gua lebih terasa banget di bagian lagu, eh tempat favorite, parfum juga, di bagian makanan sama orang mirip mantan juga termasuk deh.......

    Ada kata" yang buat jleb banget. Menyia-nyiakan mantan akan terasa setelah kehilangan ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya iya.. yang abis buka puasa sama kenangan.. udah gak usah menutup diri.. belum bisa lupa sama mantan kan?

      iya.. kata2nya ngejleb.. orang kemarin baru buka puasa bareng kenangan~

      Delete
  12. gue heran kok lo tau tempat warnet yang tertutup bang, gue cukup yakin lo ini pernah pacaran disana. dan main.....

    game online :D

    semua yang lo tulis benar adanya bang, soalnya gue lagi ngalamin. dan sialnya lo ingetin gue akan hal itu. bang lu kampret bener..
    menurut guua ada lagi bang, yaitu kendaraan dan jalan yg kita lalui.. setiap kita jalan kan pasti pake kendaraan dan boncengan, trus lewat jalan2 kenangan gitu. duh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue enggak main game online tapi gue main catur di bilik warnet Pik..

      ah iya.. lo kan abis putus ya Pik sampai2 postingan lo mendadak galau semua hahahayaudahsabarajapikhahaha :D

      Delete
  13. Haha. Hati pegel linu? XD

    Yup! Bener bingit. Tempat favorit sama makanan emang paling sering bikin inget sama mantan. Gue sama mantan, dulu sering makan nasi goreng deket sekolah. Itu bikin gue inget terus sama dia tiap kali gue makan nasi goreng. Tapi sekarang udah beda. Udah ga ada lagi teman makan nasi goreng. Udah ga ada lagi yang bayarin. #malahcurhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu ya.. kenapa gak ada yang bayarin.. lo makan di tempat bokap sendiri minta dibayarin pacar? cowok macam apa lo :|

      Delete
  14. satu lagi bang yang bakal bikin inget.
    "pose foto bareng pacar---(yg belum jadi mantan)"
    lagi asik jalan sendirian, menanggung kesendirian ditaman, ngeliat sepasang kekasih lagi poto-poto imut gitu, posenya mirip kaya kita dan man...ahh itulahhh, mprett abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu.. blunder banget kalo foto bareng mantan masih disimpen terus.. semacam masang jebakan betmen di rumah sendiri. tapi ya karena itu elo gue memaklumi sepenuh hati..

      Delete
  15. Sumpah, gue belum pernah punya mantan bang edot -_-. baca ini jadi pengen punya mantan nih biar bisa ngerasaai inget mantan :p *kalimat terakhir bercanda kok siapa juga yang mau jadi pacar gue -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. segeralah punya mantan biar hidup lo lebih elegan..

      Delete
  16. Mantanku .. ! aku jadi mengingatmu lagi kampret... !

    Bang, postingan kali ini mengenai ubun-ubun sisi kerja memory otak sebelah kananku...

    Iya semua hal diatas yang bisa mengingatkanku sama mantan, kecuali farfum.. gue benci farfum.. hehe.. tulisannya keren abis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ubun2 lo banyak kutunya?baiklah.. baiklah~

      bau badan lo itu udah juara banget.. gak ada yang namanya parfum~

      Delete
  17. Kok pada semangat banget ya nulis komentarnya. Aku nggak punya mantan, Bang, jadi gimana ya...hemm. Oh tapi dulu pernah ngerasain juga sih waktu sepedaku ilang. Setiap ngeliat ada sepeda yang sama, aku langsung keinget sama sepedaku yang ilang itu. Keinget udah kemana aja kami berpetualang. Ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mantan sepeda, bolehlah.. daripada enggak punya mantan sama sekali.. mungkin rasa kangennya, rasa sayangnya sama.. iya, setidaknya untuk orang yang belum pernah ngerasain yang namanya mantan.

      Delete
  18. Aduh, gue salah masuk portal nih kayaknya...butiran debu yang masih ngumpulin debu buat jadi sekedar kumpulan butirandebu kayak gue dengan hati yang hancur melebur hingga selnya tidak bisadbagi lagi menjadi dua kayak gini bener bener bikin hati kembali menganga. Ada lagi menurut gue Dotz, yaitu wajah mantan. Iye, sesuatu yang bikin nggak bisa mup on ya wajahnya yang ada mulu di kotakan chattin fb. Rasanya gatel pingin chattin tapi gengseh. Iye, gitu...ada lagi. Account fb keluarganya yang gue udah punya semuaaa, terus ada dia bareng keluarganya ditag in gitu, sakitnya tuh di siniiiii... *malahcurcol ya gitudeh, mantan emang sensitip. akumau kejer sambil pancuran dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh jadi ini mendadak curhat berapi-api ya.. semacam teringat kembali dengan jelas..

      nah itu juga bener banget.. ketika hidup terasa damai tiba2 sosok mantan muncul di beranda dengan tampilan poto profil terbaru... sakit.

      Delete
  19. nyesek lagi itu kalo pacar baru ternyata kebiasaannya sama kayak mantan :|
    btw gue yakin, bang, kalo tulisan ini sedikit banyak adalah pengalaman lo hahaha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan jangan suka dibanding2kan ya.. ntar jadi prahara..

      kenapa lo seyakin itu sih :(

      Delete
  20. Harus kah menjadi baru agar tak teringat? :o

    ReplyDelete
  21. lagu itu racun banget dot... kalau saya lagu nya nine ball hingga akhir waktu itu membekas banget sampe sekarang.

    kurang satu lagi, , perilaku yang mirip mantan, memang sih gak seracun jika wajahnya yang mirip mantan, tapi kenyataannya seringan perilaku yang mirip mantan, dari gaya jalan, cara ngomong, cara marah, dan lain-lain...

    ya... jadi inget mantan deh.... tanggung jawab dot kalau saya nangis :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. tuh kan, mellow~

      iya bener, bener.. kayaknya sih udah gue sebutin di poin orang yang mirip mantan~
      oke gue tanggung jawab, elo hamil pun gue tanggungjawab.

      Delete
  22. kenyang pengalaman nih TS...
    saya mhs newbie... salam kenal

    ReplyDelete
  23. bener banget yang lo tulis dotz, hampir semuanya ada. keren lo kayak peramal.
    CATATAN PENDEK BLAZER HITAM

    CERITA MOBIL DATSUN

    ReplyDelete