Alasan Kenapa Temen Gue Benci Tahu GImbal

Kesalahan dalam memilih tempat makan bisa menyebabkan seseorang mengalami trauma dalam hal makanan. Kesalahannya pun bermacam-macam :
ada salah pilih tempat gara-gara makanannya gak enak.

ada salah tempat gara-gara tempatnya gak enak. Hal ini bisa dikerucutkan lagi menjadi tempatnya gak enak karena di tengah kuburan ato tempatnya gak enak karena di dalam kandang kambing. Ini fleksibel.
Kemudian yang paling mengkhawatirkan adalah salah pilih tempat gara-gara harganya.

#JLEB. Gila ! gue pernah ngalamin.

Gue pernah ngalamin yang terakhir gue sebutin. Hanya saja, gue beruntung gak sampe mengalami trauma berkepanjangan. Gak sampe putus asa dalam menjalani hidup. Gak sampe mogok makan gara-gara kecewa sama yang namanya makanan. Dan sayang sekali, satu temen gue nasibnya kurang beruntung. Dia jadi benci sama satu makanan. 

Sepertinya gue harus ceritain ini semua. Terlalu berat gue menahan ini semua sendirian. Karena gue termasuk salah satu  saksi hidup dari  kejadian malam minggu waktu itu. Begini ceritanya :

Di kala senja, di musim yang bahagia. Hiduplah empat orang mahasiswa. Dua laki-laki, dua perempuan. Mereka berpasang-pasangan. Bagaikan sandal dengan jepitnya. Saling melengkapi. Gak ada jepitnya gak bakalan  jadi  sandal jepit. Gak ada  sandalnya gak bakalan jadi sandal jepit. Bener-bener couple yang sempurna. So sweet banget.

Ke empat makhluk tersebut yaitu :  Gue, shasa (cewek gue), Adi dan Cicilia. Waktu itu kebetulan malam minggu. Gue sama Adi  mau  ngerencanain double date yang berkesan dan sulit dilupakan. Romantis banget kan gue sama Adi. Selain itu, malam minggu kali ini. Gue sama Adi pengen pergi ke suatu tempat dimana nanti gak perlu  mengeluarkan banyak uang. Maklum, duit cekak dan kita harus putar otak. Berbekal motif pengen buat malam minggu yang berkesan. Kami pun merencanakan, mending pergi nongkrong di  taman KB deket simpang lima Semarang sambil makan disitu. Pasti terjangkau banget harganya. Briliiant !!!

Sebelum berangkat, Gue sama Adi rapat dulu. Meng-estimasi dana yang kira-kira nanti  keluar. FIX ! Sayang, waktu itu kita lupa. kita lupa mengalokasikan  anggaran buat biaya tak terduga. Ini kesalahan fatal. Dan kita tidak menyadarinya sampai akhirnya kita menyadari di Taman KB pajaknya gede.

Taman KB di Malam Hari

Begitu sampe di  tempat, dengan asiknya kita jalan-jalan dulu. Muter-muter. Loncat-loncat. Guling-guling. Dan kita maen lempar-lemparan tulang. Cewek gue yang nglempar gue lari mengejar dan menggigitnya. Gue jadi keliatan cool banget malam itu.  Kita gak pernah  bisa diem deh. Semua tempat kami jelajahi. Dari satu sudut ke  sudut yang lain. Dan ini  sebenarnya adalah politik untuk menghindari pengamen yang mulai  mendekat. 

Kalo kebetulan waktu itu, kita lagi asik ngobrol-ngobrol. Dari kejauhan  terdengar suara jrang jring jrung jreng jrong. Gue segera berpolitik. "eh,kita kesana yuuk. Kayaknya asik  deh." Mereka pun menurut. Dan selamatlah kami dari tamu tak diundang bernama pengamen.

Tapi sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga.

Karena kita udah laper. Kita pun sepakat untuk  makan. Makan di pinggir jalan, di deket taman. Itu romantis banget. Dan biasanya  sesuai dengan dompet mahasiswa kayak  gue.

Kita pesen tahu gimbal empat,serta es buah empat. Belum dateng pesenannya. Udah ada pengamen satu dateng.  Oke deh, terlambat untuk memasang wajah penuh kenistaan. karena gak bisa berkelit. Akhirnya gue kasih. Belum ada lima menit, dateng pengamen lainnya.Okeee, gue kasih lagi. Belum sampe tiga sendok gue makan. Dateng lagi pengamen. Okeee, gue kasih.

Gue stres. Gak bawa banyak receh. Praktis, tiap ada pengamen dateng. Gue ngasih antara lima ratus sampe  seribu. Sebenere gak papa.Cuma kalo berkali-kali. Ini sama dengan perampokan berkedok  pengamen. Dan saat gue lagi bengong, dateeeeng lagiii pengameeeen.  Aaaaarrrgghhhh.

Gue pun segera nyeletuk, "Gantian donk di elu yang nanggung". Kenapa gak kepikiran dari awal yah ? gue menyesal. Menyesaaaaaal sekaliiiiii.
Seiring habisnya sepiring tahu gimbal di depan kita. Habis  pulalah duit ribuan dan lima ratusan gue. Gue ngambil kesimpulan, makan disini pajaknya gede banget. Walopun bayarnya boleh nyicil, dari satu pengamen ke pengamen lain. Tapi ini memeberatkan, bikin gak nyaman.

Penampakan Tahu Gimbal

Gak  pengen bayar pajak lebih gede lagi.  Gue sama Adi pun pengen cepet-cepet cabut dari tempat terkutuk  ini. Sebelum itu, ada tanggungan yang harus diselesaikan yaitu bayar makanan, masing-masing dua tahu gimbal dan dua es buah.

Begitu itung-itungan, tu bapak penjual bilang "empat puluh ribu mas". Gue dengan santainya ngeluarin selembar uang dua puluh ribuan.  Dan Adi, langsung  menyadarkan gue. "Dot, empat puluh ribu itu elu sama shasa.  Gue sama cicilia juga empat puluh ribu."

Gue shock.

Appppaaaaahhhhhhhhhhhhh !!!!
empat puluh ribu !!!!! Gue menampar pipi gue pelan-pelan. Gak sakit.  Terus gue nampar pipi Adi keras-keras. Dia teriak. "sakit bego !!". Berarti gue gak mimpi.

Berhubung gue masih sanggup sadar. Gue dengan gaya tetep cool. "ooowh, empat puluh  ribu tho". Gue ngeluarin lagi  dua lembar sepuluh ribuan.  Gue bayar. Kepala gue puyeng. Stres tingkat menengah  kejuruan.

Dan temen gue,  Adi. Dia ngosek-ngosek dompetnya meraba-meraba berharap ada duit keselip di dompetnya. Dengan susah payah dia mengumpulkan empat puluh ribu. Setelah tetep cool di depan penjual tahu gimbal. Kami pun berlalu, dan hanya bisa bengong sampe depan motor. Gue sama Adi spechless. Gak bisa berkata-kata. Gak nyangka tahu gimbal semahal itu. Di perjalanan, Adi lebih banyak  diem. Mungkin dia masih berpikir keras bagaimana caranya menyeimbangkan neraca keuangannya. Hidup  masih panjang. Mungkin dia harus makan mie instant selama beberapa tahun. Ato mungkin sampe wisuda.

Empat puluh  ribu untuk satu  malam. Ini sesuatu banget. Gak akan terlupakan. Belum lagi, pajak yang dikeluarkan untuk para pengamen. Belakangan gue tau, temen gue Adi. Marah besar sama tahu gimbal. Begitu marahnya, berubah jadi benci. Gue takutnya kalo ada penjual tahu gimbal  lewat. Adhy bakal ngelempar tabung elpiji 12 kilogram. Ato mungkin yang lebih ekstrem, Adhy bakalan menghadang penjual tahu gimbal tersebut dengan hanya memakai koteka dan menyumpit penjual tahu gimbal  dengan jarum beracun sampai mati rasa. Gue jadi tau karena ternyata namanya di FB dia ganti jadi "Adhy Benci Tahu Gimbal". Gue turut prihatin.

Sampe sekarang dia gak pernah ganti nama fb itu dengan lainnya. Mungkin Adhy emang benci tahu gimbal. Tapi gue yakin kalo  dia dikasih tahu gimbal gratisan dia gak  bakalan nolak. Namanya juga mahasiswa.

Dia jadi benci tahu gimbal

Posting Komentar

10 Komentar

  1. . . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . gara^ 40 rb jadi benci tahu gimbal dech. he..86x. kayak nya mie instan tetep jadi fav nya dech selama menyandang status mahasiswa. he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ..
      udah merancang strategi biar keluar dduit minim malah dirampok penjual tahu gimbal ..
      emang mie instant yang paling mengerti mahasiswa :D

      Hapus
  2. . . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . kayak nya jodoh nie ma mie instans. he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama masih jadi mahasiswa , kayaknya mie instant emang "solusi cerdas" deeeh , hehe

      Hapus
    2. . . hidup mie,, hidup mie,, he..86x . .

      Hapus
  3. salah post di fb tadi
    hahahahha emang di taman kb tuh harganya melilit bang
    mending makan di pleburan deh hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya bener , harganya bikin stress....
      aplagi pengamennya , waaah paraah ..
      btw , orang semarang juga ya mbaknya ?

      Hapus
  4. Waduh ... Mas, Satu porsi Tahu Gimbal 20 Ribu berarti ?.

    Saya kalau jadi mahasiswa ngekos mau makan segitu mikir-mikir dulu.

    Ortu sebulan ngasih brapa ?.

    Terus diitung muter-muter dari hari, minggu, sampai bulan hehe ... XD

    #Itulah Mahasiswa Ngekos Harus Ngirit Biar Tidak Menyusahkan Ortu

    -------------------------------------------------------

    Terima Kasih sudah berkunjung =D

    BalasHapus
  5. Sama dengan kasusku...padahal menu yg dipesen cuma nasi+ayam bakar sama es jeruk buat 2 orang....total semua Rp 50.000.. kalo ga tanggal tua gt nggak masalah ...apalagi buat anak koz

    BalasHapus