Satu Tahun

Tepat setahun yang lalu, hari ini sekitar pukul delapan malam, gue nggak tau kurang atau lebihnya karena perasaan grogi yang campur aduk waktu itu. Gue sedang berjuang menghadapi proses ijab qabul sebelum resmi jadi laki-laki yang siap nemenin seorang perempuan yang udah mantep gue pilih dalam hati.

Waktu itu, untuk sekedar mengucapkan ijab qabul yang hanya beberapa kalimat aja gue bener-bener dilanda gelisah. Khawatir kalau lidah mendadak kelu dan gagal ngucapinnya, nikah gue bakalan ditunda dan gue mesti mandi kembang tujuh buruk rupa.

Alhamdulillah, kekhawatiran gue nggak berubah jadi kenyataan. Meskipun dengan wajah tegang seperti nahan cepirit yang udah keluar dikit, gue sukses mengucap ijab qabul. Seketika hati gue merasa lega banget seperti merasa menemukan toilet penuh cahaya keemasan ketika perut udah mules banget.

Sebelumnya, gue udah khawatir banget sampai kepikiran gimana kalau ini gue lypsinc aja ijab qabulnya. Tapi karena gue nggak mau keliatan cemen, gue urungkan niat itu. Maka, begitu gue sukses menyelesaikan ijab qabul yang sakral itu, perempuan yang ada di sebelah gue mendadak nangis. Gue berharap itu bukan tangis penyesalan karena nikah sama gue, tapi karena saking senengnya punya suami kayak gue.

Perempuan yang ada di sebelah gue, namanya Redevi Citra Rahasia (Kalau lengkap-lengkap banget barangkali nanti ada yang telepon ngaku-ngaku dan ujungnya minta transfer duit). Perempuan ini biasa dipanggil ‘Rere,’ ‘Devi’, 'Citra' atau ‘Woy!!!’ kalau pas parkir ngeloyor aja lupa bayar.

Postingan kali ini, gue pengen nulis gimana gue bisa kenal sama perempuan yang beda lima tahun sama gue, dan mau-maunya jadi jodoh gue.

***
Waktu itu, gue masih jadi penyiar di radio T FM Pemalang. Gue biasa siaran pagi pukul lima sampai pukul delapan pagi dan sore dari pukul empat sampai menjelang maghrib. Acara yang gue bawain adalah acara musik remaja yang harusnya dipenuhi dengan musik-musik pop kekinian. Sayangnya, kebanyakan yang gabung di acara itu adalah anak-anak pemuja musik pop melayu.

Tiap hari lagu yang direquest nggak jauh-jauh dari D’Bagindas, ST12, Ilir7 sampai Didi Kempot. Dan yang terakhir gue sebutin tadi, nggak pernah gue puterin lagunya.

Di sebuah sesi greeting online atau pendengar nelfon ke radio buat kirim salam secara langsung, ada salah satu penelfon cewek yang sumpah, suaranya renyah banget. Kayak Chitato yang baru dibuka kemasannya dapet beli dari Alfamart.

Setelah gue kelar ngobrol-ngobrol, gue santai sejenak sambil muterin lagu. Nggak lama kemudian pas gue ngecek FB, gue dapat notif bahwa seseorang telah mencolek gue. Karena penasaran, gue lalu liat namanya, dan gue cek FB-nya. Wah, jangan-jangan ini Citra yang barusan tadi nelefon! Duh.. niat banget langsung kepoin FB gue. Makin penasaran, gue liat lebih jelas foto profilnya...

Subhanallah.. cantik!

Mungkin disaat yang bersamaan, ketika Citra ngeliat foto gue di FB, dalam hati dia bilang, Astaghfirulllah.. antik!

Kayak Alm. Benyamin Sueb!

Walaupun udah tau FB-nya, gue tetep nggak berani buat kirim pertemanan ke FB-nya. Gue tau Citra ini cantik, oleh karena itu gue lebih ke arah tau diri. Jadi gue cuma balas aja colekannya dia di FB.

Entah kenapa, gue suka ngobrol sama Citra di Greeting Online sore itu. Dia anaknya ceria dan suaranya syahdu banget di telinga. Hari-hari selanjutnya, Citra jadi sering gabung di acara gue entah itu pagi atau sore. Bahkan kalau pas giliran Citra yang telefon, gue sering keasikan sampai lupa kalau telefonnya udah kelamaan. Padahal itu masih online di radio.

Sayangnya pada hari-hari berikutnya, Citra jadi nggak pernah nongol sama sekali. Jujur aja, di setiap sesi greeting online, kadang gue berharap kalau yang nelfon adalah Citra. Tapi sayangnya malah yang nongol orang-orang yang pada suka request lagu pop melayu. 

Sampai di suatu pagi, gue ngerasa semangat banget karena akhirnya Citra nelefon lagi di acara gue, saking semangatnya gue sampai bilang, “Kemana ajaaa baru kedengeran lagi suaranya???”

“Hehe... Oh, jadi nyariin aku ya Kak, dari kemarin?” Kata Citra sambil cengengesan.

Duh, gue kayaknya salah ngomong nih, jadi keliatan banget kan kalau dari kemarin gue ini sebenernya nyariin dia. Setelah ngobrol-ngobrol dan request lagu, gue balik ke lagu buat muterin lagu yang udah direquest sama penelpon sebelumnya.

Lalu gue ngecek sms yang masuk satu per satu buat dibacain nanti, dan gue nemu satu sms yang gue tau itu dari Citra, bilangnya, “Kak. Request lagunya aku jangan lupa diputerin, ya... ^^”

Sambil cengir-cengir, gue balesin, “Iya, tenang aja.. nanti bakal diputerin kok, tungguin aja, ya..”

Beberapa saat kemudian, ada balasan sms lagi, “Yah.. kok balesnya pakai nomer radio sih, hehe”

Waaah... ini kode keras banget. Padahal jujur aja kalau gue mau, gue udah langsung sepikin Citra karena udah tau nomer hapenya. Tapi karena gue emang dasarnya cemen, gue nggak berani buat sok-sokan nyepik yang kadar keromantisannya nggak pas sama muka gue. Tapi mengingat kode keras yang gampang kebaca ini. Akhirnya gue catet nomer Citra dan gue sms ke nomer dia pakai nomer sendiri, tanpa ada sepik-sepik di dalamnya.

Sepulang dari siaran pagi, gue masih gegoleran di depan tivi. Waktu itu, sekitar pukul sembilan pagi. Gue gegoleran karena waktu itu jadi penyiar radio adalah satu-satunya pekerjaan gue. Gue belum jadi guru SD seperti sekarang ini. Tiba-tiba, hape gue bunyi dan gue ngeliat nama Citra di layar hape gue.

Ya Allah... gue panik! Grogi banget! Duh... ini gue mesti gimana ya bilangnya pertama kali angkat telepon.

Satu panggilan tak terjawab menghiasi layar hape gue karena gue nggak siap mental nerima telepon dari Citra. Sempat mau telepon balik, tapi sebelum itu gue lakukan, masuk lagi panggilan dari Citra, yang akhirnya gue angkat sambil pura-pura habis bikin mie instant di belakang.

Sumpah.. seumur hidup gue nggak pernah ditelpon duluan sama cewek.

Sejak saat itu gue jadi sering sms-an dan teleponan sama Citra. Sejak saat itu juga, gue nggak pernah berani berharap gue bisa pacaran sama Citra. Bahkan sekedar untuk ngajak jalan aja gue nggak pernah berani. Sampai di suatu maghrib, sepulang dari siaran. Citra sms dan bilang mau ke Pemalang kota, dan.. ngajak ketemuan.

DEG! MENDADAK BANGET YA ALLAH! BAIM BELUM SIAP!

Akhirnya, dengan segala kesungguhan hati yang nggak mungkin gue tolak. Gue langsung ngubek-ngubek nyari baju yang keliatannya cocok tapi nggak terlalu keliatan rapi banget. Gue deg-degan nggak karuan sambil terus-menerus berdzikir berharap diberi kekuatan untuk ketemuan.

Malam itu juga tanpa persiapan mental yang mantap. Gue ketemuan sama Citra setelah janjian untuk ketemuan di depan Bank BPD Jateng. Yang akhirnya jadi di sebelahnya karena Citra malah nyasar disitu. Kalau kalian pernah ngerasain gimana deg-degannya waktu mau pengumuman kelulusan ujian nasional. Gue ngalamin berlipat-lipat dari itu.

Begitu ketemu, Citra masih duduk di atas motor Beat Hitamnya sambil pake helm INK. Sementara gue sok-sokan langsung turun dari Vario Merah, dan langsung menghampiri Citra sambil nunduk ke bawah karena gue khawatir Citra bakalan shock ngeliat lingkar kepala gue yang enggak simetris.

Mungkin orang lain yang ngeliat kejadian malam itu berpikir gue seperti orang yang mau begal motor cewek yang lagi sendirian di motornya.

Setelah mengumpulkan segenap keberanian yang ada, gue nyapa sambil ngajak jabat tangan. “Hai.. aku Edot.”

Dalam hati gue ngebatin, “Ya Allah, ini cewek kok tangannya keras banget kayak Marinir.”

Begitu gue ngangkat kepala, ternyata yang gue salamin spion motor Beat. Citra senyum sambil bilang, “Tangan aku di sini, kak...”

“Oh iya, Maap.. hehe”, gue nyengir kuda. Lalu melanjutkan, “Jadi, ini mau kemana?”

“Aku kebelet pipis, Kak..”


Sumpah, nggak nyambung banget. Disaat gue nawarin kemana, dia malah bilang kebelet pipis. Untung gue pernah belajar memecahkan kode cewek waktu ikut pramuka dulu. Akhirnya gue tawarin Citra buat ke rumah gue dulu yang nggak terlalu jauh buat numpang pipis sambil ambil helm.

Malam itu, terjadi kesepakatan motor Citra dititipin di rumah gue dan kami boncengan. Percayalah, kesepakatan ini terjadi atas inisiatif Citra karena udah pasti gue nggak mau dibilang ambil kesempatan buat boncengan berdua walaupun gue berharapnya gitu.

Kami memutuskan untuk makan di warung soto sebelah rusun di Pelutan yang sebenernya gue udah kenyang karena sebelumnya udah makan di rumah, tapi karena ini pertemuan pertama, gue mesti jaga image biar nggak dikira ngirit. Gue pun ikutan pesan makan.

Kami duduk bersebelahan, selama makan nggak henti-hentinya gue menatap tembok yang ada di depan gue. Entah itu gue yang lagi ngomong atau gue yang lagi dengerin Citra ngomong. Sampai-sampai Citra bilang, “Kak... aku disini lho.. bukan di depan situ.”

Ya Allah.. halus banget ngomongnya kayak pantat bayi! Kalau gue es krim, mungkin malam itu gue udah mendadak lumer dan tak mungkin bangkit lagi.

Sementara itu disela-sela ngeliatin tembok gue berusaha untuk cari kesempatan benerin poni samping yang mulai lepek karena keringetan antara tempat yang cukup panas dan grogi yang mendarah daging. Sebuah poni samping yang gue banggakan waktu itu namun gue laknat saat ini karena gue baru sadar betapa hinanya poni gue di masa itu.

Malam itu jadi malam yang sangat mengesankan buat gue karena setelah dari warung soto kami memutuskan untuk nongkrong di alun-alun Pemalang. Saling bercerita banyak hal sambil masing-masing menjaga image sesempurna mungkin.

Sepulang nganterin Citra pulang ke rumah dengan naik motor sendiri-sendiri, satu hal yang gue pastikan adalah apakah Citra menyesal melihat bentuk nyata gue malam itu atau tidak. Kalau nantinya Citra  enggak kapok diajak jalan lagi, berarti fix.. Citra nggak trauma sama gue.

Alhamdulillah.. setelah pertemuan pertama itu, pertemuan-pertemuan berikutnya dengan Citra masih berlanjut.

***
Sore itu, gue mampir ke toko bunga di depan Rumah Sakit Tentara Semarang. Gue sengaja beli mawar putih beberapa ikat dan gue bawa ke Pemalang naik motor. Semua ini jelas ada tujuannya.
Setelah sekian lama dekat dan ngerasa ada harapan. Gue nekat memutuskan untuk mencoba ngungkapin perasaan yang sebenernya terlihat sangat-sangat tidak tahu diri.

Jujur aja, gue paling enggak bisa menyusun rencana penembakan yang heboh dan mengesankan. Tadinya sempat kepikiran untuk nembak Citra di tengah daerah konflik. Tapi gue urungkan niat itu karena biayanya pasti sangat mahal. Udah gitu, belum jelas diterima, pulangnya juga belum jelas selamat apa enggak.

Langkah sederhana pun gue ambil, gue siapin sebuah artwork yang nunjukin foto gue lagi ngungkapin cinta  ke Citra. Karena kemampuan menggambar gue mentok di dua gunung dan satu matahari di tengah-tengahnya. Gue pun minta tolong ke +tofik dwi pandu buat merealisasikan keinginan gue saat itu yang langsung diwujudkan dengan sangat mudah.

Sepulang dari Semarang, gue langsung ngajak Citra jalan habis maghrib. Kami berdua sempat neduh depan Alfamart di jalan ke arah pantai widuri karena sempat hujan deras.

Sampai akhirnya kami berdua sampai di depan pantai widuri dan dudukan santai. Mendadak perut gue terasa mules dan deg-degan nggak karuan sampai rasanya mau meledak karena proses penembakan akan segera gue mulai.

Setelah basa-basi dulu, proses penembakan malam itu gue awali dengan, “Dek, katanya kemarin sepulang dari Semarang pengen kelinci ya. Ini udah tak bawain.”

“Hah, kelinci apa? Aku nggak minta kok, Kak.” Citra jelas nampak bingung dan tak bercahaya karena malem-malem.

Astaghfirullahaladzim.... Yakali gue bawa kelinci dan gue masukin tas terus malem-malem gue keluarin! Lagian Citra emang nggak pernah bilang gitu juga. Ya Allah saking groginya omongan gue jadi ngaco banget.

Karena udah terlanjur ngomong ngelantur pakai kata kunci kelinci, akhirnya gue tetep lanjutin. “Lah masa lupa sih.. kan kemarin minta, ini loh udah tak bawain.”

Gue ngambil sesuatu dari dalam tas, dan ngambil selembar kertas artwork bertuliskan 'Redevi, I Love You' yang udah gue laminating. Terus gue taruh di separuh muka gue, nyisain mata aja yang kelihatan. Biar apa? Biar bisa nutupin muka gue yang udah sangat-sangat salah tingkah!

Tadinya gue mau sok cool naruh kertas gambar itu di dada dan menatap mata Citra tajam-tajam sambil megang bunga mawar. Sayangnya gue jiper sejiper-jipernya jiper. Gue udah salah tingkah kebangetan. Lagian dipikir-pikir, tindakan barusan malah membuat gue terlihat kayak pedagang asongan yang biasa berlalu-lalang di perempatan lampu lalu lintas.

Udah terlanjur basah dengan start yang tidak mulus. Gue terpaksa melanjutkan ngambil bunga mawar dari dalam tas dan ngasih ke Citra. Tapi Citra diam aja kayak kebingungan.

Kenapa lagi ini anak, gue udah nyodorin bunga malah didiemin aja~~~

Rasanya malu banget sumpah. Saat itu juga pengen banget gue nyembunyiin muka di dalam pasir pantai. Citra masih cengar cengir, untungnya beberapa saat kemudian Citra nerima bunga mawar dari gue.

Gue masih malu tak terhingga sepanjang masa. Dengan meminjam kekuatan datang bulan, akhirnya gue beranikan ngomong, “Dek... selama ini aku udah nyaman sama kamu, asik kalau bareng sama kamu. Kamu mau nggak buat serius sama aku? Jadi pacar aku.”

Citra cengengesan, membuat gue merasa menderita. Deg-degan nunggu jawaban.

“Emmm.. gimana ya, Kak. Dari kemarin temennya Kakakku juga udah banyak yang deketin sih. Udah ada yang main ke rumah juga.”

Sebuah opening kurang enak dari Citra yang membuat gue semakin menderita. Ingin rasanya memeluk batu karang di sekitar pantai malam itu. Gue merasa tanda-tanda penolakan sudah jelas, sejelas tanda-tanda kiamat setelah datangnya Dajjal.

Gue udah mikir, kalau selama ini ternyata gue kepedean. Gue berantem sama diri sendiri dalam hati, “Tuh kan, sok-sokan nembak. Nggak sadar diri banget. Malu banget kan kayak gini, tanda-tanda ditolak udah jelas banget.”

Tau gini harusnya gue tadi bikin pilihan di awal, "Dek... kalau aku diterima, kamu cium bunganya. Tapi kalau malam ini aku ditolak. Kamu cium bunganya... tapi nempel di aspal."

Gue tersadar dari lamunan bodoh di atas dan mencoba tetap kalem.

“Oh gitu, ya Dek. Hehe.. nggak apa-apa kok kalau emang nggak bisa, kita masih bisa tetep kakak adekan jadi temen kayak biasa kan.” Gue bilang kayak gini dengan sok tegar sambil nahan malu dan menikmati hati yang mulai retak secara perlahan.

Citra cuma senyum ngeliat gue yang udah mau cepirit sambil nahan malu.

“Tapi aku nyamannya sama kamu kok, Kak. Kamu juga lucu orangnya. Kalau sama Kakak, aku jadi ketawa terus.” Citra cengengesan lagi.

“Dan aku mau jadi pacar kamu, Kak.”

 

Alhamdulillah... Ya Allah ~~~~~

Cepirit yang udah di ujung tanduk perlahan masuk lagi dengan sendirinya. Hati yang udah mulai retak, perlahan menyatu lagi kayak di film Power Rangers.

Kemudian, malam itu menjadi malam yang menyenangkan untuk gue dan Citra yang akhirnya sekarang jadi jodoh gue.

Di usia pernikahan yang tepat satu tahun ini, Alhamdulillah... gue dapet kado dari Allah SWT yang Insya Allah kadonya baru bisa dibuka tujuh bulan lagi. Dan gue berharap semoga semuanya lancar dan selalu SaMaWa.

Posting Komentar

16 Komentar

  1. Bang, gua bingung banget mau ngomong apa ini. Karena baru kali ini rasanya baca sebuah kisah cinta yang berjalan mulus, semulus pantat bayi yang berakhir dengan indah. Sedangkan kisah cinta gue bang, walaupun memalukan tapi kaga buruk amat.

    Lo bang sukses banget buat kisah cinta yang indah, keren, ditambah lagi pake gaya bahasa khas Pak Guru Edotz yang katanya mirip Herjunot Ali. Selamat ulangtahun pernikahan yang pertama ya bang, semoga yang baik-baik aja datang kepada rumah tangga abang. Gitu aja bang, udah gemeterann nih ngetiknyawkabmwbamsnaa

    BalasHapus
  2. Selisih 5 tahun bang? Serius. Pantesan mbak citra rahasia unyu2 banget bersanding denganmu hehe

    Apapun itu selamat ya bang, semoga kalian berbahagia, pasti excited banget ya nungguin dede bayi tumbuh dan berkembang di dalam perut sang istri. Duhh so sweet deh

    BalasHapus
  3. Terharu gak sihh baca ginian dr sisi seorang suami. Beda loh suasana bacanya dr sisi pacaran.
    Congratz ya dot...

    Ternyata dari radio yaa...

    Gue jg dulu sering ngefans sama penyiar radio. Tp kok ga ada yang naksir balik ya. Wkwkwwk

    BalasHapus
  4. Wah g nyangka si bang edot lahir dari radio
    Sekarang mah bisa lebih dari colek colekan nih

    BalasHapus
  5. ciee selamat bang samawa yee ampe keriput, semoga calon dedek bayinya sehat ...
    btw mba citra cantik yeee hati2 loh di pampang gitu, sekarang pebinor bertebaran. wkwk btw ngak kelaurin buku baru nih ???

    BalasHapus
  6. Wahahaha. Btw, ini saya pernah denger langsung ceritanya versi Tofik sebagai peran pembantu di sini.

    Alhamdulillah ya Dotz. :D

    BalasHapus
  7. Uuuww bang Edots congrats yaa sama mbaknya mau punya dedeq.. btw ngakak terus baca dari awal sampe akhir yawloohh 😂

    BalasHapus
  8. Gokil.. lancar sampe tuntas..
    harusnya kalo ngasih kode kayak gini nih. lumayan jelas. ngasih kodenya gak via instastories.

    BalasHapus
  9. Mas, bagi wiridan-nya dong. Biar dapat yang selisih 5 tahun plus uayune ngono.
    Boleqa jika kusebut ini pernikahan fans (pendengar) dengan idolanya~~~
    Putri Marino who?

    BalasHapus
  10. Entah kenapa gue seneng baca tulisan yang ini bang, senyum2 sendiri gitu. hahaha

    BalasHapus
  11. Ya alloh.. pengin ikutan jadi penyiar aja dah ini... epic ini kisah pertemuannyaaa....

    BalasHapus
  12. Ngilang lama dari BE gegara sarana, dan baru kali ini baca artikel tentang nikahan Bang Edotz, duh, selamat ya, Bang. Istri Abang cantik banget. Dan dalam foto Abang senyumnya rekah tapi terlihat lelah. Capek jadi suami, ya? Gak apa. Itu juga jalan untuk cari pahala yang berkah.
    Semoga dede bayinya sehat pun istri. Pokoknya jadi suami dan ayah yang baik, ya. Alhamdulillah, suami saya baik dan pekerja keras demi anak-istri meski kerjanya cuma kuli bangunan dan tani. :)
    Jangan lupa menulis juga. Nanti bakal seru pastinya. :D

    BalasHapus
  13. Hahaha, saya termasuk yang suka request lagu Melayu pas sampean siaran, bang Edotz

    BalasHapus