Sedikit Bocoran Tentang Buku Kedua Gue

Lagi-lagi gue harus menyalahkan kesibukan untuk alasan gue yang akhir-akhir ini jarang ngeblog. Sebulan cuma bisa nulis dua postingan. Iyasih, gue emang payah. Gue emang pantes buat disalah-salahin. Gue emang gak produktif, gue lemah, gue gagal, gue dekil, gue... ah, terserah deh mau ditambahin apaan lagi gue-guenya.


Terlepas dari gue yang mulai menepikan blog gue sendiri. Ada hal yang pengen gue kasih tau sama kalian. Jadi.. gue sekarang sedang dalam proses ngerjain buku kedua. Sekarang naskahnya udah masuk penerbit dan masih dalam proses editing. Dan percayalah, ini bukan skripsi. Ini beneran buku kedua gue.

Iya, memang cukup lama jaraknya dari buku pertama gue Cancut Marut yang terbit di bulan Desember tahun 2012. Udah hampir dua tahun, gue puasa nerbitin buku. Gue sempet sedih... tapi waktu gue inget selama masa-masa dua tahun kemarin gue udah ngeluarin buku skripsi, gue jadi enggak sedih lagi. Iya, karena gue nerbitin buku skripsi enggak mudah, prosesnya dengan hati penuh darah, penuh nanah. Tapi sayang, skripsi gue enggak masuk di gramedia dan toko buku lainnya.

Ngomongin buku kedua gue ini, gue bakalan nerbitin buku di penerbit yang berbeda dari penerbit buku pertama gue. Ceritanya panjang....

Eh tapi gak panjang-panjang amat sih, jadi gue ceritain aja.

Sekitar bulan Februari yang lalu, entah ada fenomena apa gue dapet message di Fanpage Edotz & Catatan Gak Mutu. Seorang laki-laki mendadak menyapa gue dan mengenalkan diri dengan bahagianya. Begitu gue juga mengenalkan diri, laki-laki yang mulai sekarang kita sebut namanya Irwan Rouf dan kita panggil Mas Irwan ini mengenalkan diri kalau dia dari penerbit media kita.

Gue kaget... ada orang dari penerbit nyasar ke fanpage gue.

Kalau kalian punya buku ‘Galau’ dari @jambanblogger, nama Irwan Rouf tertulis sebagai penyunting di halaman ii.

Obrolan selanjutnya pun didominasi dengan bahasa jawa karena ternyata Mas Irwan ini berasal dari Yogyakarta dan sempet main ke Semarang. Sampai akhirnya Mas Irwan menawari sesuatu yang bikin gue mendadak duduk termangu.

“Punya stok komik lain gak mas? Bisa tuh dicoba dikirim ke media kita aja.”

*hening*

Stok komik? Ah ini masnya ngajakin bercanda. Menggambar termasuk salah satu hal yang paling enggak gue kuasai selain matematika dan bahasa inggris. Kenapa ini malah nawarin gue bikin komik?

Setelah cukup lama berpikir asal usul pemikiran Mas Irwan yang nawarin gue bikin komik. Akhirnya gue bisa memberikan analisa, mungkin Mas Irwan ini sebelumnya nyasar ke blog gue dan ngeliat cover buku gue Cancut Marut yang dibikin comicstrip. Iya, kemungkinannya itu. Dan bagaimana ceritanya Mas Irwan bisa nyasar ke blog gue, itu yang masih jadi misteri sampai saat ini.

“Wah.. aku gak bikin komik Mas. Itu bukunya aku cuma covernya aja yang mirip komik, hehe...”

Setelah terjadi beberapa percakapan seputar komik dan novel. Akhirnya Mas Irwan berucap, “Yaudah kalo punya stok naskah, bisa coba kirim ke mediakita aja.”, Mas Irwan pun meninggalkan email pribadinya di pesan Facebook.

***

Setelah mengamati beberapa buku terbitan dari mediakita, mulai dari cover hingga lay out bukunya seperti: buku ajar koas racun, galau ‘unrequited love’, dan juga catatan koas bodor. Akhirnya gue mantap untuk mencoba mengirimkan naskah gue ke penerbit mediakita.

Sebenernya di sisi lain, gue juga pengen ngerasain pengalaman berbeda nerbitin buku di penerbit lain. Ngerasain lagi gimana proses dari mulai dikabarin naskahnya diterima, mulai proses editing, masalah surat perjanjian penerbitan, sampai buku gue mendarat dengan selamat di rak-rak buku gramedia dan toko buku.

Dan sekarang... naskah buku kedua gue sedang proses editing, judulnya sendiri kayaknya udah fix, tinggal dikasih sedikit tambahan tagline.

Nah, kalau kalian ada pertanyaan, buku lo kedua ini judulnya apaan Dotz? Terus isinya tentang apaan? Apa lo masih ngebahas tentang mahasiswa? Atau pengalaman lo setelah enggak jadi mahasiswa? Terus kapan terbitnya?

Gue belum bisa ngasih tau, pertanyaan-pertanyaan itu bakalan gue jawab setelah buku kedua gue udah kelar proses editingnya dan covernya udah ketahuan. Iya, emang bocorannya nanggung banget, harap dimaklumi deh, judulnya aja sedikit bocoran, belum banyak-banyak. Tapi setidaknya kalian tahu kalau gue lagi proses ngerjain buku kedua. 

Jadi buat yang mau PHP, yang keliatan excited tapi pada akhirnya enggak beli, disimpen dulu ya komentarnya di  postingan terbaru gue tentang buku ini. HAHAHAHA.

Posting Komentar

49 Komentar

  1. Waaaaah edotz buat buku kedua!!

    kalau nggak salah penerbit media kita itu banyak nerbitin buku teknologi ya? soalnya kalau lagi main main ke gramedia bagian komputer & teknologi banyak penerbit itu

    Mahal atau enggak ntar bukunya, aku pasti beli pakai uang sendiri dan Nggak sokongan! aku janji itu. soalnya bukumu yang cancut marut itu aku belinya sokongan sama temanku hahaha maaf ya dotz, karena dulu lagi nggak ada duit. trus juga dulu masih belum terlalu tau gaya nulismu kayak gimana.

    cepet terbit ya dotz. sukses terus :)

    *eh, sokongan itu bahasa Indonesia kan ya? sokongan itu artinya patungan gitu. jadi bayarnya setengah setengah heheheh*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mediakita juga biasanya nerbitin horor sih Kuh, setau gue.. jadi sekalian coba aja muka lo diterbitin di media kita, kan muka lo horor juga Kuh :D

      belum tau gue Kuh... berapapun harganya dibeli ya.. dan ingat insiden patungan itu gue udah memaklumi tapi gantinya entar lo sama temen2 lo kudu beli sendiri2.. camkan itu~

      thanks Kuh..

      entahlah Kuh, ngomongin sokongan gue jadi ingetnya bokongan, iya bokong~

      Hapus
    2. iaa iaa. masa beli buku sokongan nggak umum di masyarakat luas sih? ahahaha.

      ternyata sokongan nggak terkenal di seluruh nusantara ya..

      Hapus
    3. Belilah dengan uang hasil keringat sendiri, pasti itu akan lebih berkesan~

      nggak terkenal sama sekali Kuh, belajar kata2 yang lebih familiar lagi gih~

      Hapus
  2. Wah udah buku ke dua aja, judulnya masih seputaran cancut juga.gak banh? Cancut ungu toska janda atau apa gitu hehehe

    Skripsi mah gak bakal ada di toko buku bang, paling ujung2nya jadi bungkus gorengan hehe

    Oh ya lo udaj berkhianat bang. Lo udah mengkhianati penerbit yang pertama, lo mengkhianati mbak2 editor grasindo dan malah selingkuh dengan mas irwan /astagfirullah/

    Tapi sukses buat bukunya deh bang, gue tunguu.... buku gratisannya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. rahasia aja dulu judulnya~

      kasian juga ya skripsi kalo nasibnya begituan, padahal bikinnya nyiksa~

      hahaha... gak juga, udah ada naskah lain yang gue siapin buat grasindo...

      pergi yang jauh sana... syuuh syuuuh~

      Hapus
    2. Wah berarti bakal ada buku yg ketiga dong? Kalau gitu sih bener2 wajib ada gratisannya nih hha

      Hapus
  3. Sabar Bang... Aku bakal beli entar sekalian ama Asem Manis Cinta. Sekalian juga ama buku yang pertama. Do'ain aja bukan cuma janji manis ya...

    Eh iya, soal editor yang mendadak nyasar ke Fanpage Bang Edotz, Dali jadi punya keyakinan. Mungkin Dhea Seto juga bakal nyasar ke Twitter Dali dan nggak sengaja mencet tombol follow. Amiinn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar? lo bilang sabar? gue udah capek sama semua ini Dal, cancut marut 2 tahun yang lalu aja lo belum punya... asem manis cinta 6 bulan yang lalu juga belum dan ini lo janjiin beli semuanya? lo gak ada manis2nya bikin janji Dal..

      iya itu terserah elo aja deh Dal~

      Hapus
  4. keren ente bang
    doain buku gue juga bisa segera terwujud ye bang (y)

    BalasHapus
  5. Wah, bisa nih bagi - bagi ilmu dalam menulis novel bang Dot. dan semoga harga bukunya cuma 40 rebu. Amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa.. tanya2 aja~
      dan kalo harga bukunya segitu beli gak endingnya? :D

      Hapus
  6. Udah bikin buku kedua aja nih.. Jadi ngiri.. Huhuhu.. Semoga cepet naik cetak deh dan semoga gue menyusul. Aamiin.

    BalasHapus
  7. gue aja awalnya ngira Cancut Marut itu komik dotz, gara-gara covernya sih. Ntaran cover buku kedua gak kalah unyu sama cancut marut kan dotz?

    ini bener-bener kabar gembira yang mengalahkan kabar gembiranya si ekstrak kulit manggis dotz. :D selamat ya, kalau udah editing berarti bukunya bisa terbit tahun ini juga dong dotz? gue gak sabar, pengen lihat girl band mana lagi yang bakalan menghiasi buku ke dua temen keren gue ini.apakah masih setia sama cherybelle atau mulai berpindah ke jeketi fortieit itu? hihihi. gue tunggu loh ya bukunya. mudah-mudahan best seller dotz. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. yang jelas buku kedua harus lebih baik dari cancut marut Rit...

      hahaseeek... iya, kayaknya tahun ini terbit, yang jelas kesan upil akan tetap gue pertahankan di buku ini~
      gue yang penting bisa terus berkarya aja dulu Rit, thanks doanya temen keren~

      Hapus
  8. yah, bang ed .-.
    nilam mau komen jadi ciut -_- heuheu
    nilam kan lagi dalam masa peralihan dari siswa ke siswa pakai maha di depannya :/
    uang udah ludes buat beli perlengkapan ospek yang yelaah, segala banget u,u

    nilam sekarang doain dulu aja deh, biar lancar dan sukses perjalanan bang ed sebagai penulis dan tentunya bukunya juga, hehe
    doain nilam juga dong, biar rezekinya lancar biar buku bang ed kebeli semuwah ^^v

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mahasiswa...
      iya, lagi ospek..

      santai aja gak usah mawas diri :D

      amiiiin... makasih doanya ya Nilam :)

      Hapus
  9. Kabar Gembira untuk kita semua. Penulis Cancut Marut nulis buku kedua. Kini hadir tuk menghibur kita. Jadikan hari ini hari dia. Edotz good!

    Mantap bang. Udah mau terbitin buku kedua aja. Buku yang pertama aja belum nemu xD Ntar kalau ketemu bukunya di tanggal muda, bakal coba gue beli deh bang. Lumayan buat nambah koleksi bacaan. Kasih tips dong bang buat tembus penerbit tuh gimana :) Lumayan juga kan buat nambah penghasilan dari Ebook Rahasia menulisnya Bang Edotz. Siapa tau bisa laku kayak penulis yang itu tuh. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini apa-apaan -___-

      buku gue yang pertama kayaknya udah punah di toko2 buku deh... udah lama banget, gue bukan siapa2.. gak alayak bikin e-b00k, gue bisanya bikin rahasia menangis dengan ikhlas saat ditolak cewek

      Hapus
  10. Wuidih udah bikin buku kedua aja dot.. Eh tapi hubungan lu sama grasindo gimana? Mereka tau lu nerbitin di tempat lain? Soalnya lu kan udah nerbitin 3 buku di situ. Ahaha..

    Dari 2012 ke 2014 berarti proses lu nulis buku kedua lama juga ya.. Gue menduga tema buku kedua lu ini cerita tentang pengalaman lu jadi guru setelah di buku pertama tentang calon guru. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... ya moga besok2 juga ada kesempatan lagi sama grasindo :D

      hahaha kita lihat saja nanti Rik... sah-sah saja kok dugaan lo itu :P

      Hapus
  11. ini bukan bocorannnn bang edottttt -___- aaaaaaaaaakkk
    tapi dengan rasa kepo yang mendalam insyaallah bakalan beli tuh buku ajaib..~~

    eh tapi kerennnn abang abang dari penerbitt bisa nimbrung gituuu..
    mauuuuuuuuu~~

    bocorannya dikit dong bang~~ kira-kira 150 halaman bisa kali yaa bocorannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus ini apaan? rembesan kah? tau rembesan gak? :|

      iya selalu ada jalan untuk orang yang berusaha, gue juga kebetulan udah ada naskah sih...

      gak bisa ngasih bocoran sebanyak itu, pembalutnya gak muat Vin..

      Hapus
  12. Bang Edotz udah nerbitin buku kedua dan aku masih belum dikabarin juga? Aish, sedih Bang, sediiihhh :"(((

    Btw, Im happy for you. Semoga semua prosesnya lancar deh ya Bang. Cepet naik cetak dan... Umm, sukses! Semoga cetakannya bisa berkali-kali. Aaakkk ngiri... Aku kapan aku kapan :(

    Aku nggak mau bikin janji manis ke kamu deh. Yang jelas aku akan usaha buat menghargai setiap karya penulis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... makanya Wi, kamu juga harus mencoba membuka hati untuk yang lain.. yang penting ada tempat yang mau nerima karya kita~

      oke Wi... makasihhh yaaak... amiiin
      kamu juga buruan nyusul yaaak~

      gue percaya kalo Dwi pasti tau bagaimana caranya mengapresiasi karya temennya~ :P

      Hapus
  13. Bang Edoootz! Lama kagak buka blog dan blogging di mari udah nerbitin buku lagi ajaaa!
    Kaga di kasih tau judulnya apa lagi~
    Gratis bang! Ini harus gratis! *semangat 45!
    Giveway atau gimana gitu bang wakakak *ngarepbanget-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah ada Memet... setelah sekian lamanya menghilang dari peredaran... :D

      iya bocoran judulnya nanti yaaak...
      beli Met, ini harus beli! beli!
      Giveaway nanti deh ya kalo ada modal hahaha

      Hapus
  14. kalo baca tulisan tentang ginian, gue iri banget, bang sumpah.... aahhh... kapan gue bisa nerbitin karya gueeee. hahah. sok sbuk banget, gue.

    sukses deh, bang pokoknya. buat buku ini, smoga bisa lebih sekeren dari buku yg sblumnya. oh, iya, trus lo ga mau nyoba buat ngomikin buku lo, bang. kan keren tuh. yaah... walaupun lo kurang paham dalam bidang gambar'' gtu, kan ada karikatur gtu, bang. kayak bukunya raditya dika sih, yg akhirnya ada komiknya. heheh. saran aja, sih bang. biar tambah keceee karyanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo lo pengen lo juga harus usaha lebih keras Zi :D

      okeh makasihh Zi...
      hahaha belum kepikiran, gue pengennya buku enggak cuma dikomikin tapi difilemin kalo perlu :D

      Hapus
  15. Keren deh ya buku keduanya udah mau terbit. Semoga editingnya cepat dan bisa segera dinikmati sama semua kalangan. Bisa jadi semangat juga buat teman teman yang lain agar termotivasi menerbitkan naskah yang lama terpendam di folder usang laptopnya:D *curhat

    Ditunggu bukunya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyadeh.. sip, makasiiih~

      setelah selesai nunggu, bukunya terbit dibeli yaaa... :P

      Hapus
  16. wah, buku pertamanya aja aku belom beli, ini udah buku kedua aja.__.
    aku gak bikin janji manis, bang. tapi seandainya bisa, gue bakalan beli 22nya sekaligus.__.b huehehe. doakan ada rezeki lebih

    semoga prosesnya lancar dan cepat ya. gue jadi penasaran judulnya apa, tapi nggak ada spoiler lebih nih huhuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan2 buku kedua ini juga ntar gak beli :|

      tapi gue selalu aminin niat baiknya kok ... semoga ada rejeki ya...

      iyaaa amiiiin... makasih ya:)

      Hapus
  17. gue kurang yang colover nih banggggggg............... entar kalo pas akhir bulan ada duit sisa, dan kalo bukunya udah terbit, aku sekalian beli dehhhh..... tapi gak janji. Kali aja aku dapet gratisan kan gausah beli...

    btw selamat ya! Jarang ngeblog balik-balik bawa kabar baik! wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ngakak masa disuruh ngirim komik!!! =)) Engga terkenal banget sih lo bang! HAHAHAHA... padahalkan tulisannya keren maksimal =))

      Hapus
    2. lengkapin dah sekalian... dan lihat masa demi masa bagaimana tulisan gue berevolusi:P
      gak usah dapet gratisan lah, beli aja lo udah, beli.. beli...

      hahahahahahahahha anjiiiir yang terakhir kampret banget lo Hud :D

      Hapus
  18. wadaw... keren lah sudah buku ke 2 dot.... ini yang komen ajah masih sebatas buku tabungan hahahhaha...

    untungnya ndak di tawarin buat ngirim surat cinta.. hehehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp buku tabungan bisa dipake buat umroh kelak..

      jangan ngomongin cinta ah.. malu.

      Hapus
  19. Ejieeee ada buku ke-2.. keceee banget lu bang!

    BalasHapus
  20. Wohooooo, buku kedua. sukses ya bang :D kece abis :D

    BalasHapus
  21. Sukses. Sukses. Gue buku pertama aja belum, ini udah buku kedua. Selamat~

    BalasHapus
  22. Udah kedua aja nihh... Aku baru sampai Ebook, dia udah jauhh di buku kedua.. hebat.. Hebat.. Salam My Stupid Theory

    BalasHapus
  23. Makin keren bang Edotz. Semoga prosesnya lancar dan bisa jadi best seller deh. Yoih. :D

    BalasHapus
  24. Wihi semoga lancar jaya ya proses bukunya. Cepet keluar dan rilis di toko buku \:D/

    BalasHapus
  25. Mantap bor, terus berkarya dan sukses selalu :)


    www.coretanpengangguran.blogspot.com

    BalasHapus