Buku-Buku Gaul dalam Hidup Gue

Hari ini, tanggal 17 Mei mitosnya sih bertepatan dengan hari buku nasional. Keren sih, gue udah seneng banget pas ngecek kalender tanggal merah, tapi ternyata tanggalnya merah bukan karena hari buku nasional tapi emang karena ini hari Minggu. Hufh banget.

Gue udah suka baca buku sejak gue masih SD. Dulu, gue lebih sering ke perpustakaan minjemin buku bacaan terbitan dari Depdiknas disaat anak-anak lain pada jajan anak mas, mie gemez sampai jagoan neon. Alasan utamanya sih sebenernya lebih karena uang saku gue yang gak seberapa.

Dulu, gue juga suka banget yang namanya nyewa komik. Yang gue inget, dulu tarifnya masih sekitar 500-700 perak per buku. Dan tiap pulang ke rumah, gue selalu baca diem-diem di kamar atau di belakang rumah. Soalnya bapak gue paling enggak suka ngeliat gue baca komik, cuma bikin males belajar katanya. Gue boleh baca buku, kalo itu buku pelajaran. Dan itu enggak mungkin, karena gue gak akan pernah bisa merasakan nikmatnya baca buku pelajaran.

Pemalang, kota kelahiran gue. Kota yang cukup misterius karena enggak banyak orang yang tau keberadaannya, adalah kota yang sangat enggak modern. Pengen beli komik terbitan ‘elex media komputindo’ aja rasanya enggak mungkin. Padahal komik-komik keren semuanya ada disitu, mulai dari Doraemon, Detective Conan, The Genius Bakabon, Si Botak Hagemaru dan komik syariah lainnya. Gara-gara itu, gue jadi lebih sering beli buku bacaan seadanya, semacam komik terbitan M&C. Disitu gue jadi punya bacaan yang lumayan, seperti komik Ciko Bento, Monika, Shibao, sampai Hai, Miiko.

Jaman dulu, gue enggak punya banyak pilihan. Jadi gue cuma bisa beli komik dengan judul seadanya. Emang gue bisa minjem komik judul apapun di persewaan komik. Tapi, dulu gue punya cita-cita, kelak gue pengen bisa punya perpustakaan pribadi yang isinya koleksi buku gue dengan berbagai jenis bukan cuma sesama jenis. Jadi, gue bisa baca buku gue (lagi) suatu saat kapan aja gue pengen.

Waktu gue masih SD, enggak ada yang namanya toko buku online, jadi gue cuma bisa mupeng kalo ngeliat iklan buku di majalah Bobo yang gue baca tiap Minggu.

Beberapa tahun kemudian, kondisi kota Pemalang masih saja enggak bisa diharapkan. Gramedia masih belum ada. Toko buku pun cuma ada alakadarnya, jualnya buku-buku dari antah berantah yang dilihat dari judul dan kovernya aja enggak bikin bergairah. Jadi, salah satu cara gue menuntaskan hasrat akan buku-buku dan komik adalah ketika ada pameran buku. Gue bisa sangat khilaf ketika momen tahunan itu dateng. Bahkan gue bisa kesana setiap hari selama seminggu demi terus mengecek buku yang pengen gue beli masih ada apa enggak. Yap, gue gak mungkin beli langsung main borong, gue perlu ngumpulin duit dulu.

Kegilaan gue sama yang namanya buku, mulai terobati ketika akhirnya gue diterima kuliah di salah satu kampus cupu Semarang. Gue akhirnya mengenal indahnya gramedia, togamas, toko gunung agung dan surga buku bekas yang ada di Stadion Diponegoro dan Pasar Johar. Hampir setiap ada kesempatan dan ada duit. Gue selalu mengunjungi tempat-tempat sakral itu.

Pulang dari Semarang, tas gue penuh dengan buku. Pulang dari Semarang lagi, tas gue penuh dengan buku lagi. Kayak gitu terus dari jamannya Andika masih di Kangen Band sampai sekarang Andika bikin grup yang namanya ‘Kangen Lagi’.

Sekarang, gue udah di Pemalang. Gue mungkin agak kesulitan saat gue harus berburu buku-buku yang gue pengen langsung ke tokonya. Entah itu buku bekas atau buku baru. Beruntung, gue sekarang enggak terlalu kesulitan karena sekarang udah ada yang namanya toko buku online. Walaupun gue harus kena ongkos kirim dan sabar nunggu datengnya, karena mesti nungguin proses pengirimannya yang kadang sampai seminggu lebih karena bukunya ada di gudang penerbit.

Setelah puluhan atau mungkin ratusan buku yang gue baca dari kecil sampe sekarang, ada lima buku yang menurut gue paling mengesankan dalam hidup gue, ini nih...


Cancut Marut


Awalnya gue ngirim naskah buku ini sengaja enggak pake gembor-gembor ke temen-temen. Karena gue emang enggak pede, takut udah kebanyakan ngomong ternyata tulisan gue ditolak penerbit, dan gak pernah terbit.

Dan gue mungkin beruntung, cukup ngirim naskah sekali langsung diterima sama penerbit, sekelas grasindo lagi. Yang gue tau, grasindo nerima tulisan gue bukan karena tulisan gue keren banget tapi karena gue ngirim disaat yang tepat. Buku gue adalah buku kedua di era grasindo yang baru di bawah editor gaul bernama Anin Patrajuangga, dan berbulan-bulan setelahnya grasindo mengeluarkan buku udah kayak zakat fitrah buat anak yatim se-negara Palestina. Sebulan bisa sampai tujuh sampai sebelas buku baru muncul di gramedia. Zadiz! Kalo gue ngirimnya beberapa bulan kemudian, gue gak yakin naskah gue dilirik apa enggak.

Cancut Marut adalah bukti kalo gue selama ini baca ratusan buku enggak sia-sia. Cancut Marut adalah bukti nyata impian yang selama ini gue anggap hampir enggak mungkin, ternyata bisa jadi kenyataan. Cancut Marut adalah bukti kalo gue yang semasa sekolah enggak pernah nulis sama sekali ternyata bisa bikin buku.

Cancut Marut-lah yang bisa membuat gue terbang tinggi dan berdecak haru saat gue pertama kali memegang buku karya gue sendiri. perasaan yang luarbiasa, dan mungkin hanya bisa dirasakan oleh orang-orang yang pertama kali bisa nerbitin buku.

Dan Cancut Marut, pernah jadi runner up dengan nilai yang sama dengan juara 1 di Unsa Book Award dalam kategori buku kumpulan cerita. Buat gue ini keren banget.

Di mata orang lain, Cancut Marut bisa jadi cuma buku dekil yang harganya 32.00,-. Tapi buat gue Cancut marut lebih dari itu. Ada banyak cerita nyata gue sendiri, yang kelak.. bertahun-tahun kemudian akan sangat memorable banget. Kisah gue saat mahasiswa, ke-alay-an gue saat mahasiswa, sudah tertulis di sana.  

Gash Bell


Gue kenal komik ini sejak SD. Karena ini terbitan M&C, jadi gue bisa beli rutin tiap bulan. Dan karena terbitnya yang enggak pasti, gue jadi ketinggalan beberapa volume. Gue enggak bisa dapetin stok volume sebelumnya karena udah ngilang komiknya. Udah gitu, dulu enggak ada toko buku online juga.

Sempet vakum lama banget, gue nemu komik ini di sebuah pameran buku di kota Semarang, paketan langsung vol. 1-22. Gue bener-bener ragu mau beli apa enggak, gue udah punya volume 1-11, kalo ini gue beli, gue bakalan punya komiknya dobel. Tapi kalo enggak gue beli, gue enggak tau kapan lagi gue bisa nemuin komik selengkap ini. Dan akhirnya gue ngerelain beberapa ratus ribu buat bawa pulang komik sebanyak 22 volume ini. Yang ternyata, masih ada kelanjutannya sampai volume 33.



Perjuangan selanjutnya untuk nyari sisa dari volume ini bener-bener berdarah-darah. Ubek-ubek toko online, sampe beberapa kios buku bekas dan alhamdulilah sekarang cuma tinggal satu volume aja yang enggak bisa gue lengkapin, yaitu volume 28, jadi kalo ada yang punya kalian bisa kabarin gue ya.. hehe.

Gash Bell ini nyeritain tentang pertempuran 100 anak iblis yang dikirim ke dunia manusia buat memperebutkan kursi raja selanjutnya. Tiap anak, akan diberi buku yang dipegang oleh partnernya dari seorang manusia. Enggak peduli temen atau sahabat, kalau mereka bertemu sesama anak iblis mereka harus saling membakar buku itu, sampai akhirnya hanya tersisa satu iblis yang akan menjadi raja.

Komik ini bener-bener menguras hati dan emosi gue banget. Ada komedinya, sukanya, sampai dukanya. Persahabatan, perjuangan, impian dan keyakinan, semuanya ada di buku ini. Keren banget menurut gue!

Pilihan gue buat beli komik ini enggak salah. Dan kerennya, gue kenal buku ini waktu kelas enam SD, gue baru bisa baca sampai tamat ketika gue mau lulus kuliah. Ini masih mending sih, dibandingin komik detective conan yang sampe sekarang masih aja belum tamat.

Buku Karya R.L Stine

 

Awalnya gue cuma naksir sama karya R.L Stine yang serial ‘Goosebumps’. Sejak SD, gue udah suka banget sama buku ini. Buku horor anak-remaja ini ceritanya kadang ada yang tentang hantu, monster dan sebenernya bukan hantu atau monster. Endingnya juga selalu enggak ketebak.

Goosebumps sendiri serinya ada banyak banget; ada ‘goosebumps’ yang serinya 1-65, terus ada ‘goosebumps 2000’ yang serinya 1-25, ada lagi ‘goosebumps seri petualangan maut’ yang gue enggak tau sampai berapa serinya, juga ada lagi goosebumps serial ‘10 cerita horor’. Saking banyaknya seri buku ini, tiap gue berkunjung ke toko buku dan kios buku bekas, buku ini pasti iseng selalu gue tanyakan, sapa tau ada yang belum gue punya koleksinya.

 

Perjuangan gue buat melengkapi seri goosebumps ini menemui puncaknya saat gue kuliah di Semarang, hampir sebagian besar koleksinya gue temukan di toko buku bekas Semarang. Sampe sekarang, hanya tinggal beberapa seri aja yang belum gue lengkapin. Susah gaes, nyarinya...

Ngerasa suka banget sama Goosebumps, hal ini membuat gue naksir berat sama R.L Stine. Gue jadi suka berburu buku karya R.L Stine lainnya. Nightmare Street, Nightmare Room sampe Fear Street, selalu gue buru hampir tiap minggu di pasar malem tiap malam minggu di kota Semarang. 

Gue gak pernah suka banget sama buku sampe segininya, kerjaannya nyariin mulu.

D.O (Drop Out)

Mungkin orang-orang sepakat, buku karya Raditya Dika adalah buku komedi paling lucu yang pernah ada di bumi ini. Walaupun gue suka sama semua hal yang berbau Raditya Dika, gue enggak setuju-setuju banget kalo buku Radit dibilang buku yang paling lucu. 


Buku yang lebih lucu menurut gue ini judulnya ‘Drop Out’. Terbitan Gagasmedia yang sebenernya udah cukup jadul tapi dicetak ulang, gue tertarik beli sama buku ini karena ada embel-embel ‘mahasiswa’-nya. Dan begitu gue baca, gue ngakaknya bener-bener ngakak. Menurut gue, buku ini adalah komedi jenius yang hampir setiap punchline-nya yang selalu nonjok.

Dengan mengusung karakter Jemi, mahasiswa kadaluarsa yang begonya kebangetan ini sedang berjuang buat bisa wisuda di semester terakhirnya,kalo enggak wisuda Jemi bakalan di DO.

Sepanjang baca buku ini, gue dibuat geleng-geleng sama tingkah begonya yang ajaib. Ya, pokoknya... kalian bakalan ngerti betapa kampret ceritanya sendiri kalo udah baca buku ini.

Lelaki Gagal Gaul



Buku ini adalah pembuktian bahwa karir gue sebagai penulis enggak cuma numpang lewat aja. Enggak berhenti nerbitin satu buku, ternyata gue bisa nerbitin buku lagi. Lelaki Gagal Gaul ini menjadi sangat berkesan karena gue harus mengorbankan skripsi gue (walaupun aslinya gue emang males, tapi lumayan kan bisa dipake buat alesan biar kesannya keren).

Menurut gue, Cancut Marut punya peran penting dari terbitnya buku gue ini. Waktu itu, gue dapet inbox dari editor mediakita buat nawarin ngirim naskah karena awalnya sempat mengira gue biasa bikin komik. Yap, ini jelas efek cover cancut marut yang bentuknya comicstrip jadi bikin editor mediakita sampe ngirim inbox ke fanpage fb gue, setelah gue jelasin kalo gue nulis novel komedi, gue tetep diminta buat nyoba ngirim ke mediakita dan ternyata inbox itulah yang membuka jalan untuk gue berjodoh dengan mediakita. Bener-bener, konspirasi yang romantis.

Posting Komentar

17 Komentar

  1. Banyak banget bukunya gan
    saya minta dong yang komik-komik jadul yang udah nggak dibaca lagi...hehehe

    orang yang suka buku beda ya sama saya yang jarang banget baca buku. Saya jadi minder karena udah ngakuin diri sebagai penulis.

    Tapi yang jelas keren-keren deh koleksinya. IOh ya, itu komiknya dari terbitan Indonesia semua ya gan?

    BalasHapus
  2. Wuih gila banyak banget koleksi komikmu dotz. kalau aku sendri sih nggak tertarik baca komik, selain Doraemon. Soalnya, komik harganya di Samarinda Rp.22.000 terus dibaca setengah jam, tamat. Hahahahah

    Dulu aku langganan majalan Bobo loh setiap minggunya. awalnya ngincar hadiah yang seru seru kayak jam tangan dst, tapi lama lama jadi suka baca juga.

    Kalau kamu jagoin DO sebagai novel komedi paling lucu, kalau novel yang pernah kubaca dan paling lucu adalah Satu per tiga-nya Ryandi Rachman. Itu lucu gila sih..

    BalasHapus
  3. Wih majalah bobo ini emang bacaan anak sejuta umat ya, dulu suka baca cerpennya sama nunggu komiknya. Tambah seneng kalo ada bonusnya kayak jam tangan. Sekarang masih ada gak ya?

    Jangankan di pemalang bang, aku yg tinggal di kota terbesar kedua di Indonesia jarang ke toko buku jaraknya jauh-jauh bikin males. Lagian gak terlalu suka baca komik

    Buku yang terakhir tuh yang paling bagus

    BalasHapus
  4. Ah, ternyata Edotz lebih gila daripada saya kalau berburu buku kesukaan.

    Saya sempet baca satu seri Gash Bell. Kurang suka sama gambarnya. Terlalu dark. :D

    Terus, tentang buku pertama itu, emang sensasinya begitu. Geli-geli enak gitu, kan? :D

    Nah, saya juga setuju dengan Drop Out itu. Hampir akhir paraghraf ada punchline-nya. Gila! :D

    BalasHapus
  5. wah banyak banget bang bukunya.. tapi sayangnya belom pernah baca semua.. :(

    kalo gue sih suka baca buku tapi gak pernah beli, paling mentok cuman minjem.. itu karena gue males ke toko buku soalnya.. haha :p

    kalo komik gue mentok di naruto ama onepeace doang, itu pun download.. hahaha bener2 dah gue kurang modal, apa2 yang gratis :D haha

    BalasHapus
  6. goosebumps! ululululuuuu~ itu buku bagus!
    iya, komik favorite, wajib hukumnya baca semua. Sunahnya dikoleksi beli sendiri. Yang diperbolehkan adalah meminjam. Hahhaa..

    keren banget ya... :) koleksi bukunya banyak!

    BalasHapus
  7. wow keren banyak banget bukunya... jadi kepengen juga ngoleksi buku... klo gue baca buku lebih enaknya minjam di perpus sekolah ya biar gak keluar biaya gitu... kepengen juga sih buat beli dan koleksi sendiri tapi masalahnya jaraknya jauh dengan rumah gue... ya kepaksa gak bisa ngoleksi gitu hahaha...

    BalasHapus
  8. Dari semua koleksi yang bang Edotz punya, bukunya warna warni semua. hehehe
    Mungkin karena banyak komiknya juga kali ya. hehe

    Gak kayak koleksi bukuku di rumah yang warnanya itu-itu aja, belum lagi kalo letak raknya dicampur sama buku koleksi bapak. Ya ampun, warnanya akan gak enak dilihat dan gak menarik buat dibaca. :(

    BalasHapus
  9. Pemalang kok gitu amat sih, Bang, masak sampe sekarang nggak ada satu toko buku pun? jadi kalo mau beli buku harus repot order online dong?

    Cancut Marut dan Lelaki gagal Gaul udah gue baca dan semuanya keren! tapi lebih keren yang buku Lelaki Gagal Gaul sih, hehe. tentu dua buku tersebut membuat lo bangga bang, soalnya kedua buku tersebut membuktikan bahwa blogger seperti lo juga bisa bikin buku..

    kalo komik-komik itu jujur gue nggak seberapa paham, soalnya gue agak ngagk suka baca komik. btw, buku Drop Out masih ada nggak yaa, gue kok jadi penasaran pengen tahu seperti apa lucunya buku tersebut.

    BalasHapus
  10. mantap pak guru.... gue jadi tau sekarang kalau ada buku yang bisa ngalahin bukunya radit. hmm, gue salut sama lo pak guru, sekali kirim langsung keterima. sekelas grasindo pula. dan gue juga baru tau, kalau lo suka komik yang episode nya cukup banyak. dan buku lelaki gagal gaul lo...... benar-benar membuat gue kagum. tapi, boleh kah gue bertanya.....
    kenapa nggak kirim di buku ne aja? bukannya kaum awam lebih pada tau buku ne...

    BalasHapus
  11. Ah, cerita lu waktu ada pameran buku jadi ngingetin waktu ada pameran buku beberapa waktu lalu di tempat gue. Gue juga tinggal di kota antah berantah, kalau mau beli buku ke Gramedia mesti nempuh perjalanan 2 jam dulu, kalau PP artinya 4 jam, bisa ngebayangin lamanya. Dan untuk pameran juga jarang... banget, karena tempatnya kagak strategis. Dan waktu itu, waktu denger ada pameran buku, hari pertama dibuka gue langsung datang, dan sayangnya waktu itu koleksinya belum lengkap alias belum semuanya dibuka dari kardus. Terus aja gue gitu tiap hari, tiap pulang sekolah dan sore hari, pasti gue sempetin ke sini, sekedar ngeliat buku dan kalau pas kekumpul duit, baru beli. Lumayan lah, nambah bacaan :)

    Dan gue pengen banget rasanya ke Toko Buku Bekas, karena menurut gue, buku-buku jadul punya kesan tersendiri. Apalagi sekarang lagi masa pencarian Sapta Siaga sama Lima Sekawan, novel detektif yang sering diceritain ayah gue, penasaran gue sama cerinta :D

    BalasHapus
  12. Komik terbitan M&C gue emang gak tau, bg. Apa mungkin dulu gue gak suka baca buku, ya? Hehehe

    Eh, sama dong, bg. Kadang gue juga ngerasa iri pas baca majalah bobo. Ada anak kecil banget, udah bisa nerbitin buku. Lah, gue?? Tapi, begitulah waktu..

    Buwanyak banget buku koleksilu, bg. Emangnya itu kumpulan buku yang lu beli dari dulu sampe sekarang, ya? Wah-wah. Sebagai anak baru di dunia kepenulisan. Gue ngerasa agak cemen banget. Cemen bener, deh. Cemen. Iya..

    Perjalanan terbitnya buku pertamamu dan keduanya, membuat gue seakan manggut-manggut kehabisan kata harus ngomong apa lagi.

    Asalnya, selain bg Edot rajin banget baca buku, bg edot juga rajin dalam hal memperkaya diri dengan membaca.

    Ah, semoga semua perjuanganmu menjadi apa yang lu harapkan nantinya, bg. Gue percaya, gue bisa ketemu lu, nanti. Entah kapan itu. Gue pengen ada waktu setidaknya, 10 menit saja, untuk bisa bilang "Terimakasih atas motivasimu, bg."

    BalasHapus
  13. Edo banyaakk banget koleksi komiknyaaa. Perjuangannya berburu komik juga kece...udah kayak orang berburu jodoh *eh
    Aku yo seneng bukune RL Stine opo meneh gosbam waow suka bgt ...tiap edisinya. Sebagian beli hasil nyisihin uang jajan jaman SD . Tapi kebanyakan sewa di taman bacaan, patungan sama teman hehehe. Terus pas aku kuliah, buku2 RL STINE banting harga di gramed cuma 2 rb - 5 rb per buku wkwkwk. Aku ampe lupa mana yg blm kubaca saking banyaknya gosbam yg kubaca. Oya buku lelaki gagal gahul lebih bagus n ada peningkatan drpd cancut marut. Keren ya edo udah 2 mayor solo n 1 mayor antologi.

    BalasHapus
  14. Gue selalu mikir, orang yang punya prestasi pasti punya background yang mengiringinya. Seperti lo yang sudah sukses nerbitin dua buku, ternyata punya background yang gemilang. Hobby baca banget. Sallut gue bang. Masih SD lagi wktu itu. Gue umur segitu masih suka ngejar layangan putus dan maen tamiya sama temen-temen.

    Gue tunggu buku ketiga lo bang! aha

    BalasHapus
  15. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Penggemar Makoto Raiku juga ya, aku sih udah lengkap bukunya tapi nggak dijual. :p
    Buku Makoto Raiku yang judulnya Animal Kingdom juga bagus banget, karya berikutnya setelah Gash Bell, disana juga ada satu kisah Gash Bell yang udah jadi raja :)

    Blognya bagus dan rame banget :D
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    BalasHapus
  16. ternyata koleksi bukunya banyak banget! Mantap bang :)

    lebih kearah komik dan genre comedy, pantesan hasil karyanya bergenre sama, kalau saya bingung genrenya apaan. Saya baca buku novel, genrenya ada novel remaja islami, comedy, misteri juga saya suka, yang penting buku yang ada ceritanya.

    Keren bang yang buku Cancut, ternyata bang Edozt rendah hati, buktinya nggak mau menggembar-ngemborkan ngirim naskah, dan ternyata naskahnya diterima di Grasindo! Gokil! Saya jadi terinspirasi :)

    BalasHapus
  17. Di postingan ini gue jadi tau, ternyata proses menulis lo yang telah menelurkan dua buku memang gak mudah ya bang. Mau baca buku yang dipengin aja, sampe kudu nyewa dan membacanya diem-diem supaya gak ketahuan bokap. Di banding gue, sejak SD gue cuma suka sama komik shincan dan doraemon aja. Terus udah. Dan elo bang..... gila, banyak banget! Entahlah ini soal selera atau memang elonya yang kutu buku.

    Tapi dari sini gue belajar, kalau penulis yang baik adalah pembaca yang rakus. Menurut gue mustahil ada penulis hebat yang bisa menuliskan sesuatu tanpa membaca sedikitpun. Toh, darimana mereka dapet bahannya..........

    Btw, gue baru2 ini bang doyan baca buku banget, tepatnya seperti novel lah haha. Semoga gue masih belum terlambat deh ya. Hehehe. :)

    BalasHapus