Alasan Gue Nulis Postingan Ini, Semata-Mata Karena.....

Dalam dunia perbloggeran, gue mengawali tahun 2016 ini dengan sangat tidak layak untuk diperbincangkan. Gimana enggak, bulan Januari udah mau abis, sedangkan gue belum ngisi blog ini dengan postingan sama sekali. Padahal dulu, dulu bangetlah pokoknya, waktu Rangernya masih ada empat, gue pernah sok-sokan bilang ke temen-temen di komunitas Blogger Energy, “Jangan sampe jadi blogger yang murtadnya kebangetan, ninggalin blognya tanpa sebiji postingan selama sebulan.”

Lalu, gue sadar, gue hampir menjilat pantat ludah gue sendiri di awal tahun ini. Ya.. gue ngerasanya bulan ini gue lalui dengan sesuatu yang biasa aja, nggak ada yang kayaknya menarik buat gue ceritain. Padahal alasan sebenernya sih karena gue males nulis aja. Makin kesini selera nulis gue makin kacau. Kalo ditanya alasannya kenapa, gue juga nggak tahu. Ilang gitu aja.

Hampir sebulan ini gue juga lagi nggak selera buat blogwalking, semangat nulis berbanding lurus dengan semangat blogwalking yang bikin gue semakin menjauhkan diri dari keramaian dunia blogger. Begitu juga dengan komunitas kebanggaan gue, Blogger Energy. Sejauh ini gue belum bisa bener-bener ngeramein grup. Lagi-lagi karena gue sendiri nggak tahu kenapa.

Sebenernya sih ada beberapa hal yang pengen gue jadiin tulisan di blog. Tapi niat nulis yang ilang gitu aja belum gue temuin. Itu sebabnya gue lebih milih gegoleran daripada mesti nulis. Padahal dulu gue pernah jadi cowok tangguh yang tiap malem selalu nyempetin diri buat nulis. Dari hal ini gue jadi sadar, hidup emang nggak semulus selangkangannya Tyas Mirasih. Ternyata gue bisa juga hampir jadi blogger murtad. Sebulan blog hampir nggak diisi, sayang banget sebenernya sama domain yang nggak gratis ini kalo dianggurin.

Ngomong-ngomong masalah ngeblog, gue sama temen-temen Blogger energy lagi bikin buku yang bakal diterbitin self publishing. Dengan jalan self publishing ini, gue harap siapa aja yang punya semangat nulis mereka jadi punya kesempatan tulisannya dimasukkan ke dalam sebuah buku. Mereka jadi punya sesuatu yang bisa dibanggain.

Setelah gue browsing sana sini mencari penerbit indie dengan harga ramah dan kualitas yang nggak kacangan. Akhirnya pilihan gue jatuh ke Penerbit Raditeens. Alasannya, karena editornya sendiri yang nawarin diri dan ngasih paket menarik. Maka, tanpa melakukan shalat istikharah gue mantep untuk memilih Penerbit Raditeens untuk jadi partnernya Blogger Energy kali ini. Iya, sesimpel itu alasannya.

Setelah nunggu secukupnya, akhirnya 17 blogger bersedia mengirimkan tulisannya. Gue pilih tema ‘Blogger Baper’ karena emang ngomongin baper nggak sulit. Gue yakin, mereka udah jago dan berpengalaman ngomongin masalah baper. Tadinya sih gue mau ambil tema ‘Peran Kicauan Twitter Farhat Abbas Bagi Perekonomian Negara Gambia’. Lalu, karena gue takut bikin blogger pada eneg, akhirnya gue batalin tema barusan.

Buku Blogger Baper ini rencananya bakal terbit pertengahan atau akhir bulan Februari nanti. Untuk sekarang sih masih bukunya masih proses lay out dan ngurus ISBN dulu. Abis itu baru naik cetak. 


Nah biar nggak ribet, rencananya gue mau pake Tokopedia buat ngejual buku ini karena caranya yang simpel. Yang bisa ngitung ongkos kirim otomatis dan ada pilihan mana ekspedisi yang paling murah, juga bisa bayar lewat Indomaret. Jadi nggak perlu ribet-ribet antri di bank cuma buat bayar buku. Lalu, yang beda bank juga nggak perlu bayar biaya transfer antar bank biar hemat. Cukup nunjukkin kode pembayaran setelah ‘add to cart’, buku Blogger Baper siap dikirim.

Btw, gue ikutan nulis juga di buku ini. Sapa tau ada yang mau baca tulisan baper gue ngomongin cewek bisa ikutan beli bukunya pas nanti udah nongol. Menurut gue, dari atas sampai bawah, paragraf inilah yang paling penting. Jadi diinget-inget ya, ada tulisan gue di buku ini.

Sampai paragraf ini, kayaknya udah pantes disebut postingan blog kan ya... Jadi alasan gue nulis postingan ini kayaknya udah terpenuhi. Itu semua karena semata-mata gue nggak bisa membiarkan blog gue nggak diisi tulisan sama sekali. Kan nggak asik, kalo sebulan gue nggak ngeblog, bisa-bisa elektabilitas gue sebagai blogger gagal gaul menurun.

Posting Komentar

35 Komentar

  1. apa yang lo alami persis seperti yang gue alami beberapa waktu lalu, ketika gue sibuk dengan skripsi. dulu jangankan nulis, lihat keyboard aja gue mual-mual.

    sik asik bentar lagi terbit bukunya. kira-kira harganya berapa bang edotz?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya Ga, kalo lagi ada sesuatu yang lain kayaknya emang males banget rasanya.

      Belum dapet bocoran , tungguin aja info selanjutnya :D

      Hapus
  2. Iya nih, bang Edotz udah lama banget ngga muncul, terus wall promonya suka absen~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya ... tapi seenggaknya yang lain masih bisa ngehandle kan~

      Hapus
  3. Mantep nih! Raditeens emang keren. Selamat buat BE. :D

    BalasHapus
  4. Yaaah pengin ikutaaan hahaha tapi telat yak? Lagian gue mah apa atuh ngeblog bulan ini aja baru dapet 24 postingan. Huh!
    Bang jangan males nulis dong ntr jodohnya dipatok uler loh. Iya uler. Panjang dan berbisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu nggak ada yang lebih serem lagi dari sebulan 24 postingan? -_-

      Gpp dipatok uler lebih elegan daripada dipatok cacing

      Hapus
  5. wih gue tunggu bukunya bang edotz.. umumin di blog yee kalau udah terbit.

    BalasHapus
  6. Selamat buat BE untuk bukunya. Pas lah milih tema 'Blogger Baper', kalo yang Kicauan Farhat Abbas bisa 1000+ halaman, nggak ada ujungnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan, malah mahal jadinya ntar kalo ngebahas Farhat Abbas

      Hapus
  7. kalo bukunya udah terbit, kira2 dijual engga bang?
    ini nanya loh bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentar ya gue browsing google dulu buat nyari jawabannya

      Hapus
  8. Dotz, satu-satunya harapan gue adalah mudah-mudahan di Indonesia ini ga usah ada razia-razia blogger murtad.

    Haha, jangan malas ngisi postingan di blog lah, Dot *padahal gue sendiri belum ngisi postingan 2016 sama sekali*. Anyway, semoga buku ini jadi pemantik lagi biar api semangat nge blog jadi semakin berkobar. Merdeka!!!

    BalasHapus
  9. mungkin gue diantara ribuan follower yang nunggu tulisan lo terbit. Cmiww aja deh buat semangat blog lo.
    http://www.indoblazer.com/2016/01/ramai-lagi-iringan-pengantar-jenazah.html

    BalasHapus
  10. Mantap.. mantap.. mantap! Pengen baca bukunya anak BE~

    Hahaha, gue malah nggak pernah nongol di BE selama... berapa ya. Kalo nggak salah dua bulan. Atau lebih. Ah, pokoknya lama.

    Mungkin karena udah kecapekan ngajar kali, bang. Biasanya kan guru begitu *sotoy banget dah*

    BalasHapus
  11. Gue juga kalo mendekati akhir bulan inget blog belom ada isinya suka gak tenang, suka bikin tulisan ngasal yang penting ada isinya. hahaha
    Sampul buku terbaru ini cerah banget ya.. gue tunggu deh. :D

    BalasHapus
  12. Huaaaaa senasib sekali Bang. Aku juga gitu. Udah dari akhir tahun kemarin sih, rasanya males banget. Mau nulis blog maleees banget rasanya. Tapi untung sih sejauh ini masih sanggup nulis 1 postingan di tiap bulan meskipun tertatih-tatih.


    Akhirnya ini buku cooming soon juga! Huraaaaa can't wait buat baca cerita blogger yang lain. Semoga bukunya laris dan kita bisa berkarya bareng lagi Bang. CMIW! *jangan tanya artinya cmiw*

    BalasHapus
  13. wasyik, nerbitin buku nih
    kali aja makassar bisa sampe sob jangan jawa mulu, kasian disini yang selalu telat baca buku edisi baru

    BalasHapus
  14. lagi punya kesibukan lain ya bang? yg menuntut elu untuk fokus kesana? jdi jarang blogwalking. kayak gue yg skrg mau UN jadi jarang Blogwalking

    untung temanya baper. gak berat2 amat dari pada yg satu nya. bikin otak panas dingin haha

    BalasHapus
  15. Emang selangkangannya Tyas mulus, Dotz? Duh, mau lihat jugaaaa. Emaap.

    Oh, jadi nerbitin indie. Ehehe. Gue kirain mayor. Ah, tapi sekarang sama aja, kok. Nerbitin mayor juga rada sulit, kan. :))

    Emang ngurus ISBN itu gimana, sih? Denger-denger mahal, ya? :(

    BalasHapus
  16. saya kira buku blogger baper diterbitin mayor, ternyata indie tapi ga apa-apa
    saya yakin buku ini akan menjadi laris dipasaran dan saya juga pasti akan membeli buku ini :D

    BalasHapus
  17. Akaaaanggg. Eleuh eleuh kemana ajaaa?? Rajin nulis lagi, dong. Kukangen~ :(
    Anyway si pangeran wortel ngasih hadiah buku Blogger Baper di giveawaynya yak. Dan ternyata di dalemnya lo ikutan nulis. Kewrwen~

    BalasHapus
  18. wedyaan udah mau nerbitin lagi. gak peduli indie atau gak, yg penting wujudnya buku. bagiku itu udah kereb banget soalnya aku durung bisa wekaweka

    semooga lancar prosesnya, mas.

    BalasHapus
  19. Bg, sebenarnya gue udah baca post ini lama. Tapi, entah kenapa kemaren gue gak langsung komen. Nah, skrg sepertinya waktu yg tepat.

    Gue ngeti bg, apa yg terjadi sama lo akhir2 ini. Tapi, itu hanya sebagai alasan supaya abg tetp membela diri. Gue masih inget yg lo bilang ketika gue lagi gak semangat nulis : "Ayo dong ru.. Pembaca menunggu karyamu." apa gue harus bilang gitu juga bg?

    Apalagi skrg bg Edotz udh jadi guru, ya gue yakin ini makin berat rasanya. Meskipun berat, sepertinya abg harus berusaha kuat lagi. Semangat lagi nulisnya. Udah bg, tulis aja... Nanti jadi sendiri. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wihh.. pangeran jadi motivator handal. Mau kayak pak mario teguh ya bang.. hehehe

      Hapus
  20. belum sempet order buku nih.. hehe

    Ayo dong rangerz terus berkarya lagi. biar gue sring dapet pencerahan dari tulisan2 abang. :)

    BalasHapus
  21. mungkin kehidupan sebagai guru sd memang membuat blog menjadi terbengkalai saking sibuknya. ah, sumpah gue nyesel nggak ngirimin naskah waktu itu. tau-tau udah deadline aja waktu itu :")

    tapi yasudahlah, semoga kumpulan2 cerita di bukunya sesuai ekspektasi. apalagi, dapet usb gratis kan :)

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus